Keluarga

6 Tips Atasi Rasa Cemas Menjelang Ujian untuk Pelajar, Mahasiswa, hingga Pekerja

6 Tips Atasi Rasa Cemas Menjelang Ujian untuk Pelajar, Mahasiswa, hingga Pekerja

MOMSMONEY.ID - Pernahkah kamu merasa stres & cemas menjelang ujian hingga terbawa mimpi? Yuk atasi bentuk kecemasan ini dengan cara-cara berikut.

Melansir MBA.com, kecemasan menjelang ujian seringkali hadir akibat rasa takut akan kegagalan, kurangnya persiapan, atau pengalaman ujian yang buruk di masa lalu.

Kecemasan ini bisa dibilang dapat melemahkan memori otak. Sebab otak dibuat sulit berkonsentrasi & munculnya perasaan takut sehingga berdampak pada gejala fisik seperti jantung berdebar, sakit kepala, mulas, tangan berkeringat dingin, hingga mual.

Baca Juga: 8 Ayat Al Quran Penghibur Patah Hati dan Kesedihan, Wajib Kamu Baca!

Jenis kecemasan yang satu ini terbilang sangat umum & bisa menyerang orang-orang di segala usia, termasuk kalangan pelajar hingga pekerja.

Bagaimana agar rasa cemas menjelang ujian tak terjadi & merusak konsentrasimu? Coba beberapa tipsnya yang berikut ini.

Pakai teknik podomoro

Tidak semua materi pelajaran akan efektif terserap dalam otak apabila kamu belajar dengan sistem kebut semalam (SKS).

Alih-alih SKS, cobalah belajar menggunakan Teknik Podomoro yang membuat ledakan fokus pada otak terjadi sangat efektif selama 20-30 menit saja, atau maksimal 45. Lalu ambilah jeda istirahat 10 menit, melansir 300 hours.com.

Dengan metode belajar yang efektif, maka akan mengatasi timbulnya stres & rasa cemas menjelang ujian.

Baca Juga: Sulit Kendalikan Emosi? Tiru 8 Cara Lampiaskan Amarah ke Hal Positif

Persiapkan dengan matang

cemas menjelang ujian

Baca Juga: Menurut Penelitian, Inilah 5 Kebiasaan Masa Kini yang Dapat Merusak Otak

Salah satu cara mengurangi rasa cemas menjelang ujian adalah dengan mempersiapkan segala materi semaksimal mungkin. Sebab salah satu pemicu cemas hadir adalah karena kurangnya kesiapan.

Jadi, pastikan Anda mempersiapkan belajar untuk ujian dari 1 bulan sebelum, atau 1 minggu sebelum hari ujian tiba.

Saat ujian pun, pastikan Anda bisa hadir 30 menit – 1 jam sebelum jam dimulai, agar bisa mempersiapkan otak & mental sedini mungkin.

Kurangi bermain medsos

Media sosial adalah salah satu bentuk candu yang tak bisa dipisahkan dari para remaja. Sayangnya, medsos bisa sebabkan efek kecemasan, terutama menjelang ujian.

Baca Juga: Kenali Orang yang Membencimu Lewat 8 Kode Bahasa Tubuh, Menurut Mantan Agen FBI

Coba non-aktifkan Instagram & Tiktok, serta media sosial lainnya termasuk aplikasi belanja online, agar kita bisa dapat mengurangi membuka HP & otak hanya akan fokus pada materi pelajaran yang akan diuji

Cari teman belajar bersama

Perlu disadari bahwa belajar sendirian adalah hal yang melelahkan, terutama jika Anda menemukan ada materi yang belum dikuasai. Ini bisa saja menjadi salah satu hal yang bikin Anda cemas menjelang ujian.

Maka agar hal itu tak terjadi, carilah teman belajar bersama yang bisa saling berbagi dalam hal pelajaran & bisa saling menyemangati satu sama lain di tengah tekanan ujian.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Meningkatkan Public Speaking, Bisa Dilatih Sendiri

Meditasi

cemas menjelang ujian

Jika rasa cemas & stres sudah muncul akibat ujian yang menumpuk, maka sisihkan beberapa menit untuk bermeditasi.

Praktikkan teknik mindfulness, seperti latihan pernapasan selama 10 menit. Cukup duduk tegak bersila & pejamkan mata, lalu hirup udara & hembuskan pelan-pelan melalui mulut, dikutip melalui UCL.ac.uk.

Baca Juga: Jauhi 8 Tipe Teman Toxic ini yang Bikin Mental Jadi Tak Sehat

Meditasi akan menenangkan respons stres pada tubuh & mengalihkan momen tersebut ke perasaan rileks, sehingga otak akan lebih maksimal menyerap pelajaran.

Percaya pada diri sendiri

Ketika terus menerus dihadapkan pada tantangan baru, kadang manusia sering lupa seberapa jauh kemajuan yang sudah kita capai.

Yakinkan diri Anda bahwa Anda sudah mempersiapkan ujian dengan baik. singkirkan semua pemikiran negatif & percayalah pada diri sendiri. Ini akan membuat otak lebih rileks & terhindari dari rasa cemas menjelang ujian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News