Keluarga

Bikin Tumbuh Pesat, Beri Anak 5 Makanan Penumbuh Tinggi Badan Ini

Bikin Tumbuh Pesat, Beri Anak 5 Makanan Penumbuh Tinggi Badan Ini

MOMSMONEY.ID - Selain genetik dan hormon, ternyata tinggi badan anak juga dipengaruhi oleh asupan gizi yang dikonsumsinya selama masa pertumbuhan.

Penelitian pada tahun 2016 yang dilansir dari Medical News Today mengatakan, nutrisi adalah faktor gaya hidup terpenting yang dapat memengaruhi tinggi badan, selain berolahraga.

Lantas, apa sajakah jenis makanan yang dapat menambah tinggi badan anak? Mengutip dari Times of India, Gritzo, dan Mom Juction, berikut selengkapnya.

Baca Juga: Bermanfaat Tinggi Bagi Ibu Hamil, Ini Makanan yang Tinggi akan Kandungan Asam Folat!

Ikan

Ikan salmon

Ikan sangat berperan penting dalam pertumbuhan tinggi badan anak. Ini disebabkan ikan mengandung asam lemak Omega-3, zat besi, kalsium, fosfor, dan vitamin yang penting.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2017 yang dilansir dari Times of India, asam lemak omega-3 memainkan peran kunci dalam tumbuh kembang anak, sekaligus meningkatkan fungsi kognitif, kesehatan tubuh, dan sistem kekebalan imun.

Baca Juga: Ini Ciri-ciri & Gejala Anak Terkena Pneumonia, Penyakit yang Serang Pernapasan

Kedelai

Kedelai adalah salah satu jenis makanan yang kerap diremehkan. Padahal, kedelai yang diolah jadi aneka makanan dapat menjadi penambah tinggi badan anak yang signifikan.

Olahan kedelai seperti tahu, tempe, hingga susu kedelai merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain itu, kedelai juga mengandung folat, karbohidrat, serat, serta vitamin yang mampu memaksimalkan tinggi badan anak.

Daging merah

Daging merah dan daging putih

Baca Juga: 5 Tanda Tubuh Kekurangan Serat, Salah Satunya Selalu Merasa Lapar

Makanan penambah tinggi badan anak selanjutnya adalah daging merah. Daging merah itu sendiri meliputi daging sapi-daging kambing.

Daging merah kaya akan protein dan beberapa mikronutrien, termasuk zat besi yang penting untuk mencegah anemia.

Anemia itu sendiri dapat menyebabkan tubuh mudah lesu, serta dapat memengaruhi tumbuh kembang anak, termasuk pertumbuhan tinggi badannya.

Makanan olahan susu

Selain susu, makanan olahan susu juga tergolong ke dalam makanan penambah tinggi badan anak. Makanan seperti keju, yogurt, krim kocok, hingga es krim kaya akan protein, kalsium, serta vitamin A, B, D, dan E.

Mendapat kalsium yang cukup sangat penting bagi tumbuh kembang anak, terutama saat sedang mengalami pubertas.

Baca Juga: 5 Makanan Murah yang Ampuh Cegah Stunting Pada Anak, Ibu Baru Wajib Simak!

Sayuran berdaun

sayur bayam

Anak moms intoleran laktosa sehingga tak bisa minum susu sapi? Tenang, sayuran berdaun bisa jadi solusinya,

Sayuran berdaun merupakan salah satu jenis makanan penambah tinggi badan anak. Sayuran berdaun adalah sumber kalsium serta vitamin K yang ramah untuk penderita intoleransi laktosa.

Beberapa sayuran berdaun tersebut di antaranya kangkung, bayam, bok coy, lobak, sawi, hingga selada air.

Itu dia beberapa macam makanan yang penambah tinggi badan anak. Jadi, pastikan anak selalu mengonsumsi aneka makanan sehat seperti yang telah disebutkan di atas.

Selanjutnya: Europe Agrees Landmark AI Regulation Deal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News