Keluarga

6 Tips Menata Tanaman Hias Menurut Feng Shui, Begini Cara Merawatnya

6 Tips Menata Tanaman Hias Menurut Feng Shui, Begini Cara Merawatnya

MOMSMONEY.ID - Artikel ini akan memberikan informasi mengenai tips menata tanaman hias menurut Feng Shui. Penguasaan Feng shui adalah lambang aliran energi dan memaksimalkan ruang Anda, melalui penciptaan suasana damai.

Feng shui dikenal luas dan menggunakan filosofi tradisional Tiongkok untuk menata dan mendesain ruang baik di dalam maupun di luar ruangan untuk meningkatkan keharmonisan, keseimbangan, dan aliran energi. 

Untuk itu, tips menata tanaman hias menurut Feng Shui ini cukup membantu bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana yang positif. 

Baca Juga: Bikin Lebih Nyaman dan Tenang, Ini Tips Menata Tempat Tidur Berdasarkan Feng Shui

Mengutip Thursd, berikut tips menata tanaman hias menurut Feng Shui:

1. Lokasi strategis 

Aliran kehidupan dan energi positif dari tanaman hias kita hanya mungkin terjadi jika mereka adalah penerima harmoni dan energi positif terlebih dahulu. Hal ini dimungkinkan melalui penempatan strategis tanaman hias Anda di lokasi yang sesuai di dalam ruangan Anda. 

Lokasi tersebut harus memiliki akses yang cukup terhadap cahaya terang tidak langsung atau langsung tergantung pada kondisi pertumbuhan tanaman terkait.

bunga potong

Menempatkan tanaman Anda di lokasi yang berantakan dan sirkulasi udaranya tidak optimal karena menghambat kemampuannya untuk menyalurkan aliran energi positif ke dalam ruangan Anda.

Pendekatan feng shui pada penataan kamar tidur atau ruang tamu feng shui, dapur, dan ruangan lain di ruang dalam ruangan Anda menghasilkan keseimbangan dan koeksistensi harmonis dari berbagai aliran energi yang ada di dalam ruangan.

Tanaman feng shui dan penataan strategis yang menggunakan filosofi feng shui cenderung lebih memanfaatkan kepositifan dan karakter tanaman. Ini adalah cara yang pasti untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari tanaman hias sekaligus menciptakan ketenangan dan pola yang bermanfaat dalam ruang hidup Anda.

2. Menyeimbangkan elemen feng shui dengan tanaman 

Terciptanya keseimbangan antara lima unsur feng shui berkontribusi terhadap keseimbangan dan keselarasan; yang pada gilirannya mempengaruhi aliran energi. 

Lima elemen; kayu, tanah, api, logam, dan air sangat penting karena masing-masing elemen ini mewakili berbagai aspek kehidupan secara mandiri.

Elemen kayu dalam feng shui mewakili kehijauan atau pertumbuhan dan vitalitas dan di sinilah tanaman hias Anda dengan dedaunan hijau tua dan subur berperan. 

Memilih tanaman hias berdaun tinggi sudah cukup karena mereka secara besar-besaran membawa energi pertumbuhan yang sangat dibutuhkan di dalam ruangan.

Elemen kayu sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia, kehidupan hijau inilah yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi aliran energi positif di ruang hidup kita.

Air melambangkan kelimpahan dan aliran kehidupan, penggunaan dan penempatan air secara strategis menambah hasil yang rinci namun positif pada aliran energi. 

Karena keterbatasan ruang di dalam ruangan, penggunaan akuarium dapat membantu menambah aspek elemen air sehingga menciptakan keseimbangan elemen yang diinginkan dengan tanaman di dalam ruangan.

Baca Juga: Pupuk Tanaman Hias dari Kulit Pisang, Begini Cara Mengolahnya

3. Kesehatan dan pertumbuhan dengan cara feng shui

Ketika tanaman Anda kesulitan untuk tumbuh maksimal karena kelalaian atau kurangnya perhatian yang optimal; pertumbuhan berlebihan ini menghambat keseimbangan, harmoni, dan aliran energi sebagaimana didukung oleh prinsip feng shui.

Penyediaan jumlah cahaya yang tepat, penyiraman, pemangkasan, penanaman kembali tanaman tepat waktu, dan pemberian pupuk akan meningkatkan kesehatan tanaman hias Anda.

Ketika perawatan di atas diterapkan tepat waktu pada tanaman Anda termasuk membuang dedaunan yang mati atau layu; puing-puing atau kekacauan yang mungkin menjadi penghalang aliran energi dari tanaman hias Anda dapat dibasmi. 

Tanaman yang sehat dan tumbuh subur adalah agen aliran energi positif yang baik, sementara tanaman yang bermasalah dan terbelakang menghambat keseimbangan dan ketenangan di ruang dalam ruangan Anda.

4. Bentuk dan ukuran tanaman hias

Tanaman hias dengan dedaunan yang berbentuk bagus seperti Fiddle Leaf Fig, Elephant Ear, dan Rubber Plant, beresonansi dengan baik dengan bentuk dan pola yang mendukung aliran energi positif.

Namun, tanaman hias yang runcing atau berduri seperti varietas Kaktus harus diadopsi dan digunakan dengan hati-hati, karena tanaman tersebut secara berlebihan cenderung kontraproduktif.

Tanaman hias dapat menstimulasi suasana hati yang positif, meningkatkan produktivitas, dan mengubah suasana dalam ruangan; Namun menurut prinsip feng shui, bentuk dan ukuran tanaman mempunyai pengaruh besar dalam meningkatkan atau menghambat aliran energi. 

Keseimbangan tanaman hias yang tinggi dan yang lebih kecil menciptakan kontras yang sesuai dengan keseimbangan, harmoni, dan aliran energi filosofi feng shui.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias yang Harus Dihindari Menurut Feng Shui, Dipercaya Bawa Nasib Buruk

5. Adopsi warna berbeda

Penekanan Feng shui pada warna dapat dikaitkan dengan sifat kuat warna untuk menstimulasi kedamaian, pikiran bahagia, dan energi positif. Warna dedaunan dapat dikaitkan dengan kesehatan dan vitalitas, yang juga melambangkan pertumbuhan atau kehidupan dalam ruang hidup kita.

Penggabungan warna lain seperti merah, ungu, atau oranye membawa semangat dan transformasi pada dekorasi interior kita. Penggunaan tanaman hias berbunga dapat membantu menciptakan kontras yang diinginkan di dalam ruangan, yang juga menginspirasi aliran energi positif. 

Namun, mempertimbangkan pilihan dekorasi lain dalam ruangan Anda untuk melengkapi tanaman hias yang diadopsi adalah cara yang bagus untuk menggunakan warna dan estetika tanaman hias Anda untuk menyebarkan aliran energi positif.

6. Penempatan tanaman di pintu masuk atau depan

Saat Anda fokus pada penataan tanaman hias Anda dalam upaya menciptakan keseimbangan, harmoni, dan pola aliran energi yang direkomendasikan; jangan mengabaikan pintu masuk atau pintu depan Anda. 

Penempatan tanaman di depan pintu rumah Anda, menurut filosofi feng shui mengundang energi positif dan ketenangan ke dalam rumah Anda.

Berhati-hatilah untuk tidak memenuhi pintu depan atau pintu masuk Anda dengan tanaman karena hal ini dapat menghambat aliran energi alih-alih mendorongnya.

Nah, itulah 6 tips menata tanaman hias menurut feng shui beserta cara merawatnya. 

Selanjutnya: Sektor Transportasi dan Logistik Berharap Berkah Puasa dan Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News