Bugar

Amankah Sawi Putih untuk Asam Lambung? Ini 7 Sayuran Terlarang untuk Asam Lambung

Amankah Sawi Putih untuk Asam Lambung? Ini 7 Sayuran Terlarang untuk Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Penderita asam lambung tentu perlu memilah dan memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Sebab, beberapa makanan dapat memperparah gejala.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah mengenai keamanan mengonsumsi sawi putih untuk asam lambung.

Momsmoney akan mengulas tentang sawi putih untuk asam lambung dan juga menyediakan daftar sayuran yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Simak hingga akhir!

Sawi putih untuk asam lambung

Melansir dari laman Nutriflakes, konsumsi sawi putih dapat menyebabkan produksi gas berlebih di perut, yang bisa memicu kembung. Kembung adalah salah satu gejala umum dari masalah asam lambung.

Sawi putih mengandung gula kompleks yang bisa sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Karena itu, sawi putih juga termasuk dalam daftar sayuran yang harus dihindari oleh penderita asam lambung.

Dikutip dari Hello Sehat, sawi putih mengandung gula rafinosa yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Apabila sawi putih diolah menjadi kimchi, tingkat keasamannya meningkat dengan pH sekitar 4,1. Mengonsumsi terlalu banyak kimchi dari sawi putih dapat memicu gejala dan keluhan terkait penyakit asam lambung.

Baca Juga: Apakah Oatmeal Bagus untuk Diet Tubuh? Simak Kalori dan Cara Konsumsinya di Sini

Sayuran terlarang untuk asam lambung

Selain sawi putih, ada beberapa sayuran terlarang untuk asam lambung lainnya. Simak daftarnya di bawah ini, ya.

1. Brokoli

Meskipun kaya nutrisi, brokoli dapat memicu perut kembung karena kandungan rafinosanya, sehingga sebaiknya dibatasi bagi penderita asam lambung. Hindari mengolah brokoli dengan makanan tinggi lemak seperti keju atau susu untuk mengurangi risiko.

2. Kol

Kol mengandung gula rafinosa yang sulit dicerna. Ketika rafinosa mencapai usus, bakteri baik akan memecahnya menjadi gas seperti karbon dioksida, hidrogen, dan metana, yang dapat menyebabkan kembung dan sendawa, serta memperparah gejala asam lambung.

Baca Juga: Penderita Asam Lambung Tidak Boleh Konsumsi Jus Ini, Cek Ada Apa Saja!

3. Kembang Kol

Serupa dengan kol, kembang kol juga mengandung rafinosa yang dapat menyebabkan kembung dan memperburuk gejala GERD. Jika ingin mengonsumsi kembang kol, batasi jumlahnya dan campur dengan sayuran lain yang lebih aman untuk penderita asam lambung.

4. Bawang Bombay

Bagi penderita asam lambung, bawang bombay dapat memicu peningkatan asam lambung dan menyebabkan heartburn. Bawang bombay juga mengandung fruktosa yang dapat menyebabkan pembentukan gas, yang memperburuk perut kembung saat asam lambung naik.

Baca Juga: Menilik 10 Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

5. Bawang Putih

Dikenal memiliki pH asam, konsumsi berlebihan bawang putih dapat meningkatkan keasaman lambung yang berpotensi memicu GERD. Gejala seperti heartburn sering terjadi setelah mengonsumsi bawang putih, khususnya yang masih mentah. Namun, penggunaan bawang putih masih diperbolehkan dalam jumlah yang wajar sebagai bumbu masakan, asal tidak dalam bentuk mentah.

6. Tomat

Kandungan asam yang tinggi dalam tomat membuatnya menjadi pemicu umum untuk asam lambung. Meskipun tomat kaya akan nutrisi yang mendukung kesehatan jantung dan mencegah kanker, asamnya yang tinggi dapat menyebabkan mulas dan memperburuk gejala asam lambung.

Baca Juga: Mampu Melawan Kanker, Inilah 10 Khasiat Daun Bawang untuk Kesehatan Anda

7. Cabai

Sebagai salah satu bumbu dasar dalam masakan Indonesia, cabai sangat populer karena rasa pedasnya. Namun, bagi penderita asam lambung atau maag, cabai harus dihindari karena kandungan senyawa asamnya yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Konsumsi cabai berpotensi menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi pencernaan.

Demikianlah ulasan terkait sawi putih untuk asam lambung serta ketujuh sayuran terlarang untuk asam lambung lainnya. Sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi sayuran tersebut apabila menderita asam lambung.

Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News