Keluarga

Begini Cara Bikin Cucian Anda Lebih Harum

Begini Cara Bikin Cucian Anda Lebih Harum

MOMSMONEY.ID - Cucian yang harum bisa bikin suasana hati jadi lebih bahagia. Lalu bagaimana cara bikin cucian lebih harum dan tahan sepanjang hari? 

Sayangnya, tak jarang cucian Anda berbau apek setelah keluar dari mesin cuci bahkan setelah di jemur seharian. Lalu apa yang salah dari cara mencuci Anda? Yuk simk cara bikin cucian Anda lebih harum di sini!

Baca Juga: Grab Bagikan 125.000 Masker ke Pengemudi & Penumpang di Jabodetabek Hingga 28 Agustus

Begini cara bikin cucian jadi lebih harum sepanjang hari

Bersihkan dan beri pengharum mesin cuci Anda

Baju Anda bukan satu-satunya hal yang perlu Anda bersihkan. Salah satu cara menjaga cucian Anda tetap harum dan bersih, maka bersihkanlah mesin cuci yang Anda gunakan setiap hari. 

“Seiring waktu dan semakin banyak cucian, mesin cuci Anda akan mulai mengumpulkan bau apek dari air, kotoran dan detergen yang tersisa,” ungkap Ahli Tes Produk Purex Kristen Higgins, dilansir dari Real Simple. 

Untuk membersihkan mesin cuci, Higgins merekomendasikan Anda menyalakan mesin cuci dengan menggunakan air dan pemutih atau satu hingga dua gelas cuka putih untuk membantu mengeliminasi bau. Jika tersedia, gunakan pilihan sistem Clean Washer atau Sanitize.

Jika Anda memiliki mesin cuci front-loading, jangan lupa membersihkan segel karet di pintu mesin. Ini akan mencegah air keluar selama mesin cuci menyala. Selain itu segel karet ini juga jadi tempat berkumpulnya kotoran, sisa detergen dan air yang terjebak yang menyebabkan bau. 

Cuci dengan jumlah sedikit
Cara kedua bikin cucian jadi lebih harum sepanjang hari adalah jumlah cucian. Faktanya, jumlah cucian di mesin cuci bisa menjadi faktor penyebab bersih atau tidaknya cucian Anda. 

Meski mencuci dengan kapasitas penuh bisa menghemat air dan listrik, ini bisa membuat Anda mengurangi tingkat efektifitas kerja mesin cuci. Sehingga baju Anda jadi mudah bau. 

Selain itu, menggunakan detergen yang terlalu banyak juga bisa mencegah cucian Anda bersih dengan optimal. Sebab akan banyak sisa detergen yang menempel pada baju.

Baca Juga: 3 Cara Menghasilkan Uang di Twitter Tanpa Harus Punya Followers Banyak

Segera angkat cucian setelah mesin selesai bekerja
Mungkin dengan padatnya kegiatan, Anda seringkali membiarkan cucian di mesin cuci hingga Moms sempat untuk menjemurnya. Padahal membiarkan cucian Anda lama di mesin cuci bisa membuatnya jadi lembap dan bau. 

Jemur cucian di luar rumah
Udara yang segar adalah solusi dari bau yang tidak sedap pada cucian Anda. Untuk membuat cucian jadi harum sepanjang hari, udara segar dan sinar matahari akan sengat membantu prosesnya. 

Bersihkan terlebih dulu area yang kotor dan bau
Cara selanjutnya bikin cucian Anda lebih harum adalah membersihkan secara khusus area yang mudah kotor dan bau. Bersihkan dulu area seperti bagian lipatan ketiak yang sering menjadi area penumpukan sisa deodoran. Sesederhana gosok dengan detergen setelah itu masukan ke mesin cuci untuk dicuci bersama cucian lainnya. 

Baca Juga: Apakah Berhubungan Seks Saat Hamil Membahayakan Bayi dalam Kandungan?

Tambahkan essential oil
Essential oil juga bisa meningkatkan keharuman cucian Anda dengan mudah. Cukup semprotkan essential oil ke cucian Anda sebelum Anda cuci. Pastikan essential oil Anda merupakan jenis yang mudah dibersihkan dengan air. 

Segera cuci baju olah raga
Anda juga sebaiknya segera mencuci baju olah raga setelah Anda pakai. Jangan diamkan terlalu lama, karena ini akan membuat bau jadi sulit hilang. 

Demikian cara bikin cucian Anda jadi lebih harum sepanjang hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News