Santai

Alasan Menanam Bunga Lili Hujan yang Punya Arti Menarik, Simak Penjelasannya

Alasan Menanam Bunga Lili Hujan yang Punya Arti Menarik, Simak Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Bunga lili hujan merupakan tanaman yang tak banyak diketahui orang. Namun, tahukan Anda alasan kenapa harus menanam bunga lili hujan?

Mengutip Balcony Garden Web, bunga lili hujan merupakan bunga abadi yang termasuk dalam famili Amaryllidaceae, yang mencakup bunga-bunga terkenal seperti bakung, tetesan salju, amarilis, dan masih banyak lagi yang tumbuh dari umbi. 

Salah satu alasan menanam bunga lili hujan yaitu tanaman ini menghasilkan aroma bunga yang manis, bunga berbentuk corong dengan enam kelopak menonjol muncul dalam berbagai warna.

Baca Juga: 4 Bunga Paskah Populer yang Punya Arti dan Makna Khusus

Tanaman ini memiliki dedaunan hijau sederhana seperti rumput yang tiba-tiba berubah menjadi bunga merah muda, ungu, kuning, putih, dan persik beberapa hari setelah badai, langsung menghiasi taman Anda. 

Bunga mekar yang menakjubkan ini selalu melambangkan kepercayaan yang berbeda dari satu budaya ke budaya lainnya.

Bunga lili huan menunjukkan ketahanan dan harapan dan berbakat dalam situasi serbaguna. 

Ini dapat membantu seseorang mengatasi kesedihan, kehilangan, dan keputusasaan, mendoakan mereka beruntung dan menginspirasi harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: Deretan Tanaman Hias Berbunga Warna-warni Terbaik, Cocok untuk Dalam Ruangan

Dalam Feng Shui, bunga lili hujan melambangkan aliran, fluiditas, dan perubahan tanpa batas, diperkuat oleh elemen air, kemampuan beradaptasi, dan kekuatan.

Di berbagai budaya dan ritual, warna yang berbeda menandakan emosi yang berbeda. 

Bunga mekar berwarna putih melambangkan kepolosan, kebangkitan, dan awal yang baru, sedangkan bunga merah muda melambangkan kasih sayang dan cinta yang mendalam.

Bunga berwarna oranye melambangkan kepercayaan diri dan individualitas, sedangkan bunga kuning melambangkan kebetulan.

Berikut ini alasan menanam bunga lili hujan :

1. Mudah Tumbuh

Bunga lili yang kuat ini tumbuh dengan baik tanpa harus terus-menerus diasuh, menjadikannya pilihan sempurna bagi tukang kebun yang sibuk dan malas.

2. Tahan Lama

Bunga lili hujan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi, termasuk iklim tropis yang kemungkinan terserang hama lebih tinggi! Mereka telah berevolusi untuk bertahan melawan hama tersebut tanpa menggunakan insektisida kimia dan pestisida berbahaya.

3. Mekar Tahan Lama

Tanaman ini dapat berbunga hampir sepanjang tahun kecuali pada musim dingin yang sangat dingin.

Baca Juga: 8 Minyak Atsiri untuk Tanaman Hias, Ketahui Manfaat dan Cara Menggunakannya

4. Dapat Tumbuh di Ruang Terbatas

Tanaman keras ini tidak membutuhkan terlalu banyak ruang untuk tumbuh dan tumbuh dengan baik di dalam pot dan taman yang ramai. Meskipun mereka berbiji sendiri, mereka tidak invasif dan mengganggu ekosistem asli.

5. Dicintai oleh Penyerbuk

Kupu-kupu, ngengat, dan penyerbuk cantik lainnya menganggap mekarnya bunga ini sangat menarik.

6. Berbagai Cara Pamer

Mudah tumbuh, tangguh, dan tidak rewel – bunga lili hujan dapat digunakan dalam pengaturan serbaguna, seperti pembatas taman, wadah, lansekap, dll. 

Dan meskipun Anda sedikit berusaha, mereka akan membuat keterampilan berkebun Anda terlihat terbaik!

Cara Menanam Bunga Lili Hujan

Jika Anda ingin menanamnya, pilihlah wadah yang kedalamannya setidaknya enam hingga delapan inci tetapi lebih lebar, karena tanaman ini suka menyebar. 

Isi dengan tanah pot yang memiliki drainase baik, sedikit asam, dan kaya organik. Tempatkan umbi sedalam beberapa inci di dalam pot, pastikan ada banyak ruang bagi akar untuk tumbuh.

Bunga ini membutuhkan setidaknya enam jam sinar matahari penuh dan penyiraman secara teratur, tidak terlalu banyak air! 

Siram hanya saat lapisan atas tanah kering, jika tidak tanaman Anda sebelumnya akan membusuk.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias untuk Bisnis, Bisa Untung dan Hasilkan Uang Banyak

Sekitar waktu mekar, pupuk lembut yang kaya fosfor dapat membantu tanaman tumbuh subur, tetapi terkadang Anda juga dapat memberinya pupuk cair seimbang dengan kekuatan rendah.

Mematikan bunga bekas juga akan memastikan pembungaan berulang, membujuk tanaman untuk menghasilkan bunga baru dibandingkan menanam benih.

Jika Anda menanam sekitar musim semi, setelah musim dingin terakhir, dedaunan akan muncul dalam beberapa minggu dan mekar dalam dua hingga tiga bulan pada akhir musim panas hingga awal musim gugur, terutama setelah hujan.

Jadi itulah beberapa alasan menanam bunga lili hujan yang punya arti menarik. Selamat menanam! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News