Keluarga

8 Hewan yang Punya Kebiasaan Tidur Super Aneh, Ada yang Berdiri Membuka Mata

8 Hewan yang Punya Kebiasaan Tidur Super Aneh, Ada yang Berdiri Membuka Mata

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, hewan memiliki kebiasaan tidur yang aneh dan tak biasa bagi manusia. Mulai dari tidur sambil berdiri, tidur membuka mata, tidur di dalam air, hingga tidur bersama kelompoknya.

Seluruh kebiasaan tidur aneh hewan ini rata-rata disebabkan karena mereka telah beradaptasi untuk mencegah terjadinya hal berbahaya seperti serangan predator yang tiba-tiba muncul.

Langsung kita inti papa saja hewan dengan kebiasaan tidur aneh, berikut ini!

Baca Juga: 5 Hewan Lucu yang Hobi Tidur, Koala Tidurnya Paling Lama

Berang-berang laut

Hewan yang punya kebiasaan tidur aneh: Berang-berang laut

Berang-berang laut termasuk jenis hewan yang memiliki kebiasaan tidur aneh, sebab ia akan mengambang dengan gaya punggung di lautan ketika tidur siang.

Usut punya usut, ternyata penyebabnya karena mereka menjauhkan diri dari para predator di daratan. Mereka juga biasanya membungkus tubuh dengan rumput laut supata tak hanyut & hanya akan mengikuti arus.

Kadang kala, ada 100 berangpberang laut yang akan tidur bersama di laut dan bergandengan tangan supaya berjaga-jaga & tetap bersama meski tengah terlelap.

Lumba-lumba

Hewan yang punya kebiasaan tidur aneh: lumba-lumba

Baca Juga: 7 Hewan Unik yang Bisa Hidup Tanpa Makan dan Minum dalam Jangka Waktu Lama

Berbeda dari manusia yang akan bernapas secara otomatis meski tengah tidur, lumba-lumba harus fokus berpikir dalam keadaan sadar (tak tidur) untuk tetap bernapas.

Maka, menurut One Kind Planet, lumba-lumba akan menutup separuh otaknya & tidur dengan 1 mata terbuka. Kebiasaan tidur aneh dari lumba-lumba disebut unihemispheric. Cara ini juga ampuh mencegah mereka tenggelam & tetap waspada terhadap predator.

Burung

Burung

Kebiasaan tidur aneh dari burung ternyata persis sama seperti lumba-lumba. Cara mereka tidur disebut dengan unihemispheric.

Burung akan tetap terbang meski tengah tertidur. Bahkan menurut Hillarys UK, para peneliti telah mengamati para burung yang terbang non-stop selama 6 bulan berturut-turur tanpa hinggap sekalipun, Ini artinya, mereka telah makan, minum, dan tidur di atas udara.

Baca Juga: 6 Kisah Hewan Penyelamat yang Bersejarah di Dunia, Bikin Hati Tersentuh!

Jerapah

Jerapah punya kebiasaan tidur aneh, persis seperti kuda & gajah. Mereka akan tidur sambil berdiri!

Terutama jerapah, ia sebenarnya hanya butuh waktu tidur selama 30 menit sehari. Terkadang, para jerapah tak akan tidur berminggu-minggu jika mereka merasa akan ada predator yang menyerang.

Gajah

Anak gajah sumatera lahir di TN Tesso Nilo

Sebuah penelitian di tahun 2017 yang dikutip melalui Treehugger menemukan bahwa gajah di alam liar hanya tidur 2 jam per hari. Waktu tidur yang sedikit ini disebabkan karena mereka khawatir dengan predator.

Berbeda dengan itu, gajah yang ada di kebun binatang atau penangkaran tidur lebih lama, yakni selama 7 jam, karena tak ada predator yang dikhawatirkan.

Uniknya, sebagian besar kebiasaan tidur gajah ialah sambil berdiri. Gajah cukup jarang tidur sambil terlentang, sebab gajah ingin bisa cepat kabur ketika predator mendekat.

Baca Juga: 6 Cara Menarik Perhatian Orang dalam Waktu Singkat, Wajib Dicoba Sehari-hari!

Ular

Pernah berpikir bagaimana cara ular tidur? Ternyata ular tidur dengan mata ‘terbuka’ lho! Sebab mereka tak punya kelopak mata untuk menutup mata. Sebaliknya, mata mereka hanya ditutupi sisik transaparan yang mencegah mata menjadi kering.

Meerkat

Hewan yang punya kebiasaan tidur aneh: Meerkat

Hewan meerkat juga tak kalah unik. Ia memiliki kebiasaan tidur aneh, yakni harus tidur di liangnya, meringkuk bersama keluarganya satu sama lain dan saling bertumpukan.

Kehidupan sosial hewan meerkat cukup hierarkis. Mereka akan dipimpin oleh jantan & betina alfa. Nah, para alfa ini biasa tidur di tengah-tengah kelompok, sehingga akan terhindar dari serangan bahaya.

Baca Juga: 15 Negara Muslim dengan Beragam Aspek Kekuatan di Dunia, Indonesia Nomor Satu!

Kuda

Kuda dikenal sebagai hewan pelari. Maka tak heran, kelebihan kuda juga bisa dimanfaatkan bahkan ketika mereka tertidur.

Kebiasaan tidur kuda sambil berdiri disebabkan karena kaki mereka memiliki semacam alat penahan yang merupakan adaptasi dari sistem Muskuloskeletal. Muskuloskeletal memungkinkan kuda mengunci anggota tubuh pada tempatnya.

Namun, tidur sambil berdiri disebut tidur ringan. Kuda juga butuh tidur terlentang saat waktunya tidur lama.

Itulah deretan hewan yang punya kebiasaan tidur super aneh. Adakah kebiasaan tidur aneh lainnya dari hewan yang Anda ketahui?

Selanjutnya: Indosat Bakal Melepas Saham ISAT Hasil Buyback di Harga Rp 5.850

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News