Keluarga

7 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bareng Susu, Terlalu Berat untuk Dicerna

7 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bareng Susu, Terlalu Berat untuk Dicerna

MOMSMONEY.ID - Bisa sebabkan banyak efek, ini dia makanan yang tak boleh dikonsumsi bareng susu.

Susu adalah salah satu jenis minuman bergizi yang mengandung banyak vitamin & mineral. Sayangnya, susu tergolong berat untuk dicerna.

Maka, tak sembarangan makanan bisa dikonsumsi begitu saja bareng susu. Sebab jika tidak, risiko yang terjadi mulai dari mulas, bahkan infeksi perut.

Berikut ini MomsMoney hadirkan deretan makanan yang tak boleh dikonsumsi bareng susu.

Baca Juga: 9 Makanan Kontradiktif yang Tak Boleh Disantap Bersama Buah Jeruk

Susu dengan Jeruk & Lemon

Tanaman Berbuah

Jeruk & lemon adalah makanan yang tak boleh dikonsumsi bareng susu. Sebab susu membutuhkan waktu lebih lama dicerna.

Maka jika mengonsumsi susu bareng dengan lemon/jeruk, susu yang telah dicerna tadi akan menggumpal dalam pencernaan. Inilah sebabnya rata-rata orang yang mengonsumsi keduanya secara berbarengan akan mengalami mulas & kentut.

Jika terpaksa harus mengonsumsi keduanya, maka disarankan untuk minum susu minimal 2 jam setelah makan jeruk.

Baca Juga: Konsumsi Rutin, Ini 5 Minuman Detoks yang Bikin Lemak Perut Hancur

Susu dengan Melon

Melon adalah buah yang kaya akan kandungan air. Sementara susu memiliki sifat pencahar. Jika melon dan susu dikonsumsi berbarengan, maka akan memicu masalah lambung, dikutip dari Times of India.

Susu dengan Ikan

salmon mentai rice

Baca Juga: Deretan Obat yang Timbulkan Reaksi Buruk Jika Dikonsumsi Bareng Vitamin D

Susu tak boleh dikonsumsi bareng ikan.  Hal ini karena susu memiliki efek mendinginkan perut, sementara ikan memiliki efek memanaskan.

Kombinasi kedua makanan & minuman ini menciptakan ketidakseimbangan yang bisa menyebabkan perubahan kimiawi dalam tubuh.

“Jangan pernah makan ikan dan semua jenis daging dengan susu, karena dapat sebabkan masalah pencernaan & rasa berat pada perut,” ujar Dr Pritam Moon, seorang dokter konsultan di RS Wockhardt yang dikutip melalui Health Shot.

Susu dengan Pisang

Kombinasi susu dengan pisang adalah dua hal buruk, karena keduanya adalah jenis makanan yang berat & membutuhkan waktu lama untuk dikonsumsi sehingga perut akan merasa kelelahan.

Meski nilai gizi kedua makanan ini sama-sama baik, namun makanlah pisang & susu dalam waktu yang berbeda, agar gizinya dapat terserap baik oleh tubuh tanpa saling mempengaruhi.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Matahari Terbenam, Kok Bisa?

Susu dengan Keju & Yogurt

Keju & yogurt adalah 2 jenis makanan yang tak boleh dikonsumsi bareng susu. Ini karena keju & yogurt adalah produk fermentasi yang bisa menghalangi saluran pencernaan dalam tubuh jika dikonsumsi bareng susu.

Kombinasi susu dengan kedua makanan ini bisa memperburuk kesehatan, memungkinkan terjadinya infeksi & masalah usus, dikutip dari The Wellness Corner.

Susu dengan lobak

Lobak

Baca Juga: Tips Menyimpan Aneka Buah dan Sayuran Agar Awet, Ada yang Tak Bisa Digabung!

Umumnya lobak tak memiliki efek samping apapun saat dikonsumsi. Namun apabila lobak dikonsumsi bersamaan dengan susu, maka hal ini akan menghasilkan panas sehingga dapat menunda proses pencernaan.

Kedua makanan ini sangat kontradiktif sehingga butuh waktu minimal 2 jam agar tak terjadi efek samping yang dirasakan tubuh.

Susu dengan makanan kaya protein

Resep Tempe Tahu Bacem

Baca Juga: 7 Perbedaan Matcha dan Green Tea, dari Rasa hingga Kandungannya

Dilansir dari Food NDTV, protein & susu sangat dilarang dikonsumsi berbarengan karena dapat membebani perut serta menyebabkan kenaikan berat badan.

Seorang ahli gizi bernama Anshul Jaubharat mengatakan bahwa susu & makanan berprotein terlalu berat bagi pencernaan sehingga bisa saja seseorang mengalami masalah pencernaan jika tak kuat mencernanya.

Namun susu & protein sangat disarankan untuk orang-orang yang sedang ingin menambah masa otot.

Itu dia deretan makanan yang tak boleh dikonsumsi bareng susu untuk mencegah terjadinya gas hingga infeksi pada perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News