Keluarga

7 Cara Menghilangkan Warna Ketiak Hitam Jadi Cerah, Tak Malu Pakai Baju Apapun

7 Cara Menghilangkan Warna Ketiak Hitam Jadi Cerah, Tak Malu Pakai Baju Apapun

MOMSMONEY.ID - Malu karena punya ketiak hitam? Coba cara menghilangkan warna ketiak hitam menjadi cerah berikut ini/

Ketiak hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal. Dilansir dari Be Body Wise, penyebab ketiak hitam disebabkan oleh kadar kortisol serum meningkat.

Lalu, akibatpenggunaan deodorant yang mengandung alkohol, mencukur bulu ketiak, gesekan pakaian, hingga hormon yang tak seimbang.

Ketiak hitam tentunya membuat sebagian orang, terutama wanita, jadi kurang percaya diri ketika memakai pakaian tertentu.

Supaya ketiak Anda jadi terlihat bersih dan cerah, ada beberapa tips yang bisa Anda coba, ini dia.

Baca Juga: Bukan Cuma Roll-on Saja, Kenali 5 Jenis Deodoran Lainnya di Sini

Tea tree oil

tips mencerahkan kulit ketiak hitam

Tea tree oil bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk hilangkan warna ketiak hitam tanpa memerlukan bahan kimia berbahaya.

Dikutip dari Be Beautiful India, sifat anti-mikroba minyak ini dapat menghilangkan bau tak sedap akibat adanya mikroba pada ketika. Tea tree oil juga dapat mencerahkan ketiak.

Caranya, tambahkan tea tree oil dengan sedikit air untuk mengencerkannya, lalu tuangkan ke botol semprot kosong. Semprotkan ketiak dengan minyak ini secara rutin. Ulangi proses setiap hari agar hasilnya dapat terlihat.

Baca Juga: Baking Powder, Baking Soda, dan Soda Kue, Apa Persamaan dan Perbedaannya?

Soda kue

Soda kue juga dapat mencerahkan ketiak yang berwarna hitam. Sebab soda kue dikenal sebagai eksfoliator yang bisa membuat pori-pori tersumbat dapat terbuka.

Melansir dari Be Body Wise, caranya dengan mencampurkan 4 sendok makan soda kue dengan 1 sendok makan air mawar, aduk rata. Ambil bola kapas dan oleskan pada ketiak yang gelap. Bilas setelah 5 menit pemakaian.

Kentang

Perbedaan Ubi vs Kentang

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Makanan Jepang Jadi Makanan Menyehatkan di Dunia

Kentang dikenal sebagai bahan pemutih alami, termasuk untuk memutihkan ketiak yang berwarna gelap.

Beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya dengan membuat jus kentang, kemudian peras hingga tersisa airnya. oleskan pada ketiak yang menghitam menggunakan bola kapas.

Setelah 10 menit pemakaian, jangan lupa bilas ketiak hingga bersih.

Jus lemon

Tak cuma dipakai untuk mencerahkan kulit wajah, lemon juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam.

Mengutip dari Hindustan Times, caranya dengan mengoleskan perasan lemon & didiamkan selama 1015 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Pemakaian rutin akan membuat kulit ketiak jadi cerah karena kandungan asam sitrat yang memutihkan kulit secara alami.

Baca Juga: Calon Pengantin Wanita, Ini yang perlu Anda Lakukan Seminggu Sebelum Pernikahan

Gel lidah buaya

Gel Lidah Buaya

Baca Juga: 5 Cara Memutihkan Leher Hitam yang Mudah dan Efektif, Coba yuk

Selain memberi efek menenangkan, gel lidah buaya dapat menghambat enzim yang bertanggung jawab terhadap sintesis pigmen, penyebab ketiak jadi gelap.

Gel lidah buaya dapat dioleskan & dipijat lembut di area ketiak secara rutin untuk dapatkan hasil maksimal ketiak jadi cerah & lembut.

Ekstrak kayu manis

Kandungan liquorice pada kayu manis, menurut laman Pharm Easy, diketahui dapat menghambat enzim yang bertanggung jawab dalam sintesis pigmen yang membuat kulit gelap.

Ekstrak kayu manis dalam bentuk apapun bisa membuat ketiak anda jadi kembali cerah hanya dengan mengoleskannya secara rutin.

Baca Juga: 4 Kesalahan Memakai Deodorant Yang Paling Sering Terjadi, Bikin Tambah Bau Badan!

Cuka apel

Cuka apel dikenal sebagai bahan kecantikan yang dapat menghilangkan kulit gelap, terutama ketiak.

Cara menggunakannya yakni dengan mencampurkan cuka apel & soda kue dengan perbandingan 2:2. Aduk rata hingga muncul gelembung.

Setelah gelembungnya berkurang, oleskan pasta tersebut ke ketiak & diamkan selama 20 menit sebelum akhirnya dibilas. Jika dilakukan rutin, ketiak hitam Anda akan berubah menjadi cerah seiring waktu.

Berbagai cara di atas wajib Anda coba supaya warna ketiak hitam berubah cerah dengan bahan alami yang tak membahayakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News