Keluarga

7 Makanan Berwarna Ungu di Seluruh Dunia, Tampilannya Cantik Menyegarkan Mata

7 Makanan Berwarna Ungu di Seluruh Dunia, Tampilannya Cantik Menyegarkan Mata

MOMSMONEY.ID - Warna ungu selalu terlihat cantik pada semua benda, tak terkecuali makanan. Inilah daftar makanan berwarna ungu di seluruh dunia.

Tak disangka-sangka, nyatanya ada begitu banyak makanan berwarna ungu di dunia ini. Rata-rata makanan ungu ini berasal dari buah & sayuran.

Warna ungu yang muncul pun biasanya berasal dari sebuah zat bernama antosianain yang baik untuk tubuh.

Untuk melihat apa sajakah makanan berwarna ungu yang ada di dunia, mari simak artikel berikut ini yang dilansir dari Color Explained dan Chefs Pencil, selengkapnya.

Baca Juga: Daftar 7 Makanan Berwarna Hitam yang Ada di Dunia, Semua Punya Kesan Mewah

Terong

Terong

Ketika membahas tentang makanan berwarna ungu, terong adalah makanan pertama yang terlintas di pikiranmu, bukan?

Terong si sayuran ungu ini kaya akan antioksidan, mangan, dan mineral penting yang berguna untuk kesehatan tulang & metabolisne.

Kulit terong pun memiliki kandungan antosianin nasunin yang terbukti memiliki sifat anti-inflamasi & pelindung jantung yang baik.

Baca Juga: 5 Jenis Sosis Jerman Paling Ikonik dan Terkenal di Dunia, Wajib Coba Semua

Pink Mizuna

Pink mizuna adalah sayuran berdaun ungu tua yang diperkenalkan ke wilayah Amerika pada abad ke-19 oleh para imigran Jepang.

Mizuna sendiri biasa dimasak dan dihidangkan untuk sajian salad. Mizuna adalah anggota keluarga Cruciferous yang meliputi aneka sayuran seperti brokoli, kale, dan kubis.

Ubi ungu

Ubi ungu punya rasa yang lebih manis dibandingkan varian ubi berwarna oranye/kuning. Sama seperti namanya, jenis ubi yang satu ini berwarna ungu mulai dari kulit luar sampai ke daging bagian dalamnya.

Ubi ungu memiliki serat & kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Makanan ungu yang satu ini juga menyediakan 100% kebutuhan harian vitamin A & C untuk orang dewasa.

Baca Juga: 8 Sambal Nusantara yang Cocok Jadi Teman Makan Ayam-Ikan Goreng

Acai berry

Makanan berwarna ungu: Acai berry

Pernah dengan acai berry? Acai berry adalah buah berwarna ungu asal Brazil yang rasanya lezat. Buah ini punya banyak fungsi baik untuk tubuh, termasuk meningkatkan fungsi kognitif, menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Acai berry yang berwarna ungu cerah mengandung vitamin C, serat, dan antosianin yang berkonsentrasi tinggi. Buah ini paling sering dijadikan jus ataupun smoothie.

Baca Juga: Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan, 5 Makanan Sehat Ini Bisa Berubah Jadi Racun

Markisa

Makanan berwarna ungu: Markisa

Markisa adalah buah tropis yang memiliki cangkang berwarna ungu. Rasanya sedikit asam dan manis, memiliki daging yang lembut & punya biji renyah.

Buah markisa mengandung piceatannol, zat antioksidan polifenol yang difungsikan untuk kesehatan kulit.

Sebuah penelitian, dalam Color Explained, yang dilakukan pada 32 wanita berkulit kering menunjukkan bahwa piceatannol meningkatkan kelembapan kulit mereka setelah mengonsumsi 5 mg zat tersebut selama 8 minggu.

Baca Juga: 5 Makanan Teraneh dan Paling Menjijikkan di Dunia, Semuanya Bikin Bergidik

Kubis ungu

Kandungan warna ungu pada kubis ungu berasal dari zat antosianin. Zat ini merupakan bagian dari antioksidan yang memberikan sayuran tersebut nutrisi yang banyak.

Makanan berwarna ungu yang satu ini akan memberi Anda efek anti-inflamasi, serat, dan juga berbagai jenis vitamin yang baik untuk tubuh.

Teh bunga telang

Teh Herbal Bunga Telang

Menawarkan warna yang begitu cantik, teh bunga telang sering disajikan untuk berbagai macam hidangan, mulai dari minuman teh kekinian, hingga dijadikan pewarna makanan.

Betapa tidak, warna ungu dari teh bunga telang sangat cantik dan unik jika dibandingkan dengan warna teh lainnya.

Itulah daftar aneka makanan berwarna ungu yang punya warna super cantik. Sudahkah Anda mencoba semua makanan di atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News