Bugar

6 Obat Herbal Darah Tinggi yang Paling Baik dan Ampuh

6 Obat Herbal Darah Tinggi yang Paling Baik dan Ampuh

MOMSMONEY.ID - Meskipun pengobatan medis modern menawarkan berbagai opsi untuk mengelola darah tinggi, banyak orang juga mencari alternatif alami untuk mendukung pengobatan mereka. Obat herbal telah lama digunakan dalam berbagai tradisi pengobatan di seluruh dunia. Lantas, apa saja obat herbal darah tinggi yang ampuh?

Melansir dari laman Very Well Health dan Healthline, berikut ini adalah obat herbal darah tinggi yang ampuh:

1. Selasih

Selasih kaya akan senyawa yang berperan dalam mengurangi tekanan darah. Selasih mengandung eugenol, sebuah antioksidan yang berfungsi mirip dengan penghambat saluran kalsium yang membantu merelaksasi pembuluh darah dengan mencegah kalsium memasuki area yang tidak seharusnya.

Baca Juga: Tips Berpuasa Bagi Penderita Darah Tinggi Selama Bulan Ramadan

2. Bawang Putih

Sebagai sumber utama senyawa yang mengandung sulfur, termasuk allicin, bawang putih dapat membantu merelaksasi pembuluh darah dan mendukung sirkulasi darah yang sehat. Studi menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih memiliki efek pada tekanan darah yang serupa dengan beberapa jenis obat.

3. Peterseli

Peterseli merupakan sumber yang baik dari vitamin C dan karotenoid, antioksidan yang memberikan warna pada tanaman. Antioksidan ini berperan dalam menurunkan tekanan darah dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Apakah Air Kelapa Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Ini Jawabannya!

4. Biji Seledri

Mirip dengan penghambat saluran kalsium, biji seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah. Studi pada manusia menunjukkan bahwa biji seledri memberikan manfaat yang menjanjikan untuk individu dengan tekanan darah tinggi. Biji-bijian ini juga tinggi serat, nutrisi penting untuk kesehatan jantung dan pemeliharaan tekanan darah yang normal.

5. Jahe

Dikenal untuk penggunaannya dalam merawat berbagai kondisi, jahe juga berfungsi mirip dengan penghambat saluran kalsium dan penghambat ACE, serta mendukung sirkulasi darah yang sehat. Itulah mengapa banyak orang mencoba menggunakan jahe untuk menurunkan tekanan darah mereka.

Baca Juga: Kencing Berbusa Tanda Masalah pada Ginjal, Ini Penjelasan dari Dokter!

6. Kayu Manis

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat merelaksasi dan membuka pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah. Studi pada manusia juga menunjukkan bahwa konsumsi rutin kayu manis dapat mendukung pemeliharaan tekanan darah yang sehat sebagai bagian dari terapi lain.

Nah, itulah beberapa obat herbal darah tinggi yang ampuh. Penting untuk diingat bahwa walaupun obat herbal bisa efektif dalam mengelola hipertensi, sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan sebelum menggunakannya. Ini terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat resep lainnya, untuk menghindari interaksi yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News