Santai

Terlalu Sering Main Sosmed Bisa Perburuk Anxiety, Simak 3 Trigger Anxiety Lainnya

Terlalu Sering Main Sosmed Bisa Perburuk Anxiety, Simak 3 Trigger Anxiety Lainnya

MOMSMONEY.ID - Jika Anda mengalami anxiety maka mulai hindari beberapa kebiasaan yang bisa memperburuk kondisi tersebut, ya.

Anxiety atau kecemasan berlebihan merupakan sebuah kondisi mental yang memiliki risiko terjadi secara terus-menerus.

Melansir dari Health Line, anxiety adalah respons alami tubuh terhadap stres yang tentu akan berbeda-beda bagi setiap orang.

Tapi, jika anxiety terjadi secara terus-menerus lebih dari enam bulan maka bantuan dari ahli tentu saja dibutuhkan. Laman Health Shots menyatakan, gejala dan pengobatan bagi orang yang menderita anxiety juga berbeda.

Untuk meminimalisasi kondisi anxiety, kenali beberapa kebiasaan yang bisa memperburuk anxiety ini, ya.

Baca Juga: Awas, Ini 5 Dampak Buruk Terlalu Sering Main Sosial Media

Bermain sosial media terlalu lama

Sosial media menjadi tempat yang paling sering menciptakan atau memicu munculnya anxiety. Mudah membuat orang merasa insecure, minder, dan membandingkan diri dengan orang lain adalah kebiasaan buruk yang sering terjadi jika terlalu lama bermain sosial media.

Batasi waktu bermain sosial media dan berilah waktu bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat dari persaingan yang terjadi di dunia maya maupun di kenyataan.

Kurangnya jam tidur

Memiliki jam tidur yang kurang dapat menjadi pemicu yang memperparah anxiety. Bukan hanya itu, kurangnya jam tidur juga membuat berkurangnya kemampuan untuk menghadapi kecemasan atau permasalahan lain yang bisa memperburuk anxiety.

Cobalah untuk memiliki rutinitas tidur yang ideal. Yakni tidur 8 jam sehari dan lakukan hal-hal yang menenangkan diri sebelum tidur agar kualitas tidur meningkat.

Baca Juga: Fakta Tentang OCD dan Tanda Penyakit Ini, Sering Lakukan Kegiatan Berulang

Melewatkan waktu makan

Dengan kesibukan yang semakin padat, bukan berarti harus mengesampingkan waktu makan. Ternyata melewatkan waktu makan dapat memperparah rasa cemas atau anxiety.

Menurunnya kadar gula dalam tubuh dapat membuat seseorang jadi lebih sensitif, mudah terpancing amarah, dan mudah cemas. Maka dari itu, sempatkan untuk meluangkan waktu makan baik itu makanan berat atau snack. Pastikan makanan dimakan selalu penuh dengan nutrisi dan vitamin.

Terlalu banyak konsumsi kafein

Menurut laman Bustle, terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat mengakibatkan timbulnya gejala anxiety seperti meningkatnya laju detak jantung, mudah merasa lemas, berkeringat, gugup, dan pusing.

Jika memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi kopi, konsumsi maksimal dua kali sehari. Namun, jika memungkinkan, pilih jenis kopi decaf yang memiliki kadar kafein lebih rendah dibanding kopi pada umumnya.

Ada baiknya mulai kurangi beberapa kebiasaan itu tadi yang bisa memicu dan memperparah kondisi anxiety Anda, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News