Keluarga

Tips Atur Pola Makan untuk Usia di Atas 40 Tahun, Makin Sehat dan Bugar!

Tips Atur Pola Makan untuk Usia di Atas 40 Tahun, Makin Sehat dan Bugar!

MOMSMONEY.ID - Pola makan jadi semakin rentan ketika memasuki usia 40 tahun.

Sedikit banyaknya, pola makan akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, terutama hal-hal vital seperti kolesterol, asam urat, hingga jantung.

Tapi Anda belum terlambat untuk mulai mengubah pola makan dari sekarang. Coba ikuti tips atur pola makan yang dilansir dari India Times dan Family Doctor.

Perkuat Tulang

Usia 40 tahun ke atas masih belum terlambat jika anda masih ingin mengubah pola makan dengan memperkuat tulang untuk mempersiapkan hal-hal sulit di masa tua.

Anda masih bisa mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalsium untuk memperkuat fondasi tulang dalam tubuh. Makanan tersebut di antaranya seperti susu, sarden, almond, dan salmon.

Baca Juga: Cegah Serangan Jantung dan Stroke, Konsumsi 7 Sayuran Murah Penurun Kolesterol

Rutin minum yogurt

yogurt

Baca Juga: 4 Makanan dan Minuman Alami yang Bisa Membersihkan Usus dari Racun

Seiring berjalannya usia, bakteri baik dalam pencernaan semakin berkurang. Sementara bakteri baik ini sangat berpengaruh untuk kelancaran buang air besar hingga menyambut masa menopause.

Dengan mengonsumi yogurt Anda dapat memperlancar sistem pencernaan sehingga kesehatannya dapat

Metabolisme Tubuh

Beranjak ke usia di atas 40 tahun, metabolisme tubuh semakin berjalan lambat. Akibatnya, lemak banyak menumpuk di bagian tubuh tertentu, khususnya perut.

Maka, mulailah ubah pola hidup yang baik seperti rutin berolah raga agar lemak tidak terus menumpuk di area tertentu saja. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan pola makan sehat.

Upayakan untuk makan teratur sesuai jam makan dengan porsi protein yang lebih banyak & karbohidrat yang lebih sedikit. Protein mampu membantu anda untuk mempertahankan massa otot & tidak makan berlebihan.

Baca Juga: 6 Buah Unik dari Korea Selatan, Punya Bentuk dan Warna yang Khas

Makan Tepat Waktu

Seperti yang disinggung sebelumnya, makan tepat waktu berguna untuk menjaga metabolisme tubuh bagi yang ingin menerapkan pola hidup baik di usia 40 tahun ke atas.

Pasalnya, makan terlambat dapat membuat metabolisme tubuh jadi melambat yang mengakibatkan berbagai penyakit seperti diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung.

Diet makanan mentah

Baca Juga: 6 Jenis Kimchi yang Paling Populer dan Disukai Masyarakat Korea

Jangan Diet

Tahukan anda, di usia 40 tahun ke atas wanita berpotensi kehilangan massa otot 2 kali lebih besar dibandingkan pria. Itu sebabnya wanita di usia ini memiliki perut yang buncit, karena otot inti yang menopang perut perlahan menghilang.

Hindari 2 hal besar yang berpotensi menghilangkan otot tubuh anda, di antaranya adalah tidak berolah raga dan melakukan diet.

Melakukan diet hanya akan membuat tubuh anda kekurangan nutrisi, sehingga proses pembentukan otot jadi terhambat.

Itulah tips atur pola makan di atas 40 tahun yang wajib Anda ikuti jika ingin tubuh jadi sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News