Santai

Ternyata Ini 5 Manfaat Keuntungan Lakukan Meal Prep, Jarang Diketahui Loh

Ternyata Ini 5 Manfaat Keuntungan Lakukan Meal Prep, Jarang Diketahui Loh

MOMSMONEY.ID - Moms, tak banyak yang tahu bahwa kegiatan meal prep atau menyiapkan makanan punya ragam manfaat dan keuntungan, loh.

Meal prep adalah kegiatan menyiapkan makanan yang awalnya dipopulerkan oleh masyarakat Barat dan kini mulai banyak dilakukan masyarakat Indonesia.

Menu makanan yang sudah tersedia lengkap di kotak makan hanya perlu dipanaskan saat ingin dikonsumsi membuat meal prep jadi solusi cermat menghemat waktu masak.

Bukan cuma itu, masih ada juga beragam manfaat dan keuntungan lain dari meal prep yang perlu diketahui.

Baca Juga: 5 Tanda Anda Butuh Dopamine Detox dan Tips Cara Melakukannya

Memperbaiki kualitas pola makan

Diet atau pola makan yang sembarangan kerap dijadikan kebiasaan karena tidak punya waktu memasak. Melalui kegiatan meal prep atau merencanakan makanan terlebih dahulu di waktu luang, kualitas pola makan bisa diperbaiki perlahan.

Sebuah penelitian dari laman Everyday Health menemukan bahwa orang yang merencanakan makanannya cenderung mengikuti pedoman nutrisi dan mengonsumsi makanan dengan kualitas serta variasi yang lebih baik.

Perencanaan makanan memungkinkan siapa pun untuk memanfaatkan bahan-bahan berbeda dan menciptakan makanan yang lebih seimbang.

Lebih hemat

Bukan hanya makanan sehat yang dijual dengan harga mahal, tapi juga dengan makanan cepat saji yang sering dipesan sebagai menu makan. Menyiapkan makanan dapat membantu untuk menghemat uang belanjaan.

Sebab kegiatan meal prep menuntut Anda untuk lebih berhati-hati dalam memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi selama seminggu ke depan.

Dengan hanya membeli sesuai keperluan dapat mencegah pemborosan makanan dari pembelian makanan impulsif yang mungkin tidak akan dimakan.

Baca Juga: Awas, 5 Makanan yang Bisa Picu Kanker Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Hemat waktu

Penelitian di laman Everyday Health juga menunjukkan bahwa jadwal sehari-hari yang sibuk adalah salah satu alasan utama mengapa orang lebih memilih makanan cepat saji untuk dikonsumsi.

Dengan menyiapkan makanan atau melakukan meal prep, waktu yang digunakan untuk membuat makanan bisa dipangkas menjadi lebih hemat. Anda hanya perlu berbelanja dan menyiapkan menu makanan seminggu di satu hari libur.

Makanan yang sudah matang bisa disimpan di kulkas dan dipanaskan kembali saat ingin dimakan.

Pembatasan porsi

Merencanakan dan menyiapkan sendiri makanan yang akan dikonsumsi tentu akan lebih memudahkan pengaturan porsi. Kerap kali makanan instan memberikan porsi besar yang kemudian tidak dimakan dan menyisakan sampah makanan.

Laman Real Simple menyebutkan bahwa dengan mempersiapkan makanan atau meal prep, Anda tahu persis berapa ons protein, sayuran, dan karbohidrat yang Anda dapatkan dalam satu kali makan.

Selain itu, meal prep juga menjadi cara bagus untuk membantu Anda menghindari kelebihan gula dan bahan pengawet lainnya.

Makan lebih teratur

Merancang makanan bisa membantu siapa pun untuk menyiapkan makanan sehat. meal prep juga dapat menghindari konsumsi makanan berlebihan atau tidak teratur.

Sebab kini semua menu makanan dari sarapan hingga makan malam sudah tersedia di kulkas dan bisa dikonsumsi di jam makan. Caranya pun juga lebih mudah yaitu hanya dengan menghangatkan makanan yang sudah disiapkan.

Gimana, tertarik mencoba? Itulah tadi, Moms, beberapa manfaat dan keuntungan melakukan meal prep atau persiapan makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News