Bugar

Tanda Sakit Kepala Karena Darah Tinggi, Biasanya Muncul di Pagi Hari

Tanda Sakit Kepala Karena Darah Tinggi, Biasanya Muncul di Pagi Hari

MOMSMONEY.ID - Disebut sakit kepala hipertensi punya tanda lainnya. Simak tanda sakit kepala karena darah tinggi yang perlu Anda tahu.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu masalah kesehatan yang umum dan sering kali tidak menunjukkan gejala yang jelas. Namun, salah satu tanda yang dapat muncul adalah sakit kepala. Kadang-kadang, sakit kepala yang disebabkan oleh hipertensi dianggap sepele karena dianggap sebagai keluhan umum.

Penting untuk diketahui bahwa sakit kepala hipertensi punya tanda atau gejala tambahan lainnya. Melansir Belmarra Health, berikut adalah tanda sakit kepala karena darah tinggi:

1. Intensitas yang tinggi

Sakit kepala yang berasal dari tekanan darah tinggi seringkali sangat kuat, terasa seperti tekanan atau denyutan yang hebat di bagian belakang kepala dan leher.

Baca Juga: Jaga Badan Tetap Sehat, Konsumsi Sayuran Penurun Kolesterol dan Asam Urat Ini

2. Muncul saat bangun di pagi hari

Banyak penderita hipertensi melaporkan mengalami sakit kepala saat bangun di pagi hari karena tekanan darah cenderung lebih tinggi pada waktu tersebut.

3. Nyeri wajah

Nyeri pada wajah, terutama di area sinus, dapat menjadi gejala sakit kepala akibat hipertensi. Sensasi berat atau tekanan di sekitar hidung dan dahi dapat dirasakan, kadang-kadang disertai dengan kesulitan bernapas melalui hidung.

4. Gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan seperti aura, floaters, penglihatan kabur, dan sensitivitas terhadap cahaya juga dapat menjadi gejala sakit kepala hipertensi. Hal ini menunjukkan dampak tekanan darah tinggi pada saraf dan pembuluh darah di mata.

Baca Juga: Bantu Sukseskan Diet Anda, Konsumsi Makanan Pengganti Nasi Ini!

5. Pusing dan vertigo

Sensasi pusing atau vertigo, yang ditandai dengan sensasi berputar atau lingkungan sekitar yang berputar, juga dapat menjadi tanda sakit kepala akibat hipertensi. Hal ini disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak atau perubahan tekanan pada telinga bagian dalam.

6. Berdengung di telinga

Sensasi berdengung atau suara berdesir di telinga, yang dikenal sebagai tinnitus, juga dapat muncul sebagai gejala dari sakit kepala hipertensi. Ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang memengaruhi aliran darah dan saraf di sekitar telinga.

Baca Juga: Selain Memicu Darah Tinggi, Ini Alasan Pentingnya Mengurangi Konsumsi Garam!

7. Mual atau muntah

Mual dan muntah dapat terjadi sebagai respon tubuh terhadap tekanan darah tinggi yang ekstrem, seringkali disertai dengan sakit kepala yang parah. Ini menunjukkan bahwa tubuh berusaha mengatasi ketidakseimbangan atau tekanan internal.

8. Detak jantung tidak teratur

Irregularitas detak jantung, seperti berdebar kencang atau tidak teratur, sering dikaitkan dengan sakit kepala yang disebabkan oleh hipertensi. Hal ini menandakan bahwa tekanan darah tinggi memengaruhi fungsi kardiovaskular tubuh.

Nah, itulah beberapa tanda sakit kepala karena darah tinggi. Dalam mengelola sakit kepala karena hipertensi, pendekatan holistik sangat penting. Ini meliputi pengelolaan tekanan darah, diet sehat, olahraga, pengurangan stres, dan penggunaan obat-obatan sesuai resep dokter. Dengan pengelolaan yang tepat, pasien dengan hipertensi dapat mengurangi frekuensi dan keparahan sakit kepala. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News