Santai

6 Tips Memberi Tanaman Hias Sebagai Hampers Lebaran, Perlu Perhatikan Hal Ini

6 Tips Memberi Tanaman Hias Sebagai Hampers Lebaran, Perlu Perhatikan Hal Ini

MOMSMONEY.ID - Memberi tanaman hias sebagai hampers Lebaran merupakan ide menarik dan unik. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memberi tanaman hias sebagai hampers Lebaran. 

Tanaman hias dapat membawa banyak kegembiraan dan kesehatan pada suatu ruangan. Ada beberapa tips memberi tanaman hias sebagai hampers Lebaran. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memberi tanaman hias sebagai hampers Lebaran, yaitu alergi terhadap serbuk sari atau keterbatasan tempat. 

Baca Juga: 20 Ucapan Hampers Lebaran, Cocok Dikirim untuk Keluarga dan Orang Terdekat

Mengutip One Green Planet, berikut tips memberi tanaman hias sebagai hampers Lebaran:

1. Ketahui ruang penerima 

Jika Anda mengetahui bahwa teman Anda tinggal di rumah mungil, jangan berikan dia tanaman yang tingginya mencapai dua kaki dan dapat memanjat setinggi satu kaki.

Jika Anda tahu bahwa penerima Anda tidak mendapatkan banyak cahaya di tempatnya, jangan berikan mereka tanaman yang bergantung pada sinar matahari.

Cari tahu apakah teman Anda melakukan perjalanan bisnis yang jauh atau sering berlibur.

Hampers lebaran tanaman hias pot

Mereka akan membiarkan tanaman itu mati kehausan atau mereka harus mencari pengasuh tanaman! Anda mungkin memberi beban pada teman Anda.

Jika Anda tahu teman Anda memiliki ambang jendela yang cerah atau tempat yang tepat untuk tanaman gantung yang merambat, belilah yang sesuai.

2. Jangan abaikan alergi

Bagi banyak orang, tanaman rumah adalah tempat yang bagus untuk mengumpulkan debu. Jika Anda mengetahui penerima Anda memiliki galeri debu rumah tangga, pilihlah tanaman yang daunnya mudah dibersihkan.

Selain itu, beberapa orang memiliki alergi serbuk sari yang kuat, jadi tanaman yang berbunga subur mungkin bukan ide terbaik.

Baca Juga: Tips Menanam Tanaman Hias Indoor dengan Benar, Pemula Wajib Simak!

3. Tidak pengalaman 

Jika teman Anda sama sekali tidak punya pengalaman merawat tanaman, atau dia terkenal baik dan membunuhnya (tentu saja secara tidak sengaja), maka jangan berikan hadiah yang terkenal rumit atau temperamental.

Anda bisa memberikan tanaman hias seperti sukulen, kaktus, tanaman laba-laba, tanaman giok, atau lidah buaya. Berikan mereka hadiah yang akan menginspirasi mereka untuk berkembang.

4. Beri pengetahuan

Pastikan Anda menyertakan petunjuk perawatan pada tanaman. Ini bisa berupa tanaman yang disertakan bersama tanaman, atau Anda dapat melakukan riset sendiri dan menjadikannya bagian artistik dari hadiah. 

Setidaknya tulis alamat situs web di kartu hadiah yang memandu teman Anda mendapatkan beberapa informasi penting dan tepat tentang perawatan tanaman.

Baca Juga: 6 Tips Menata Tanaman Hias Menurut Feng Shui, Begini Cara Merawatnya

5. Pikirkan hewan peliharaan

Anda mungkin tidak memberikan hadiah tanaman Anda kepada teman yang tinggal sendirian. 

Mungkin mereka memiliki anak kecil atau hewan peliharaan yang mungkin tertarik dengan teman tanaman baru di rumah mereka.

Lakukan sedikit riset tentang tanaman rumah yang ramah hewan peliharaan dan tanaman yang beracun jika dikonsumsi secara tidak sengaja. Bukan hanya racun yang harus diwaspadai. 

Kaktus, misalnya, dapat memberikan kejutan yang tidak menyenangkan bagi jari kelingking atau hidung basah yang penasaran.

Dalam hal ini, tanaman gantung mungkin merupakan pilihan yang baik. Dengan begitu, bisa dijauhkan dari jangkauannya.

6. Jaga tanaman hias tetap segar

Anda juga bisa membungkus pot plastik dengan kertas atau kain cantik yang bisa digunakan kembali.

Itulah beberapa tips memberi tanaman hias sebagai hampers lebaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News