Keluarga

6 Manfaat Resveratrol untuk Kulit dalam Produk Skincare, Bagus untuk Anti-Aging!

6 Manfaat Resveratrol untuk Kulit dalam Produk Skincare, Bagus untuk Anti-Aging!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 6 manfaat resveratrol untuk kulit dalam produk skincare di sini.

Resveratrol merupakan salah satu antioksidan yang paling banyak diteliti. Mengutip laman Healthline, resveratrol adalah senyawa tumbuhan yang dapat ditemukan di banyak makanan seperti anggur, anggur merah, beberapa buah beri, dan kacang tanah.

Sebuah tinjauan penelitian tahun 2010 menunjukkan bahwa molekul radikal bebas yang dilawan resveratrol dapat menciptakan efek penuaan pada kulit dan merusak sel tubuh mana pun. Menurut para peneliti, resveratrol mampu membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti Alzheimer dan kanker.

Baru-baru ini, resveratrol banyak digunakan untuk kecantikan. Tidak sedikit brand skincare yang memproduksi serum dengan kandungan resveratrol.

Memang, apa manfaat resveratrol untuk kulit? Melansir Exponent Beauty, berikut 6 manfaat resveratrol untuk kulit dalam produk skincare.

Baca Juga: 5 Cara Membakar Lemak Tubuh Tanpa Olahraga, Efektif!

1. Mengurangi kerutan dan garis-garis halus

Manfaat resveratrol untuk kulit yang pertama adalah mengurangi kerutan dan garis-garis halus.

Bagi Anda yang ingin melawan garis-garis halus dan kerutan, maka resveratrol wajib dicoba. Selain mencegah kerutan dini dengan melindungi kulit dari faktor stres eksternal, resveratrol juga berperan dalam proliferasi fibroblas dan sintesis kolagen.

Menurut Michele Green, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Upper East Side, New York City, resveratrol membentuk molekul kompleks dengan ion logam tertentu, menonaktifkan kemampuannya untuk membentuk radikal bebas, dan karenanya meningkatkan fungsi seluler serta mendukung fibroblas bersamaan dengan penciptaan kolagen yang sehat. Kombinasi dari kemampuan-kemampuan tersebut menjadikan resveratrol sangat efektif dalam melawan efek merusak dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit.

2. Meningkatkan elastisitas kulit

Manfaat resveratrol untuk kulit yang kedua adalah meningkatkan elastisitas kulit.

Seiring bertambahnya usia dan kebiasaan buruk, kulit cenderung menjadi lebih tipis, kehilangan elastisitas, mulai kendur, dan kerutan semakin terlihat. Namun sekali lagi, resveratrol terbukti dapat menyelamatkan kulit. Ini berkat kemampuan resveratrol dalam mencegah kerusakan kolagen dengan mengimbangi radikal bebas dan memperkaya produksi kolagen untuk mendukung elastisitas kulit.

Lebih dari sekadar mendukung pembentukan kolagen, resveratrol juga bisa meningkatkan aktivitas SIRT1. SIRT1 sendiri merupakan protein dengan peran penting dalam melindungi jaringan adiposa (sel kaya lipid yang ditemukan di kulit), tempat di mana banyak kolagen berada.

3. Mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas

Manfaat resveratrol untuk kulit yang ketiga adalah mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Sebagai salah satu antioksidan terbaik, resveratrol mampu memerangi kerusakan kulit akibat radikal bebas dengan secara langsung membasmi penyerang tersebut berkat kandungan polifenolnya yang tinggi.  

Ketika dioleskan pada kulit, resveratrol dapat meningkatkan aktivitas beberapa antioksidan enzimatik yang secara alami ditemukan dalam tubuh. Sehingga, meningkatkan kapasitas antioksidan intraseluler.

Salah satu contohnya adalah superoksida dismutase, enzim antioksidan paling kuat dalam tubuh yang memecah radikal bebas menjadi molekul yang lebih kecil sehingga memudahkan eliminasinya. Resveratrol mengaktifkan enzim ini, meningkatkan pertahanan alami antioksidan kulit, sekaligus mencegah degradasi oksidatif lipid.

Meskipun resveratrol memiliki manfaat yang luar biasa, namun resveratrol akan bekerja maksimal apabila dikombinasikan dengan vitamin E. Kombinasi ini dapat saling meningkatkan kemampuan satu sama lain dalam menetralisir radikal bebas.

Baca Juga: Tinggi Gula, Ini 5 Buah yang Sebaiknya Dihindari saat Diet

4. Mengurangi kemerahan dan peradangan

Manfaat resveratrol untuk kulit yang keempat adalah mengurangi kemerahan dan peradangan.

Kapan pun kulit Anda mengalami peradangan atau kemerahan, pilihlah produk yang mengandung resveratrol. Berkat sifat anti-inflamasi dan menenangkannya, resveratrol mampu menenangkan ruam dan kemerahan. Sehingga, cocok bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau mudah reaktif, eksim, rosacea, atau rentan berjerawat.

Lebih dari itu, resveratrol memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran bakteri penyebab jerawat.

5. Meminimalkan hiperpigmentasi

Manfaat resveratrol untuk kulit yang kelima adalah meminimalkan hiperpigmentasi.

Saat terkena sinar matahari, tubuh akan memproduksi melanin sebagai mekanisme pertahanan. Kabar buruknya, produksi melanin yang meningkat dapat menimbulkan hiperpigmentasi seperti bintik-bintik hitam.

Resveratrol mampu mengurangi jumlah melanin yang diproduksi setelah paparan sinar matahari berkat aktivitas antioksidannya, sehingga bagus untuk mencegah hiperpigmentasi. Selain itu, resveratrol juga bisa menghambat sintesis melanin dengan mengatur aktivitas tirosinase, enzim yang bertanggung jawab membuat pigmen gelap.

6. Mengatasi kulit kering

Manfaat resveratrol untuk kulit yang keenam adalah mengatasi kulit kering.

Kulit kering bisa menjadi tanda rusaknya skin barrier. Terlepas dari apapun penyebabnya, Anda dapat menggunakan resveratrol untuk mengatasi kulit kering. Sebagai elemen lembut yang berasal dari alam, resveratrol mampu menghilangkan dahaga pada kulit jika digunakan secara teratur.

Selain kekuatan penginduksi kolagen yang menjadikannya ideal untuk menenangkan kulit kering, resveratrol sebenarnya juga bisa meningkatkan hidrasi kulit dan menghambat kehilangan air transepidermal. Alhasil, kulit pun tidak akan menjadi kering.

Demikian 6 manfaat resveratrol untuk kulit dalam produk skincare.

Selanjutnya: Mandek 5 Tahun, Pembangunan Pabrik Semen Timor Terhambat Moratorium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News