Santai

6 Kisah Hewan Penyelamat yang Bersejarah di Dunia, Bikin Hati Tersentuh!

6 Kisah Hewan Penyelamat yang Bersejarah di Dunia, Bikin Hati Tersentuh!

MOMSMONEY.ID - Para pecinta hewan wajib merapat! Ada banyak kisah hewan penyelamat yang populer dan wajib Anda baca.

Deretan kisah ini merupakan kisah nyata yang tercatat dalam sejarah. Dari mulai kucing, anjing, hingga merpati pernah jadi penyelamat bagi ratusan nyawa manusia. Apa saja kisahnya? Simak yang berikut ini!

Baca Juga: 5 Hidangan Klasik ala Italia yang Cerminkan Sejarah dan Budaya Negaranya

1. Balto & Togo – mencegah penyebaran Difteri di Alaska

Balto & Togo adalah anjing Siberian Husky yang berjasa besar dan tercatat kisahnya di dunia.

Kisah Hewan Penyelamat: Balto & Togo

Semua dimulai dari wabah penyakit Difteri pernah melanda kota Nome, Alaska di musim dingin tahun 1925. Sayangnya, tak ada kendaraan untuk mengirimkan serum ke kota tersebut selain kereta luncur.

Melansir Brightside, Togo & Balto adalah anjing kereta luncur yang menjalankan misi mengirim serum ke kota Nome. Jalur pengirimannya yang super berbahaya berhasil mereka tempuh. Belum lagi bahaya srigala kutub yang mengincar mereka.

Saking bersejarahnya, kisah 2 hewan penyelamat ini sampai dijadikan film oleh Disney!

Baca Juga: Ada The Meg, Ini Rekomendasi 6 Film Bertema Monster Super Menegangkan

2. Simon – membasmi serangan tikus di kapal perang

Melansir Time.com, Simon adalah seekor kucing yang ikut berlayar di atas kapal Angkatan Laut milik Kerajaan Inggris yang pada saat itu tengah menyusuri Sungai Yangtze, China.

Simon berjasa karena telah membasmi banyak serangan tikus di kapal, terutama si tikus paling besar bernama Mao Tse Tung.

Yang membuat sedih, Simon sempat terkeca pecahan peluru dari pasukan Komunis China yang membuat kumisnya hangus, serta kaki & punggunya terluka.

Namun pada akhirnya Simon sembuh & dianugerahi the Dickin Medal pada Agustus 1949 sebagai bentuk penghormatan kepada hewan di masa perang.

Baca Juga: Apakah Kucing Bisa Rabies? Simak Penjelasan dan Ciri-ciri Kucing Terkena Rabies

3. Moko – menyelamatkan 2 paus yang terdampar

Moko, si lumba-lumba hidung botol, turut serta mencatatkan namanya ke dalam deretan hewan penyelamat yang bersejarah di dunia.

Di tahun 2008 lalu, Moko pernah menyelamatkan 2 ekor paus sperma kerdil yang terdampar di Pantai timur Pulau Utara, Selandia Baru.

Pada awalnya, Moko hanya seekor lumba-lumba yang sering menyapa manusia yang berenang di pantai. Namun suatu hari, Moko muncul tepat waktu ketika 2 paus sedang terdampar dipantai. Pasalnya, 2 paus tersebut tak mau disentuh oleh manusia.

Dengan komunikasi ala hewan, akhirnya Moko dapat membawa kembali paus sperma kembali ke laut. Kisah ini pun diliput langsung oleh BBC pada tahun 2008 lalu.

Baca Juga: Dorong Kesehatan Hewan, Royal Canin Edukasi Pemilik Hewan Peliharaan

4. Elsa – singa yang menginspirasi dibentuknya konservasi satwa liar

Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana terbentuknya konservasi satwa liar di dunia? Ternyata kisahnya dimulai dari sini.

Pada tahun 1956 lalu, sepasang suami istri bernama George & Joy mengadopsi anak singa yatim piatu yang diberi nama Elsa. Elsa dirawat di Afrika selama bertahun-tahun.

Pasangan suami-istri ini mengajarkan banyak hal pada Elsa, termasuk berburu, agar “naluri hewan liarnya” masih terjaga.

Pada akhirnya, Elsa dilepasliarkan ke alam. Ajaibnya, Elsa berhasil beradaptasi & selamat. Joy & George pun akhirnya menuliskan pengalamannya ini dalam buku nonfiksi berjudul “Born Free” & meledak di pasaran.

Kisah ini pada akhirnya dianggap sebagai kisah yang mempopulerkan adanya konservasi satwa liar di seluruh dunia.

Baca Juga: Ajak Anabul Bersosialisasi Lewat PawJog

5. Cher Ami – merpati yang mengantar pesan selama Perang Dunia 1

Cher Ami, seekor burung merpati yang berjasa menyelamatkan banyak nyawa ketika Perang Dunia 1 tengah berlangsung.

Melansir dari Times of India, Cher Ami adalah merpati pos yang sering digunakan oleh Korps Sinyal Angkatan Darat AS di masa PD I.

Kisah Hewan Penyelamat: Cher Ami

Pada Oktober 1918, tepatnya selama serangan Meusse-Argonne, battalion yang bertugas bersama Cher Ami ini mendapatkan serangan tiba-tiba yang membuat banyak tentara terluka.

Cher Ami datang dalam keadaan terluka dan menyampaikan pesan kepada orang-orang bahwa para tentara tengah diserang. Dengan pesan yang diantarkannya, akhirnya pasukan penyelamat ikut membantu.

Alhasil, Cher Ami mampu menyelamatkan hampir 200 tentara dari serangan tiba-tiba itu.

Baca Juga: Atasi Phobia Anjing Seperti Cha Eun-woo di Drakor A Good Day to be a Dog

6. Smoky – anjing terapi pertama di dunia

Kisah Hewan Penyelamat: Smoky

Pengabdian Smoky, si anjing mungil berjenis Yorkshire Terrier patut dimasukkan ke dalam rangkaian kisah hewan penyelamat di dunia.

Smoky awalnya merupakan anjing liar yang diadopsi oleh Kopral William A. Wynne. Kehadiran anjing ini nyatanya membawa hiburan & terapi bagi para tentara yang tengah berperang di tahun 1940-an.

Kisah Hewan Penyelamat: Smoky

Selama masa penyembuhan para tentara, Smoky diizinkan untuk mengunjungi pasien, bahkan tidur di rumah sakit. Dia juga menyelamatkan 250 tentara dengan berhasil melewati kabel telegraf melalui lubang sepanjang 70 kaki dan lebar 8 inci.

Jasa Smoky sebagai anjing penyelamat yang melayani manusia di masa Perang Dunia II diabadikan dengan sebuah patung mungil di atas makamnya.

Itulah deretan kisah hewan penyelamat di dunia yang menyentuh hatimu. Kisah manakah yang paling membuatmu terharu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News