Keluarga

Daftar 7 Makanan Berwarna Hitam yang Ada di Dunia, Semua Punya Kesan Mewah

Daftar 7 Makanan Berwarna Hitam yang Ada di Dunia, Semua Punya Kesan Mewah

MOMSMONEY.ID - Pernah menyantap makanan serba hitam? Makanan berwarna hitam berikut ini ada yang tumbuh secara alami, ada pula yang merupakan olahan tangan manusia.

Meski warna hitam selalu diidentikkan dengan konotasi negatif, namun khusus dalam dunia kuliner, warna hitam selalu identik dengan rasa yang eksklusif & mewah.

Penasaran apa sajakah makanan berwarna hitam ini? Mari simak daftar aneka makanan berwarna hitam yang ada di dunia, dilansir dari Lacademie selengkapnya.

Baca Juga: 5 Makanan Teraneh dan Paling Menjijikkan di Dunia, Semuanya Bikin Bergidik

Anggur hitam

Anggur hitam

Sesuai dengan namanya, anggur hitam termasuk salah satu makanan berwarna hitam yang telah tumbuh selama lebih dari 6000 tahun. Buah ini diduga pertama kali ditanam oleh orang Asia & Eropa.

Anggur hitam punya rasa yang manis-tajam, dengan tekstur super lembut di mulut. Anggur hitam dikatakan sebagai jenis anggur hitam paling menyehatkan karena memiliki kandungan gizi paling tinggi daripada jenis anggur lainnya.

 

Baca Juga: Ragam Deretan Mie Ala Korea yang Sering Muncul di Drakor dan Film Korea

Black corn

Jika biasanya jagung berwarna kuning cerah, maka jagung yang satu ini berwarna hitam. Bernama “black corn”, jenis makanan ini sebenarnya memiliki spektrum warna ungu tua kehitaman, sehingga warna aslinya tak benar-benar hitam.

Black corn dinilai jauh lebih halus & lembut dibandingkan varian jagung kuning. Namun untuk rasa manisnya dinilai sama persis.

Chia seeds

Chia seeds atau biji chia memiliki warna hitam & berbentuk lonjong. Chia seeds sendiri telah banyak digunakan untuk berbagai resep kuliner seperti smoothie, puding, saus salad, dan makanan lainnya.

Baca Juga: 8 Bahan Makanan Pengganti Cabai yang Menghasilkan Sensasi Rasa Pedas

Black caviar

Makanan Berwarna Hitam di Dunia: Black caviar

Black caviar adalah salah satu makanan berwarna hitam yang wajib Anda coba sekali seumur hidup.

Kaviar sendiri sendiri merupakan telur ikan sturgeon yang diambil dan diolah menjadi makanan. Kaviar hitam sangat terkenal di wilayah Laut Hitam & Laut Kaspia.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang menamakan telur ikan bandeng, salmon, hering, hingga trout sebagai “kaviar”.

Baca Juga: 6 Cara Cepat Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Karena Mengiris Cabe

Pasta hitam

Makanan Berwarna Hitam di Dunia: Pasta Hitam

Pasta hitam atau black pasta jadi salah satu primadona karena warnanya yang eye-catching dan berkesan. Warna hitamnya itu sendiri berasal dari tinta cumi.

Di Indonesia, terdapat beberapa restoran & café yang menjual hidangan pasta berwarna hitam sebagai salah satu sajian menu utama.

Baca Juga: Bikin Pusing hingga Mual, Ternyata Ini 6 Makanan Paling Bau di Dunia Selain Durian

Century Egg dari China

Makanan Paling Bau di Dunia: Century Egg

Century Egg merupakan sebuah hidangan asal negeri Panda, China, berupa telur hitam yang berbau busuk. Baunya ini mirip seperti bau amoniak yang khas.

Untuk dapat membuat Century egg, telur harus dilapisi dengan air, garam, batu bara, dan kalsium oksida yang dibiarkan selama 100 hari. Lama kelamaan cangkang telur akan larut dengan sendirinya & membuat putih telur berubah menjadi kehitaman!

Sebagian orang yang pernah menyantap menu telur hitam mengatakan bahwa hidangan ini enak. Sebagian lagi ada yang jatuh sakit karena tak kuat dengan rasa & aromanya.

Baca Juga: 5 Jenis Jamur Asal Jepang yang Biasa Diolah dalam Aneka Masakan Jepang

Jamur Chaga

Makanan Berwarna Hitam di Dunia: Jamur chaga

Jamur chaga adalah salah satu makanan berwarna hitam yang tumbuh di batang pohon Birch. Jamur hitam ini biasa muncul di daerah beriklim dingin seperti Rusia, Siberia, Eropa, Kanada Utara, dan Korea.

Warna hitam pada jamur chaga berasal dari kandungan melaninnya yang tinggi. Jika dicicipi, maka Anda akan merasakan rasa Pahang/bersahaja & sedikit pahit dalam mulut.

Baca Juga: 6 Jenis Maki Sushi Ala Jepang Berdasarkan Ukuran dan Penyajiannya

Faktanya, orang Finlandia pernah menggunakan jamur hitam Chaga untuk menggantikan kopi 60 tahun lalu

Mengkonsumsi Chaga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah peradangan. Selain itu juga mencegah kanker dan menurunkan kolesterol.

Fakta menarik lainnya adalah DNA Chaga 30% lebih mirip dengan DNA manusia dibandingkan DNA tanaman lainnya.

Itulah daftar deretan makanan berwarna hitam yang ada di dunia ini. Sudahkah Anda mencoba seluruhnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News