Santai

7 Hewan Unik yang Bisa Hidup Tanpa Makan dan Minum dalam Jangka Waktu Lama

7 Hewan Unik yang Bisa Hidup Tanpa Makan dan Minum dalam Jangka Waktu Lama

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, ternyata ada beberapa hewan unik yang bisa hidup tanpa makan dan minum dalam jangka waktu yang sangat lama.

Kebanyakan hewan-hewan ini melakukan hibernasi, serta memiliki metabolisme yang lambat. Tak heran jika hewan-hewan tersebut bisa bertahan sangat lama di kondisi ekstrim sekalipun.

Mau tahu apa saja hewan unik tersebut? Simak ulasan di bawah ini!

Unta

Unta

Unta merupakan hewan yang bisa hidup tanpa makan dan minum selama sekitar 40 hari.

Lamanya waktu unta tanpa makan dan minum disebabkan karena punuk unta yang dapat menyimpan jaringan lemak yang bisa digunakan sebagai sumber makanan dan minuman ketika persediaannya sedang langka saat melewati padang pasir.

Hiu

Hewan ganas yang satu ini juga dapat hidup tanpa makan dan minum selama 8-10 minggu atau sekitar 2-3 bulan.

Yang semakin membuatnya semakin unik ialah semakin lama hiu hidup tanpa makanan, maka semakin hebat naluri berburu mereka.

Melansir Brightside, dalam setahun hiu putih besar bisa makan sebanyak 11 ton makanan.

Penguin

Hewan yang Bisa Hidup Tanpa Makan dan Minum: Penguin

Penguin terbiasa berhibernasi saat sedang musim dingin. Karena pada saat tersebut metabolisme penguin berkurang, maka tak heran jika penguin bisa hidup tanpa makan dan minum selama 2-4 bulan lamanya.

Melansir dari 10 Most Today, penguin jantan bertugas menjaga bayi penguin tetap hangat dan nyaman, sedangkan penguin betina bertarung dengan suhu di bawah nol derajat hanya untuk berburu.

Beruang

Sama seperti penguin, beruang juga merupakan Binatang yang sering melakukan hibernasi. Hibernasi yang mereka lakukan bisa bertahan lebih dari 3 bulan.

Selama 3 bulan tersebut, seekor beruang akan berhenti melakukan aktivitas apapun termasuk makan, minum, bergerak, buang air besar & buang air kecil.

Ular Sanca Bola

Ular Sanca

Ular sanca bola bisa hidup tanpa makan dan minum selama jangka waktu lama, yakni hingga 6 bulan.

Ular ini memiliki tingkat metabolisme yang rendah sehingga bisa menghemat energi sebaik mungkin selama waktu 6 bulan tersebut.

Buaya

Buaya adalah salah satu jenis reptil tertua di bumi sekaligus sebagai hewan yang bisa hidup tanpa makan dan minum berbulan-bulan.

Mereka akan sangat menghemat energi dengan bergerak super lambat, atau bahkan tak bergerak sama sekali.

Bahkan dalam kasus lain dalam Fakaza News, pernah ditemukan bahwa buaya bisa bertahan hingga 3 tahun tanpa makanan. Luar biasa, bukan?

Kura-kura Galapagos

Hewan yang Bisa Hidup Tanpa Makan dan Minum: Kura-kura Galapagos

Si hewan raksasa, kura-kura Galapagos, bisa hidup tanpa makan dan minum selama 2-3 tahun lamanya dalam keadaan kondisi yang ekstrim.

Spesies kura-kura terbesar di dunia yang memiliki berat 417 kg ini umumnya dapat bertahan tanpa air ataupun makanan selama 1 tahun jika di kasus normal.

Mereka memiliki tempat penyimpanan internal yang cukup besar untuk bisa menyimpan air, serta memiliki metabolisme lambat yang membantunya bertahan hidup lama.

Nah, sudah tahu kan hewan mana sajakah yang bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum selama jangka waktu yang lama? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News