Keluarga

7 Makanan Murah Pembentuk Otot, Rutin Konsumsi setelah Olahraga

7 Makanan Murah Pembentuk Otot, Rutin Konsumsi setelah Olahraga

MOMSMONEY.ID - Ada banyak makanan murah pembentuk otot yang bisa Anda konsumsi setiap kali beres olahraga.

Membentuk otot wajib disertai dengan olahraga rutin & mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Dengan begitu, masa otot dalam tubuhmu akan berkembang.

Tapi tak perlu mahal, Anda tetap dapat membentuk otot hanya dengan mengonsumsi makanan murah yang berikut ini. Dilansir dari Healthline dan She Find, ini dia selengkapnya.

Baca Juga: 5 Sayuran Murah yang Ampuh Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes, Konsumsi Rutin!

Tahu

tahu mentah

Tahu merupakan salah satu makanan pembentuk otot yang juga sering digunakan sebagai pengganti daging-dagingan.

Setiap kotak tahu berukuran 124 gram mengandung 10 gram protein, 6 gram lemak, dan 2 gram karbohidrat, dilansir dari Healthline.

Tahu juga telah terbukti sebagai sumber kalsium yang penting untuk fungsi otot dan kesehatan tulang.

Baca Juga: Tips Atur Pola Makan untuk Usia di Atas 40 Tahun, Makin Sehat dan Bugar!

Susu

Susu menyediakan campuran protein, karbohidrat, dan lemak yang dapat membuat otot lebih mudah terbentuk jika rutin dikonsumsi.

Faktanya, beberapa penelitian yang dilansir dari Healthline, menunjukkan bahwa orang dapat meningkatkan massa ototnya ketika rutin minum susu & latihan angkat beban.

Greek Yogurt

Greek Yogurt atau yogurt Yunani adalah salah satu makanan pembentuk otot terbaik yang bagus dikonsumsi setiap pagi. Selain bagus untuk usus, makanan ini juga dapat membantu menurunkan berat badan & retensi otot.

Greek Yogurt mengandung 2x lipat jumlah protein lebih banyak dibandingkan yogurt biasa. Disarankan untuk mengonsumsinya pada pagi hari atau setelah olahraga untuk membentuk otot.

Baca Juga: Jadi Makanan Nasional Korea, Intip Manfaat Kimchi yang Bagus untuk Jantung

Telur

Telur rebus

Baca Juga: Bikin Tumbuh Pesat, Beri Anak 5 Makanan Penumbuh Tinggi Badan Ini

Telur adalah salah satu sarapan klasik dan paling serbaguna. Telur dikenal akan proteinnya yang tinggi sehingga telur dapat dijadikan sebagai makanan pembentuk otot yang baik untuk tubuh.

Menambah telur dalam setiap porsi makananmu di pagi hari adalah salah satu cara terbaik meningkatkan asupan protein untuk membentuk otot. Tapi jangan lupa dibarengi dengan olahraga, ya!

Dada ayam

Dada ayam mengandung protein yang sangat tinggi. Di setiap 85 gram dada ayam, mengandung sekitar 26,7 gram protein di dalamnya.

Protein tinggi yang terkandung dalam dada ayam membuatnya menjadi makanan pembentuk otot terbaik yang cocok Anda terapkan apabila melakukan diet sehat dan olahraga rutin.

Baca Juga: 4 Makanan Murah yang Ampuh Mencegah Diabetes, Konsumsi Lebih Sering!

Kacang-kacangan

Kacang tanah mengandung campuran protein, lemak, dan karbohidrat yang berguna sebagai makanan pembentuk otot. Dalam 28 gram kacang, terdapat 7 gram protein, 6 gram karbohidrat, dan sejumlah lemak tak jenuh.

Jika Anda kesulitan mendapatkan kalori yang cukup untuk mendorong pembentukan otot, makan kacang bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan kalori dan nutrisi tambahan.

Beras merah

Beras Merah

Baca Juga: Perbedaan Ubi vs Kentang, Manakah yang Lebih Baik untuk Penderita Diabetes?

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi beras merah beberapa jam sebelum melakukan olahraga. Hal ini dapat memberikan tubuh sebuah rangsangan yang membuat pertumbuhan otot semakin pesat.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen protein beras dapat menghasilkan penambahan otot sebanyak ketika mengonsumsi protein whey selama program latihan angkat beban.

Jika Anda sedang ingin membentuk otot, jangan lupa konsumsi berbagai makanan murah di atas dan rutin konsumsi setiap beres melakukan olahraga.

Selanjutnya: BI-Rate Berpotensi Turun Mulai Semester II-2024 dengan Total Penurunan 50 Bps

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News