Keluarga

6 Tips Mengolah Mashed Potato Jadi Super Lembut Seperti Buatan Koki Profesional

6 Tips Mengolah Mashed Potato Jadi Super Lembut Seperti Buatan Koki Profesional

MOMSMONEY.ID - Simak, berikut ini tips mengolah kentang jadi hidangan mashed potato yang super lembut dan lezat seperti di restoran.

Mashed potato adalah makanan yang simpel. Meski begitu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika ingin membuatnya.

Berikut beberapa tips yang biasa dilakukan para chef agar mashed potato yang dihasilkan punya tekstur & rasa yang pas:

Rebus kentang dengan air dingin

Sebelum bikin mashed potato, pertama-tama Anda harus merebus kentang terlebih dahulu. Rebuslah menggunakan air dingin. Jangan merebusnya menggunakan air hangat, apalagi panas. Sebab ini akan memengaruhi tingkat kematangan kentang.

Baca Juga: 7 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bareng Susu, Terlalu Berat untuk Dicerna

Mashed Potato

Tambahkan garam

Meski seringkali dilewatkan, namun ternyata tahap ini cukup berpengaruh besar terhadap rasa kentang yang akan dimasak.

Menurut Chef Degan Septoadji, dilansir dari Tribun Pontianak, menambah garam sat merebus kentang dapat membuat kentang terasa lebih gurih sehingga lebih enak disantap.

Lama waktu merebus

Tips bikin mashed potato tentunya bergantung pada lama waktu merebus kentang. Namun bagaimanapun juga, lamanya waktu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis kentang, jumlah kentang, ukuran kentang, hingga bentuk panci & ketinggian air.

Baca Juga: 7 Minuman Pembakar Lemak yang Bisa Diminum Setiap Pagi, Bikin Metabolisme Meningkat

Tapi jangan khawatir, para chef memiliki aturan praktis yang bisa Anda tiru dengan mudah. Caranya, dengan menusukkan kentang dengan ujung pisau.

Jika kentang yang sedang direbus sulit ditembus oleh pisau, maka dipastikan kentang belum matang. Sebaliknya, jika mudah ditembus pisau maka kentang sudah matang.

Tetapi untuk lebih mudahnya, pilihlah ukuran kentang dengan ukuran & jenis yang sama agar lebih mudah matang secara merata.

Tumbuk kentang saat masih panas

Jika ingin hasil mashed potato yang anda bikin bertekstur creamy, maka tumbuklah kentang sesegera mungkin selagi suhunya pasih panas.

Agar tangan Anda tak terkena luka bakar, maka gunakan sarung tangan khusus & langsung menumbukknya.

Baca Juga: Resep Kambing Lada Hitam Berkuah Saus Tiram yang Sedap dan Praktis Dimasak

Mashed Potato

Gunakan Potato Masher

Supaya mashed potato yang Anda buat punya tekstur lembut yang pas & tak terlalu lengket, maka gunakanlah alat khusus bernama potato masher.

Melansir Epicurious, alat ini mampu menumbuk kentang sama kuatnya sehingga tekstur mashed potato yang dihasilkan jadi merata.

Sementara jika Anda menggunakan peralatan lain, maka ada kemungkinan mashed potato jadi tidak lembut, atau bisa jadi malah terlalu lengket.

Baca Juga: 6 Tips Masak Daging Empuk dan Matang Merata Menurut Chef Hollywood

Tambahkan bahan lain

Mashed potato tak akan terasa lezat jika dihidangkan begitu saja. Anda juga memerlukan beberapa bahan lain seperti butter & bumbu lainnya.

Mengutip dari Food Network, Anda bisa menambahkan butter & ditumbu bersama kentang. Setelah teksturnya lembut merata, barulah bumbui mashed potato dengan bumbu pilihanmu seperti lada hitam ataupun garam.

Anda juga bisa menghias mashed potato dengan potongan rosemary atau peterseli di bagian atasnya.

Itulah beberapa tips bikin mashed potato anti gagal yang biasa dilakukan para chef profesional. Mari tiru cara-caranya di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News