Bugar

Apa Manfaat Minum Air Rebusan Daun Kelor untuk Tubuh? Ini 15 Manfaatnya

Apa Manfaat Minum Air Rebusan Daun Kelor untuk Tubuh? Ini 15 Manfaatnya

MOMSMONEY.ID - Yuk, intip apa manfaat minum air rebusan daun kelor untuk tubuh berikut ini!

Daun kelor telah lama dikenal sebagai tanaman dengan kandungan nutrisinya yang sangat kaya. Daun kelor digunakan dalam pengobatan tradisional dan modern karena manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Salah satu cara populer untuk mengonsumsi daun kelor adalah dengan meminum air rebusannya. Minuman ini mudah dibuat dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Lantas, apa manfaat minum air rebusan daun kelor untuk tubuh? Menyadur dari laman Dokter Sehat, inilah daftarnya:

1. Mengatur Gula Darah

Penelitian di Mumbai menunjukkan bahwa daun kelor bisa membantu menurunkan gula darah dengan merangsang peningkatan produksi insulin, yang baik untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Harus Makan Buah Apa ya? Inilah Daftarnya

2. Mencegah Kanker

Daun kelor mengandung zat anti-kanker seperti niazimicin, yang bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kandungan beta-sitosterol dalam daun kelor juga efektif untuk mengobati pembesaran prostat dan mengurangi risiko kanker usus besar.

3. Menyehatkan Mata

Selain wortel, daun kelor juga bagus untuk kesehatan mata. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun kelor membantu melindungi mata dari kerusakan pada retina dan pembuluh darah kecil di mata.

4. Menurunkan Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa daun kelor bisa menurunkan kadar kolesterol, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Menyehatkan Pencernaan

Daun kelor membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mengatasi masalah seperti sembelit, maag, dan peradangan usus. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi dari daun kelor juga mendukung fungsi pencernaan yang lebih baik.

6. Menguatkan Tulang

Daun kelor kaya akan kalsium dan fosfor, sehingga baik untuk memperkuat tulang. Selain itu, daun kelor juga membantu mengatasi peradangan sendi dan mempercepat penyembuhan tulang yang rusak.

Baca Juga: 17 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi saat Berusia 50 Tahun ke Atas

7. Mengobati Asma

Daun kelor dapat membantu mengurangi keparahan asma dan melindungi dari penyempitan saluran napas, serta mendukung fungsi paru-paru.

8. Mencegah Masalah Ginjal

Mengonsumsi daun kelor bisa mengurangi risiko pembentukan batu ginjal, batu kandung kemih, dan batu rahim karena kandungan antioksidannya membantu mengurangi racun di ginjal.

9. Mengatasi Anemia

Daun kelor membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik, yang meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini bermanfaat untuk mencegah dan mengobati anemia serta penyakit sel sabit.

10. Mendukung Kesehatan Otak

Daun kelor dapat membantu meningkatkan mood, melawan stres, dan mencegah kerusakan otak akibat penyakit seperti Alzheimer.

11. Mengurangi Peradangan

Senyawa isothiocyanate dalam daun kelor efektif dalam meredakan peradangan yang sering terjadi pada penyakit kronis.

Baca Juga: Apakah Gatal-Gatal di Kulit Tanda Diabetes juga? Mari Ketahui Ulasannya di Sini

12. Melindungi dari Keracunan Arsenik

Penelitian menunjukkan bahwa daun kelor bisa membantu melindungi tubuh dari racun arsenik. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

13. Mengobati Pembengkakan (Edema)

Sifat anti-inflamasi daun kelor dapat membantu mencegah dan mengurangi pembengkakan tubuh atau edema.

14. Melindungi Hati

Daun kelor juga memiliki manfaat untuk melindungi hati dari kerusakan dan mempercepat proses pemulihan setelah mengalami kerusakan.

15. Melawan Infeksi Bakteri

Sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba dalam daun kelor membantu melawan berbagai infeksi dari patogen seperti Salmonella dan E. coli.

Nah, itulah ulasan terkait apa manfaat minum rebusan daun kelor untuk tubuh. Semoga bermanfaat, ya.

Tonton: Gula Darah Rendah Harus Makan Apa? Cek Daftarnya Berikut Ini

Selanjutnya: Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Windows 11 di Laptop dan Komputer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News