Bugar

Penderita Asam Urat Boleh Konsumsi Sayuran Hijau Ini, Cek Daftarnya!

Penderita Asam Urat Boleh Konsumsi Sayuran Hijau Ini, Cek Daftarnya!

MOMSMONEY.ID - Purin merupakan zat yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Masalahnya, purin banyak ditemui di beberapa makanan yang dikonsumsi, sayur salah satunya. Namun, bukan berarti penderita asam urat tidak boleh makan sayur, ya. Ada sejumlah sayuran hijau yang boleh dikonsumsi penderita asam urat kok.

Dikutip dari Medical News Today, berikut ini adalah rekomendasi sayuran hijau yang boleh dikonsumsi penderita asam urat:

1. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Sayuran ini kerap disebut jadi pantangan asam urat. Bayam memanglah mengandung purin. Namun, jika dikonsumsi dengan jumlah yang terukur, ini tidak akan berdampak pada asam urat Anda. 

Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi sayuran dengan kandungan purin tidaklah secara signifikan membuat asam urat melonjak naik. Ini karena kandungan purin yang ada di sayuran berbeda dengan kandungan purin yang ada dalam daging merah atau makanan lainnya. Purin dalam sayuran masih masuk kategori aman untuk penderita asam urat.

Baca Juga: Panduan Makan Sehat saat Lebaran, Yuk Terapkan!

2. Kale

Kale adalah salah satu sayuran hijau yang paling bergizi. Kandungan purin kale relatif rendah, sehingga cocok untuk penderita asam urat. Kale kaya akan vitamin K, vitamin C, dan antioksidan, yang semuanya baik untuk kesehatan tulang dan kulit.

3. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa sulfur, antioksidan, dan serat yang baik untuk kesehatan. Sayuran ini juga rendah purin, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Brokoli dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Daftar Buah yang Bagus Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Cek yuk!

4. Selada

Dikutip dari laman Halodoc, selada adalah salah satu sayuran hijau yang rendah purin. Selada mengandung banyak air, sehingga baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selada juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin K dan vitamin A.

Demikianlah rekomendasi sayuran hijau yang boleh dikonsumsi penderita asam urat. Meskipun sayuran hijau ini aman dikonsumsi, penderita asam urat tetap disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang terukur dan seimbang dengan jenis makanan lain. Semoga bermanfaat, ya!

Selanjutnya: OJK Tengah Menyusun Aturan Mengenai Buy Now Pay Later

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News