Bugar

Intip Cara Membuat Bubur Kacang Hijau untuk Asam Lambung Berikut, Mau Coba?

Intip Cara Membuat Bubur Kacang Hijau untuk Asam Lambung Berikut, Mau Coba?

MOMSMONEY.ID - Kacang hijau dikenal luas karena kandungan nutrisinya yang tinggi dan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan, termasuk bagi penderita asam lambung. Bubur kacang hijau untuk asam lambung bisa menjadi alternatif makanan yang lembut dan menenangkan bagi mereka yang mengalami gangguan pencernaan, seperti asam lambung.

Selain lezat, bubur kacang hijau mudah dibuat dan dapat diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan diet rendah asam. Momsmoney akan mengulas manfaat bubur kacang hijau untuk asam lambung serta cara membuatnya. Simak, ya!

Manfaat Bubur Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Melansir dari laman Alodokter, kacang hijau dikenal sebagai makanan yang cocok untuk penderita asam lambung, berkat kandungan nutrisi yang melimpah dan rendah lemak. Makanan tinggi lemak sering kali dapat memicu atau memperburuk gejala asam lambung.

Seperti halnya jenis kacang-kacangan lain, kacang hijau menyediakan karbohidrat kompleks yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Karbohidrat ini juga cenderung mudah dicerna, yang membantu mengurangi risiko perut kembung.

Kacang hijau juga kaya akan berbagai antioksidan yang berperan penting dalam meredakan peradangan yang timbul dari produksi asam lambung berlebih.

Dengan semua manfaat tersebut, bubur kacang hijau sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang mengalami gejala penyakit asam lambung atau GERD, termasuk sensasi terbakar di dada, nyeri di perut bagian kiri atas, dan perut kembung.

Baca Juga: Bongkar Rahasia Turun Berat Badan, Ini 6 Tips Diet Cepat

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Menyadur dari laman Dokter Sehat, proses pembuatan bubur kacang hijau untuk asam lambung dimulai dengan merendam 100 gram kacang hijau. Rendam kacang hijau selama minimal satu jam, namun semakin lama Anda merendam, tekstur kacang akan semakin lembut dan lebih mudah dimasak.

Setelah merendam, tiriskan kacang hijau tersebut. Langkah selanjutnya adalah memasak kacang hijau. Siapkan panci dan masak air hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan kacang hijau yang sudah direndam ke dalam air mendidih tersebut.

Kecilkan api dan biarkan kacang hijau masak perlahan selama 20-30 menit. Proses memasak yang lambat dan pada suhu rendah ini penting untuk memastikan kacang hijau memecah dengan baik dan menjadi empuk.

Baca Juga: Penderita Asam Lambung Tidak Boleh Konsumsi Jus Ini, Cek Ada Apa Saja!

Setelah kacang hijau terasa empuk dan telah pecah, tambahkan gula merah sesuai dengan selera Anda. Gula merah akan memberikan rasa manis alami dan menambah kekayaan rasa pada bubur. Aduk perlahan agar gula merah tercampur merata dengan bubur kacang hijau.

Penting untuk diingat bahwa dalam resep ini tidak menggunakan santan, menjadikan bubur ini pilihan yang lebih ringan dan sehat. Bubur kacang hijau ini terbaik disajikan hangat.

Bubur ini ramah bagi sistem pencernaan dan cocok untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk bagi mereka yang mengalami masalah asam lambung, karena kacang hijau memiliki sifat yang menenangkan bagi lambung.

Demikianlah ulasan terkait bubur kacang hijau untuk asam lambung serta cara membuatnya. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News