Keluarga

5 Cara Memutihkan Leher Hitam yang Mudah dan Efektif, Coba yuk

5 Cara Memutihkan Leher Hitam yang Mudah dan Efektif, Coba yuk

MOMSMONEY.ID - Kali ini MomsMoney akan membagikan 5 cara memutihkan leher hitam yang mudah dan efektif.

Leher hitam atau acanthosis nigricans merupakan kondisi kulit yang sangat umum terjadi di mana kulit di area leher terlihat lebih gelap daripada bagian tubuh lainnya.

Selain leher, area tubuh lainnya yang juga sering mengalami kondisi ini adalah ketiak, selangkangan, lutut, dan siku.

Meskipun kurang sedap dipandang, jangan lantas mengira jika leher yang kehitaman merupakan tanda bahwa Anda tidak menjaga kebersihan pribadi dengan baik.

Pasalnya, penyebab sebenarnya dari leher yang hitam adalah kadar insulin atau gula darah yang tinggi.

Leher yang hitam juga bisa disebabkan oleh obat kolesterol, kontrasepsi oral, fluktuasi hormonal, hipotiroidisme, serta konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan manis dan bertepung.

Moms, walaupun kulit leher yang hitam tampak tidak berbahaya sama sekali, namun Anda tetap waspada karena kondisi semacam ini bisa menunjukkan beberapa kondisi kesehatan dan medis yang serius.

Sebagai solusi aman, Anda sangat disarankan untuk mengunjungi dokter guna mengetahui kondisi sebenarnya di balik leher Anda yang kehitaman.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif biar Tidak Iritasi, Mudah

Jika kondisi leher yang kehitaman tidak mengarah pada hal-hal yang berbahaya namun merasa sangat tidak nyaman dengan tampilan leher yang seperti itu, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba 5 cara memutihkan leher hitam yang mudah dan efektif, dikutip dari BeBeautiful, ini:

1. Turunkan berat badan

Cara memutihkan leher hitam yang mudah dan efektif pertama yaitu menurunkan berat badan.

Cara terbaik untuk mengobati dan mencegah kehitaman pada leher semakin berkembang adalah mengetahui penyebab yang mendasarinya supaya dapat ditangani dengan tepat.

Jika penyebab leher hitam Anda adalah obesitas atau kadar gula darah yang tinggi, maka mulailah untuk olahraga secara teratur dan turunkan berat badan Anda guna membantu mengatasinya.

Olahraga dan diet yang seimbang tidak hanya akan membantu menurunkan berat badan Anda, tetapi juga menyeimbangkan hormon dan mengurangi kehitaman di area leher.

2. Gunakan krim topikal pencerah leher

Cara memutihkan leher hitam yang mudah dan efektif kedua yaitu menggunakan krim topikal pencerah leher.

Meski sederhana, namun perawatan ini cukup efektif untuk mengatasi leher yang hitam.

Produk krim atau salep topikal khusus untuk mencerahkan leher biasanya mengandung bahan-bahan eksfoliasi seperti glycolic acid, lactic acid, vitamin C, dan bahkan retinol.

Adapun bahan-bahan tersebut bermanfaat untuk membantu pengelupasan kulit secara lembut sekaligus mencerahkan seluruh area leher agar warnanya terlihat lebih merata.

Baca Juga: Kenali 4 Ciri-Ciri Sunscreen Non-Comedogenic, Apa Saja?

3. Manfaatkan cuka sari apel

Cara memutihkan leher hitam yang mudah dan efektif ketiga yaitu memanfaatkan cuka sari apel.

Apabila Anda mencari pengobatan rumahan untuk mencerahkan leher yang hitam, maka cuka sari apel atau apple cider vinegar sangat layak untuk Anda coba. Berkat sifat asam yang dimilikinya, cuka sari apel dapat membantu menyeimbangkan tingkat ph kulit.

Di sisi lain, asam malat dalam cuka sari apel dapat bekerja seperti exfoliator yang lembut untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati serta mengungkap kulit yang lebih lembut, merata, dan bercahaya.

Untuk menggunakan cuka sari apel, Anda bisa mencampurkannya sebanyak 4 sendok makan dengan 2 sendok makan air. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke area leher Anda yang kehitaman dan biarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit berlalu, bilas leher Anda hingga benar-benar bersih menggunakan air dingin.

4. Pakai jus kentang

Cara memutihkan leher hitam yang mudah dan efektif keempat yaitu memakai jus kentang.

Pengobatan rumahan lainnya yang tidak kalah murah dan menakjubkan untuk mencerahkan leher yang hitam adalah mengoleskan jus kentang segar pada area yang kehitaman.

Jus kentang sendiri mengandung catecholase yang berguna untuk mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi selama periode waktu tertentu.

Mula-mula, kupas dan parut kentang guna mengekstrak jusnya. Lalu, rendam kapas dalam jus kentang tersebut dan oleskan pada leher Anda. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Kenali 4 Ciri-Ciri Sunscreen Non-Comedogenic, Apa Saja?

5. Oleskan aloe vera

Cara memutihkan leher hitam yang mudah dan efektif kelima yaitu mengoleskan aloe vera.

Seperti kita tahu, aloe vera atau lidah buaya murni terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Selain memiliki sifat yang menghidrasi dan menenangkan, ternyata aloe vera juga sangat bermanfaat untuk membantu mencerahkan leher yang hitam.

Aloe vera mengandung aloin yang tinggi di mana aloin merupakan senyawa depigmentasi alami dan mampu bekerja dengan sangat baik untuk meringankan kegelapan di sekitar leher sehingga leher akan terlihat jauh lebih cerah merata.

Ambil gel aloe vera segar secukupnya lalu oleskan secara langsung ke area leher Anda yang kehitaman sebelum tidur. Biarkan aloe vera menempel semalaman di kulit leher Anda dan bilas dengan air hangat keesokan paginya.

Itulah 5 cara memutihkan leher hitam yang mudah dan efektif. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News