Bugar

8 Manfaat Konsumsi Jeruk bagi Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja ya?

8 Manfaat Konsumsi Jeruk bagi Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja ya?

MOMSMONEY.ID - Anda wajib tahu! Inilah manfaat konsumsi jeruk bagi kesehatan yang luar biasa dan sayang untuk dilewatkan.

Jeruk adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Tidak hanya karena rasanya yang menyegarkan, tetapi juga karena kaya akan nutrisi yang memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Melansir dari laman Health, di bawah ini adalah beberapa manfaat konsumsi jeruk bagi kesehatan yang luar biasa:

1. Mengurangi Lemak Perut

Serat dalam jeruk juga bisa membantu mengurangi lemak perut atau visceral. Lemak ini meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker.

Sebuah studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat bisa mengurangi berat badan dan lemak visceral setelah 12 bulan.

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Inilah Manfaat Makan Pepaya bagi Kesehatan Tubuh Anda

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk sangat kaya akan vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Tubuh menggunakan vitamin C untuk membuat kolagen dan menggunakan lemak sebagai energi. Studi menunjukkan bahwa konsumsi jus jeruk bisa mengurangi peradangan yang berkaitan dengan penyakit kronis.

3. Membantu Penyerapan Zat Besi

Vitamin C dalam jeruk membantu tubuh menyerap zat besi lebih efektif. Zat besi penting untuk mengoptimalkan penggunaan oksigen dalam tubuh dan menghindari kelelahan.

Ini sangat penting bagi orang yang mengikuti diet nabati, karena zat besi dari sumber nabati lebih sulit diserap daripada dari daging.

4. Mencegah Penyakit Kronis

Jeruk mengandung flavonoid dengan sifat antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan. Stres oksidatif dapat menyebabkan peradangan yang berkaitan dengan penyakit jantung dan kanker.

Studi menunjukkan bahwa flavonoid bisa menurunkan risiko depresi dan membantu mengurangi massa lemak.

Baca Juga: 6 Minuman Bikin Panjang Umur yang Tak Banyak Orang Tahu, Ada Kopi

5. Menurunkan Risiko Kanker

Flavonoid dalam kulit jeruk berperan dalam mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Kandungan tersebut juga membantu memprogram kematian sel abnormal sebelum berkembang biak.

6. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Konsumsi jus jeruk bisa meningkatkan fungsi kognitif. Penelitian menunjukkan bahwa jus jeruk meningkatkan aliran darah ke otak, yang bisa membantu meningkatkan kinerja mental.

7. Meningkatkan Pencernaan

Sebuah jeruk menyediakan sekitar tiga gram serat. Di Amerika, disarankan untuk mengonsumsi 28 gram serat setiap hari.

Serat sangat bermanfaat untuk mendukung fungsi pencernaan, mengatur kadar gula darah, menjaga konsistensi buang air besar, dan membantu memuaskan rasa lapar lebih lama.

Baca Juga: Jangan Dibiasakan, Berikut Bahaya Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan

8. Menghidrasi Tubuh

Sebuah jeruk bisa menyediakan sekitar setengah cangkir air. Kebutuhan cairan seseorang berbeda-beda, tergantung usia, aktivitas, dan kondisi kesehatan.

Secara umum, wanita membutuhkan sekitar 92 ons cairan per hari, sedangkan pria sekitar 124 ons. Makanan yang kaya air seperti jeruk membantu memenuhi kebutuhan cairan harian dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Demikianlah manfaat konsumsi jeruk bagi kesehatan yang luar biasa. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News