Bugar

Pisang Apa yang Bagus untuk Asam Lambung? Simak Tips Memilihnya!

Pisang Apa yang Bagus untuk Asam Lambung? Simak Tips Memilihnya!

MOMSMONEY.ID - Selain rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, pisang juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk bagi mereka yang menderita gangguan asam lambung. Namun, tidak semua jenis pisang cocok untuk kondisi ini. Lantas, pisang apa yang bagus untuk asam lambung?

Sebelumnya, mari kita mengulik manfaat pisang untuk asam lambung. Melansir dari Hello Sehat, pisang memiliki kandungan asam yang rendah. Berbeda dengan buah sitrus yang tinggi asam, pisang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian tanpa memicu gejala refluks.

Kandungan asam yang rendah dalam pisang membantu melapisi dan melindungi esofagus yang iritasi, serta mengurangi rasa tidak nyaman.

Pisang dikenal sebagai sumber serat yang baik. Serat dalam pisang dapat meningkatkan tekanan sfingter esofagus bagian bawah, membantu mengurangi jumlah asam lambung dan gejala heartburn.

Baca Juga: Ketahui Nutrisi dan 9 Manfaat Konsumsi Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Namun, penting untuk tidak mengonsumsi serat secara berlebihan karena dapat memicu gejala lain yang memperparah GERD.

Selain itu, pisang memiliki pH yang lebih tinggi yang membuatnya bersifat basa, sehingga dapat membantu mengimbangi asam lambung.

Pisang apa yang yang bagus untuk asam lambung? Pisang matang, yang kulitnya telah beralih dari hijau ke kuning penuh, adalah pilihan yang tepat bagi penderita asam lambung.

Pisang jenis ini memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dan pH yang lebih tinggi, yang dapat membantu menetralisir asam di lambung.

Baca Juga: Bisa Menurunkan Kolesterol, Intip 8 Manfaat Kale untuk Kesehatan

Adapun tips memilih pisang untuk asam lambung adalah sebagai berikut:

  • Pastikan pisang yang Anda pilih memiliki kulit kuning dengan sedikit bintik-bintik cokelat. Ini adalah tanda bahwa pisang sudah matang sempurna dan lebih mudah dicerna.
  • Pisang yang masih hijau atau setengah matang lebih tinggi kandungan patinya dan bisa lebih asam rasanya, sehingga lebih sulit dicerna dan mungkin memicu asam lambung.

Meskipun pisang baik untuk asam lambung, mengonsumsinya dalam jumlah besar sekaligus bisa berbalik menimbulkan masalah. Demikianlah ulasan terkait pisang apa yang bagus untuk asam lambung. Semoga membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News