Bugar

Sakit Kepala Karena Flu? Berikut 10 Cara Ampuh untuk Mengobatinya

Sakit Kepala Karena Flu? Berikut 10 Cara Ampuh untuk Mengobatinya

MOMSMONEY.ID - Sakit kepala yang menyertai flu bisa sangat mengganggu. Ketika virus flu menyerang, tubuh bereaksi dengan memicu respons imun yang dapat menyebabkan peradangan dan gejala lain seperti sakit kepala. Bagaimana cara ampuh mengobati sakit kepala karena flu?

Menyadur dari laman Hello Sehat, berikut MomsMoney rangkumkan beberapa cara ampuh untuk mengobati sakit kepala karena flu:

1. Minum obat pereda nyeri

Jika sakit kepala sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen sesuai dengan dosis yang direkomendasikan.

Baca Juga: Sebaiknya Batasi, Ini 5 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal

2. Minum banyak air

Memastikan hidrasi yang baik sangat penting, terutama ketika Anda sakit. Minum banyak air putih akan membantu meringankan hidung tersumbat dan mengurangi sakit kepala.

3. Minum air rebusan jahe

Jahe, yang dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, dapat diminum dalam bentuk rebusan untuk membantu meredakan sakit kepala dan gejala flu lainnya.

4. Menggunakan essential oil

Essential oil seperti peppermint atau eukaliptus dapat digunakan dalam mandi air hangat atau ditambahkan ke humidifier untuk membantu mengurangi sakit kepala dan gejala peradangan.

Baca Juga: Ketahui 10 Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes lho

5. Kompres bergantian

Untuk meredakan sakit kepala, Anda bisa mencoba kompres bergantian menggunakan air hangat dan dingin. Letakkan handuk hangat di dahi selama tiga menit, kemudian gantikan dengan handuk dingin selama 30 detik. Ulangi proses ini beberapa kali sehari.

6. Gunakan semprotan nasal

Semprotan nasal dengan larutan garam bisa membantu mengatasi hidung tersumbat, yang sering menjadi penyebab sakit kepala saat flu. Buat larutan garam dengan mencampurkan air hangat, garam, dan sedikit baking soda.

7. Humidifier

Menggunakan humidifier dapat membantu melembapkan udara di ruangan, yang sangat membantu jika Anda berada di lingkungan yang kering atau ber-AC.

Baca Juga: Mau Turun Berat Badan? Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme Ini

8. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu melegakan sinus dan mengurangi sakit kepala dengan memfasilitasi pengenceran dan pengeluaran lendir.

9. Istirahat yang cukup

Mendapatkan cukup istirahat adalah kunci untuk pemulihan cepat dari flu dan sakit kepala yang menyertainya. Usahakan untuk tidur 7-9 jam setiap malam dan hindari aktivitas yang berat.

10. Hindari gerakan mendadak

Ketika Anda mengalami sakit kepala karena flu, menghindari gerakan mendadak sangat penting. Usahakan untuk tidak bergerak terlalu cepat atau bangun tiba-tiba dari posisi duduk atau berbaring.

Baca Juga: 10 Bahan Alami untuk Mengobati Kolesterol, Mari Simak Berikut Ini!

Nah, itulah beberapa cara ampuh mengobati sakit kepala karena flu yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News