Bugar

10 Cara Mengatasi Asam Urat di Kaki dengan Pengobatan Rumahan

10 Cara Mengatasi Asam Urat di Kaki dengan Pengobatan Rumahan

MOMSMONEY.ID - Asam urat sering kali menimbulkan rasa sakit, khususnya di area kaki. Bagaimana cara mengatasi asam urat di kaki?

Asam urat sering kali menimbulkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan, khususnya di area kaki.

Banyak orang mencari solusi pengobatan rumahan untuk mengatasi masalah ini, baik sebagai pendamping pengobatan medis maupun sebagai pilihan utama. 

Bersumber dari Medical News Today, berikut adalah sepuluh cara mengatasi asam urat di kaki dengan menggunakan pengobatan rumahan:

1. Tingkatkan asupan cairan

Minum air putih secara teratur dapat meredakan gejala asam urat dengan merangsang ginjal untuk membuang cairan berlebih, sehingga mengurangi pembengkakan. Air merupakan pilihan terbaik, tetapi teh herbal juga dapat membantu.

Hindari alkohol dan minuman berpemanis yang dapat meningkatkan kadar purin.

2. Kompres dingin

Penggunaan kompres dingin pada sendi yang terkena bisa mengurangi inflamasi dan rasa sakit. Gunakan kompres es atau benda dingin lainnya yang dibalut handuk tipis selama 20 menit untuk  meredakan gejala asam urat di kaki.

Baca Juga: Bengkak dan Kemerahan, Inilah Ciri-ciri Asam Urat di Lutut serta Penyebabnya

3. Kurangi stres

Stres dapat memperburuk kondisi asam urat. Mengelola stres melalui olahraga ringan, mengambil cuti kerja, bermeditasi, atau mendapatkan tidur yang cukup bisa membantu menurunkan stres dan gejala yang terkait.

4. Angkat sendi yang terkena

Mengangkat sendi yang bengkak ke posisi yang lebih tinggi dapat mengurangi pembengkakan dengan memfasilitasi aliran cairan kembali ke jantung. Kombinasikan penggunaan kompres es dengan pengangkatan untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga: 8 Buah yang Paling Cepat Menurunkan Asam Urat, Jangan Sampai Terlewatkan!

5. Gunakan obat penghilang rasa sakit

Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen bisa mengurangi rasa sakit dan inflamasi. Namun pastikan untuk tidak melebihi dosis yang direkomendasikan dan konsultasikan dengan dokter mengenai interaksi dengan obat lain.

6. Konsumsi kopi

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi bisa dikaitkan dengan risiko asam urat yang lebih rendah. Hal ini menunjukkan kemungkinan efek penurunan kadar asam urat oleh kopi.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Merapat, Ini Daftar Makanan Rendah Purin untuk Dikonsumsi

7. Ikuti diet seimbang

Diet yang rendah lemak, rendah karbohidrat, dan kaya akan buah serta sayuran dapat menurunkan kadar asam urat dan mengurangi risiko serangan asam urat.

8. Minum air lemon

Menambahkan jus lemon ke dalam air dapat menetralkan asam urat serta berpotensi membantu mengurangi kadar asam urat berdasarkan temuan penelitian.

Baca Juga: Konsumsi Rebusan Daun Sukun untuk Mengatasi Asam Urat, Ini Cara Membuatnya

9. Batasi alkohol

Konsumsi alkohol yang tinggi dapat meningkatkan risiko asam urat. Mengurangi atau menghindari alkohol, terutama bir yang tinggi purin, dapat membantu.

10. Hindari daging dan ikan tinggi purin

Mengurangi konsumsi daging merah, ikan berlemak, dan makanan laut lain yang tinggi purin dapat mengurangi gejala dan mencegah serangan asam urat berulang.

Itulah sejumlah cara mengatasi asam urat di kaki dengan pengobatan rumahan. Menerapkan beberapa cara ini dapat membantu mengelola dan mengurangi gejala asam urat.

Pengobatan rumahan ini dapat memberikan kelegaan sementara. Konsultasi dengan profesional medis selalu disarankan untuk penanganan yang tepat dan terintegrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News