Keluarga

6 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Matahari Terbenam, Kok Bisa?

6 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Matahari Terbenam, Kok Bisa?

MOMSMONEY.ID - Ternyata ada banyak jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi setelah matahari terbenam hingga tengah malam.

Melansir Jain Knowledge, jam biologis tubuh manusia diatur berdasarkan matahari terbit hingga terbenam.

Saat di siang hari, proses pencernaan sedang bekerja pada puncaknya. Sebaliknya, makanan yang dikonsumsi pada malam hari tidak dapat dicerna karena tak ada sinar matahari & aktivitas tubuh sedang menurun. Akibatnya, laju metabolisme dapat terhambat berjam-jam lamanya.

Baca Juga: 6 Langkah Cepat Hilangkan Rasa Terbakar pada Tangan Akibat Mengiris Cabe

Melansir DNA India, terdapat 4 alasan singkat mengapa ada makanan yang tak boleh dikonsusmsi saat malam hari, yakni:

  1. Metabolisme tubuh melambat pada waktu malam
  2. Tubuh tak cukup waktu untuk dapat beristirahat
  3. Berpengaruh pada gaya hidup & pola makan
  4. Makan di malam hari biasanya disebabkan karena stres, bukan karena rasa lapar

Para ahli menyarankan untuk tidak makan setidaknya 3-4 jam sebelum tidur supaya makanan dapat dicerna dengan baik sebelum waktunya tidur malam.

Bahkan melalui sebuah penelitian Hongkong membuktikan bahwa orang yang makan pada sore hari lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung, daripada makan di malam hari.

Karena alasan itulah, menurut ilmu kesehatan India, ada beberapa jenis makanan yang dilarang dikonsumsi mulai saat matahari terbenam hingga tengah malam. Apa sajakah itu? Simak yang berikut ini.

Baca Juga: Trik Food Pairing Buah, Metode Padu Padan Makanan yang Ciptakan Rasa Berbeda

makanan yang dilaran dikonsumsi setelah matahari terbenam

Makanan pedas

Melansir dari Times of India, para ahli sepakat berpendapat bahwa makanan pedas tak boleh dikonsumsi saat malam hari. Penyebabnya karena makanan ini bisa mengiritasi sistem pencernaan & menyebabkan naiknya asam lambung & mulas.

Makanan pedas juga dapat meningkatkan suhu tubuh yang membuat Anda akan kesulitan saat tidur malam.

Baca Juga: 6 Tips Ambil Foto Makanan yang Cantik Menggunakan Teknik Food Photography

Makanan berlemak

Makanan berlemak yang dikonsumsi pada malam hari dapat membuat sistem pencernaan kita bekerja lebih berat hingga larut malam, yang justru akan membuat tubuh tak melakukan istirahat sebagaimana mestinya.

Brokoli & kembang kol

Meski tergolong ke dalam makanan sehat, namun mengonsumsi sayuran cruciferous di malam hari ternyata tak baik untuk kesehatan tubuh, lho!

Sayuran ini mengandung karbohidrat kompleks & serat yang membuat pencernaan mencerna makanan ini jauh lebih lama. Tentu mengonsumsinya menyebabkan kembung & gangguan pencernaan di malam hari.

Baca Juga: Jangan Simpan di Pintu Kulkas, Ini Cara Tepat Simpan Susu Agar Tak Cepat Basi

Minuman berkafein

Kita semua tahu bahwa minuman berkafein dapat memperlambat rasa kantuk, sehingga konsumsinya dibatasi dari beberapa jam sebelum matahari terbenam di waktu magrib.

Kafein dapat mengganggu siklus tidur hingga bangun alami tubuh. Mengonsumsi kafein (teh, kopi, minuman berenergi, dll) saat sore hari dapat menurunkan kualitas tidur seharian.

Makan besar

Hindari makan terlalu banyak atau mengonsumsi karbohidrat setelah magrib tiba. Ini akan membebani perut & menyebabkan rasa tidak nyaman seperti munculnya kembung hingga refluks.

Jika ingin tetap makan setelah sore hari, Fakaza News menyarankan untuk mengonsumsi makanan ringan dengan porsi sedikit hanya untuk mengganjal perut & tak berlebihan.

Baca Juga: 5 Metode Memasak Makanan yang Bikin Gizi Tak Hilang Saat Dimasak

Makanan asam

Makanan asam seperti buah jeruk, tomat, hingga santan bila dipaksakan dikonsumsi saat malam hari, maka akan menyebabkan mulas berlebihan. Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan tersebut saat pagi hari saja.

Itulah deretan makanan yang tak boleh dikonsumsi setelah matahari terbenam di waktu petang, untuk mencegah penyakit pada sistem percernaan bermunculan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News