Bugar

Tidak Hanya Makan Lebih Sering, Ini Tips Menambah Berat Badan dengan Cepat!

Tidak Hanya Makan Lebih Sering, Ini Tips Menambah Berat Badan dengan Cepat!

MOMSMONEY.ID - Ikuti tips menambah berat badan berikut untuk bantu capai berat badan ideal Anda. Apa saja tipsnya?

Menaikkan berat badan bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang, sama halnya dengan menurunkannya. Banyak yang beranggapan bahwa makan lebih sering adalah solusi utama, namun ada berbagai faktor lain yang juga berperan penting.

Bersumber dari Healthline, berikut ini adalah tips menambah berat badan dengan cepat:

1. Meningkatkan asupan kalori

Langkah utama dalam menambah berat badan adalah menciptakan surplus kalori. Artinya, mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Untuk penambahan berat badan yang perlahan namun konsisten, tambahkan 300-500 kalori dari kebutuhan harian Anda. Jika ingin menambah berat badan dengan lebih cepat, targetkan penambahan 700-1.000 kalori.

Baca Juga: Cobalah Olahraga untuk Menaikkan Berat Badan Berikut

2. Tingkatkan asupan protein

Mengonsumsi protein yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Sebuah studi menunjukkan bahwa peningkatan protein dapat membantu meningkatkan massa otot tanpa lemak.

Asupan protein yang direkomendasikan berkisar antara 1 hingga 1,6 gram per kilogram berat badan per hari, dan bisa aman hingga 2 gram per kilogram. Namun, konsumsi protein yang berlebihan juga dapat menimbulkan risiko, termasuk potensi peningkatan risiko penyakit jantung. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan asupan protein yang tepat bagi Anda.

3. Tingkatkan asupan karbohidrat dan lemak

Untuk menambah berat badan, sangat penting untuk mengonsumsi cukup karbohidrat dan lemak. Berbeda dengan strategi penurunan berat badan yang sering membatasi kedua elemen ini, menambahkan keduanya dalam jumlah yang cukup dapat membantu dalam menambah berat badan. Pastikan untuk makan setidaknya tiga kali sehari dan tambahkan camilan padat energi bila mungkin.

Baca Juga: 3 Olahan Tempe untuk Diet Ini, Turunkan Berat Badan dengan Mudah

4. Konsumsi makanan padat energi

Mengutamakan makanan yang tinggi kalori relatif terhadap beratnya bisa membantu. Contohnya termasuk kacang-kacangan, buah kering, susu tinggi lemak, lemak dan minyak seperti minyak zaitun, biji-bijian, daging, umbi-umbian, dan makanan padat energi lainnya seperti cokelat hitam dan selai kacang.

Penting juga untuk mencatat bahwa mengonsumsi terlalu banyak sayuran dan buah mungkin perlu dihindari jika menambah berat badan adalah tujuan utama Anda, karena serat dalam buah dan sayuran bisa membuat Anda cepat kenyang.

Selain tips di atas, terdapat pula tips menambah berat badan tambahan lainnya sebagai berikut:

  • Hindari minum air sebelum makan karena dapat membuat Anda cepat kenyang dan mengurangi kemampuan untuk mengonsumsi kalori yang cukup.
  • Usahakan untuk menyempatkan makan tambahan atau camilan kapan saja, termasuk sebelum tidur, untuk meningkatkan asupan kalori.
  • Minum susu secara teratur merupakan cara mudah untuk menambah asupan protein dan kalori yang berkualitas.
  • Menggunakan shake yang kaya akan protein, karbohidrat, dan kalori bisa sangat membantu bagi mereka yang kesulitan menaikkan berat badan.
  • Menggunakan piring yang lebih besar dapat membantu Anda mengonsumsi lebih banyak kalori, karena piring yang lebih kecil cenderung membuat orang makan lebih sedikit.
  • Menambahkan krim ke kopi adalah cara sederhana untuk meningkatkan asupan kalori harian.
  • Suplemen creatine monohydrate terkenal dapat membantu meningkatkan massa otot.
  • Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk pertumbuhan dan pemulihan otot.
  • Saat makan, prioritaskan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan kaya protein terlebih dahulu, dan makanan yang kaya serat seperti sayuran mentah terakhir.
  • Merokok diketahui berkaitan dengan berat badan yang lebih rendah, dan berhenti merokok seringkali dikaitkan dengan kenaikan berat badan.

Demikianlah tips menamban berat badan yang dapat Anda coba. Dengan mengikuti tips ini, Anda bisa menambah berat badan dengan cara yang sehat dan efektif. Ingatlah bahwa kesehatan harus selalu menjadi prioritas utama, baik ketika menurunkan maupun menaikkan berat badan. Semoga bermanfaat, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News