Keluarga

6 Kesalahan Saat Masak Sayuran Hijau, Bikin Warnanya Pucat dan Nutrisi Jadi Hilang

6 Kesalahan Saat Masak Sayuran Hijau, Bikin Warnanya Pucat dan Nutrisi Jadi Hilang

MOMSMONEY.ID - Perlu tata cara yang tepat saat masak sayuran hijau supaya kandungan nutrisinya dapat terserap maksimal dalam tubuh.

Sayangnya, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan para ibu ketika tengah memasak sayuran. Untuk menghindarinya, mari simak artikel yang berikut ini.

Memasak semua jenis sayuran

Tak semua jenis sayuran harus dikonsumsi dalam keadaan matang. Justru menurut One Green Planet, ada sayuran yang lebih bergizi saat dikonsumsi mentah, ada pula yang lebih bergizi saat dikonsumsi matang.

Baca Juga: 4 Cara Tepat Memotong Buah biar Nutrisi di Dalamnya Tidak Hilang

Beberapa jenis sayuran yang lebih bernutrisi saat dikonsumsi mentah contohnya seperti brokoli, bawang bombay, buah bit, hingga paprika.

Ada asparagus yang memiliki sifat anti-kanker yang kandungannya semakin aktif ketika dikukus. Ada jamur yang memberi lebih banyak potassium saat dipanggang maupun ditumis.

Tubuh juga menyerap lebih banyak kandungan kalsium, zat besi, dan magnesium yang terkandung dalam bayam, apabila bayam dalam keadaan matang.

Kandungan likopen pelawan kanker dalam tomat juga akan lebih maksimal diserap tubuh ketika dalam keadaan matang.

Sayuran berdaun hijau

Baca Juga: Trik Food Pairing Buah, Metode Padu Padan Makanan yang Ciptakan Rasa Berbeda

Sayuran terlalu matang

Salah satu jenis kesalahan yang paling sering dilakukan Moms saat masak sayuran hijau adalah waktu memasaknya yang terlalu lama sehingga menghasilkan sayuran yang terlalu matang.

Jika ini terjadi, maka kandungan gizi sayuran akan menghilang. Sebab ada beberapa nutrisi dalam sayuran yang akan menguap jika dipanaskan/dimasak terlalu lama.

Tak hana itu, mengutip dari Times of India, warna sayuran serta teksturnya pun cenderung akan berubah.

Maka untuk mencegahnya, usahakan supaya sayuran hijau tetap bertekstur renyah. Adapun metode memasak yang direkomendasikan beberapa chef seperti merebus singkat atau menumis untuk menjaga kesegaran sayuran-sayuran ini.

Baca Juga: 6 Tips Pintar Simpan Sayuran Hijau Supaya Awet Selama Seminggu Penuh

Menggunakan air berlebihan

Menggunakan air berlebihan saat akan merebus sayuran hijau juga merupakan kesalahan yang perlu cepat Anda sadari.

Hal ini karena kandungan nutrisi & bau alami sayuran hijau bisa hilang saat memasak menggunakan air yang ditakar lebih dari yang seharusnya.

Maka untuk mengatasinya, pakailah panci berukuran besar. Moms juga dapat menutup panci saat merebus sayuran hijau supaya aroma alami sayuran tetap terasa.

sayuran hijau

Baca Juga: Tetap Terjamin Higienis, Ini 5 Cara Mencuci Sayuran Tanpa Hilangkan Nutrisinya

Tak pakai metode blanching

Sebuah kesalahan fatal jika masak sayuran hijau tak menggunakan metode blanching.

Blanching adalah sebuah teknik memasak sayuran tanpa menghilangkan kesegaran & kerenyahan sayuran tersebut.

Caranya, masak sayuran hijau dalam air mendidih selama 30 detik – 1 menit, kemudian masukkan langsung ke dalam semangkuk air es. Metode ini akan membuat warna sayuran semakin cerah tanpa menghilangkan kandungan nutrisinya.

Baca Juga: 5 Metode Memasak Makanan yang Bikin Gizi Tak Hilang Saat Dimasak

Mencuci sayuran namun tidak langsung disantap

Seringkali dilakukan, kesalahan mengolah sayuran hijau terletak pada persiapannya.

Hindari mencuci & memotong sayuran jika tak ingin segera dimasak/disantap. Hal ini membuat sayuran hijau akan mengalami proses oksidasi, lalu menghilangkan kandungan nutrisinya secara cepat. Sayuran juga cenderung akan lebih cepat layu & busuk.

Jadi jika ingin menyimpan sayuran sebagai cadangan bahan makanan di kulkas, jangan mencucinya dan langsung saja simpan di kulkas.

Baca Juga: 7 Sayuran Murah Penurun Kolesterol Jahat, Dijamin Hemat dan Sehat!

Waktu memasak berbeda-beda

Berbeda jenis sayuran, berbeda pula waktu memasaknya. Kadangkala Moms menyama-ratakan semua jenis sayuran ke dalam 1 wajan & satu kali proses pemasakan. Namun sebenarnya cara ini salah besar!

Ada beberapa sayuran yang harus dimasak singkat, ada pula yang membutuhkan waktu lama.

Nah untuk memastikan apakah sayuran sudah matang atau belum, Slurrp.com menyarankan Moms untuk menempelkan pisau/garpu di tengah potongan lalu amati teksturnya.

Itu dia beberapa kesalahan yang harus dihindari saat masak sayuran hijau supaya matang merata & memaksimalkan nutrisi terserap ke dalam tubuh.

Selanjutnya: Fee Based Income Bank Digital Tumbuh Positif Pada Dua Bulan Pertama 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News