Keluarga

5 Metode Memasak Makanan yang Bikin Gizi Tak Hilang Saat Dimasak

5 Metode Memasak Makanan yang Bikin Gizi Tak Hilang Saat Dimasak

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, ada beberapa jenis vitamin yang larut dalam air? Ini membuat beberapa metode memasak makanan jadi tak efektif karena bisa membuat gizi dalam makanan menghilang begitu saja.

Tapi tenang, masih ada beberapa metode memasak yang menyehatkan, karena diketahui dapat menjaga gizi tetap utuh dan tak bikin gizi menghilang.

Selain itu, beberapa metode memasak berikut ini juga dapat mengurangi minyak berlebih sehingga dapat membantu Anda dalam menjaga pola hidup sehat yang sedang dijalani.

Langsung saja simak beberapa metode memasak makanan yang bikin gizi tak hilang saat dimasak, dilansir dari Dapur Umami, selengkapnya!

Baca Juga: 6 Tips Ambil Foto Makanan yang Cantik Menggunakan Teknik Food Photography

Metode memasak pakai microwave

Metode Memasak Makanan di microwave

Metode memasak makanan yang bikin gizi tak hilang saat dimasak adalah dengan menggunakan microwave.

Kebanyakan ibu rumah tangga di Indonesia masih belum banyak yang memanfaatkan kegunaan microwave. Namun sebetulnya, microwave punya banyak kegunaan mulai dari mempermudah proses memasak hingga membuat gizi makanan tetap utuh, loh.

Metode memasak menggunakan microwave memanfaatkan gelombang mikro sehingga waktu memasak jadi lebih sebentar. Semakin sebentar proses pemasakan berlangsung, maka semakin utuh pulalah gizi yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Sudah Layu Jadi Segar Kembali

Metode Merebus

Metode Memasak Makanan Merebus

Metode memasak makanan dengan cara merebus dapat menjaga gizi makanan tetap ada. Selain itu, merebus juga dinilai lebih sehat karena tak mengandung banyak lemak seperti metode menggoreng.

Sayangnya, metode memasak dengan cara merebus tak menjamin semua gizi dalam makanan tetap utuh. Sejumlah nutrisi penting seperti vitamin B & vitamin C yang memang sifatnya akan larut terhadap air terancam hilang jika Anda merebus makanan dalam waktu yang lama.

Jadi, jika Anda tak ingin nutrisi-nutrisi yang larut terhadap air jadi hilang, rebuslah makanan secukupnya saja, jangan terlalu lama.

Baca Juga: Anti Rontok, Ikuti 4 Cara Bikin Tepung Panir Awet Menempel pada Makanan

Metode Mengukus

Metode Memasak Makanan Mengukus

Baca Juga: Hati-hati, Inilah 6 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Asupan Garam dalam Makanan

Metode memasak makanan dengan cara mengukus adalah pilihan terbaik untuk bisa menjaga makanan tetap utuh jika dilihat dari gizi & nutrisinya.

Metode mengukus tak memiliki kekurangan apapun yang dapat menghilangkan kandungan vitamin. Ini karena vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C tak akan hilang jika anda mengukus makanan.

Mengukus juga menghindarkan Anda dari minyak sehingga lebih sehat dikonsumsi.

Namun ada baiknya lebih berhati-hati. Usahakan untuk tidak memotong sayuran dalam bentuk yang sangat kecil agar gizinya tidak menghilang saat dikukus. Potonglah sayuran dalam bentuk kecil jika sudah matang.

Baca Juga: Dijamin Super Pedas, Ini Dia 6 Jenis Sambal Khas Nusantara yang Wajib Dicoba

Metode Memanggang

Memanggang makanan di atas panggangan

Memanggang bisa jadi salah satu opsi terbaik metode memasak makanan yang membuat gizi tetap ada sekaligus dapat mengurangi minyak berlebihan.

Memanggang juga tergolong ke dalam metode memasak yang lebih sehat serta dapat membuat aroma masakan jadi lebih keluar.

Kekurangan dari metode memasak dengan cara memanggang adalah adanya zat hidrokarbon yang memiliki potensi menyebabkan kanker serta membuat kandungan vitamin B & mineral hilang menguap saat dipanggang.

Baca Juga: 5 Perbedaan Istilah Yakiniku dan Teriyaki Pada Makanan Jepang

Metode Menumis

Menumis Sayuran

Baca Juga: 4 Jenis Minuman Penangkal Rasa Pedas yang Super Efektif

Menumis dinilai sebagai metode memasak yang aman karena dapat menyimpan kandungan gizi pada makanan.

Jenis metode memasak yang satu ini memanfaatkan api besar & suhu tinggi sehingga memasak makanan bisa dilakukan dalam waktu yang sangat singkat.

Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa menumis masih membutuhkan sedikit minyak goreng sehingga Anda tak benar-benar menghilangkan kandungan minyak dalam makanan.

Baca Juga: 4 Hal Ini yang Membedakan Kecap Asin dengan Kecap Ikan, Sudah Tahu?

Namun kelebihannya, karena menumis membutuhkan minyak, maka beberapa jenis vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K jadi tetap utuh dan tak menghilang.

Itu dia beberapa metode memasak makanan yang bikin gizi tak hilang saat dimasak. Mari terapkan beberapa metode memasak di atas agar kandungan nutrisi yang dikonsumsi tak mudah menghilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News