Keluarga

6 Tips Masak Brilian yang Ampuh Tapi Jarang Terpikirkan, Bikin Penasaran

6 Tips Masak Brilian yang Ampuh Tapi Jarang Terpikirkan, Bikin Penasaran

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda membaca aneka tips memasak lewat internet? Apakah tips-tips tersebut ampuh & bisa diaplikasikan dengan serius?

Berikut ini MomsMoney hadirkan deretan tips masak brilian yang jarang terpikirkan.

Meski beberapa tips masak di bawah ini terdengar mustahil, namun ternyata tips-tips berikut ini dikreasikan langsung oleh saintis hingga para penulis buku masakan. Simak selengkapnya!

Baca Juga: 4 Kesalahan Umum saat Masak Udang yang Kadang Sering Dilakukan

Pertahankan warna buah & sayur

Buah dan sayur

Ingin pertahankan warna buah & sayur agar tetap kincolng? Salah satu tips masak yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyemprotkan perasan jeruk lemon.

Menyemprotkan perasan jeruk lemon pada sayuran & buah, khususnya yang berwarna merah, membuat warna merahnya makin mencolok.

Melansir dari Cookist, hal ini disebabkan karena lemon dapat mengawetkan flavonoid, yakni senyawa yang bertanggung jawab atas perwarnaan beberapa buah & sayur seperti apel, bawang merah, ataupun stroberi.

Terlalu asin? Pakai kentang!

Pernahkan Anda membuat masakan, tapi hasilnya terlalu asin? Salah satu tips masak yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan kentang.

Kentang di sini berfungsi sebagai bahan penyerap kelebihan garam. Namun, kentang hanya bisa digunakan jika masakan yang Anda buat berupa masakan berkuah.

Baca Juga: Meledak hingga Luka Bakar, Ini 6 Makanan yang Tak Boleh Dimasukkan dalam Microwave

Cuci jamur dengan air

Hampir semua orang percaya bahwa jamur dapat menyerap air. Namun fakta membuktikan bahwa tak sepenuhnya hal ini benar.

“Jamur memang menyerap air saat Anda mencucinya, tetapi hanya sekitar 2% dari total beratnya,” kata Kenji Lopez, penulis The Food Lab: Better Home Cooking Through Science.

Jadi, tak perlu khawatir jamur akan berubah lembek jika mencucinya dengan air.

Melembutkan daging pakai soda kue

Daging Merah

Baca Juga: Lebih Hemat Pengeluaran, Moms Wajib Tahu Cara Menghemat Pemakaian Minyak Goreng

Salah satu tips memasak yang brilian, namun jarang orang ketahui ialah yang satu ini. Anda dapat membuat daging jadi super lembut hanya dengan memakai soda kue!

Caranya mudah. Taburkan soda kue ke seluruh permukaan daging, kemudian gosok hingga terserap dengan baik. Diamkan daging dalam freezer selama 4 jam.

Jika sudah beres, keluarkan daging dan biarkan hingga suhu normal kembali. Barulah cuci daging menggunakan air untuk menghilangkan soda kue.

Sebagai informasi, soda kue (natrium bikarbonat) dapat memecah daging & membantu melembutkannya secara cepat.

Garam untuk kurangi rasa pahit

Makanan tinggi garam

Baca Juga: 6 Cara Merawat Talenan Kayu biar Terbebas dari Kuman dan Bau Tak Sedap

Tips masak yang satu ini pasti jarang didengar. Tapi percayalah, sejumput garam mampu mengurangi rasa pahit, terutama rasa pahit pada kopi.

Meski terdengar anek, tetapi tips masak yang satu ini diberikan langsung oleh presenter Amerika, Alton Brown.

Melansir The Kitchn, Brown menambahkan ¼ sendok teh garam kosher untuk setiap 6 sendok makan bubuk kopi.

“Garam tidak hanya mengurangi kepahitan kopi, tetapi juga menghilangkan rasa 'basi' dari air yang disimpan dalam tangki,” kata Brown.

Awetkan buah beri

Buah Raspberry

Baca Juga: 8 Referensi Bagian Daging Sapi Paling Enak untuk Segala Jenis Olahan Makanan

Buah berry seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan sejenisnya, merupakan jenis buah-buahan yang sangat mudah lembek & punya masa simpan sebentar.

Salah satu tips masak brilian yang diberikan oleh McGee dalam The Kitchn ialah merendam buah beri ke dalam air panas bersuhu 51 derajat Celcius.

Caranya cukup mencelupkan beri selama 30 detik ke dalam air tersebut, dan angkat segera. Meski terlihat mustahil, tapi tips tersebut ternyata ampuh, loh.

Sebab air panas dapat memperlambat pertumbuhan jamur pada buah beri. Ini membuat buah beri dapat awet tahan lama daripada biasanya.

Itulah aneka tips masak brilian yang ampuh namun jarang diketahui oleh orang banyak. Coba tips-tips di atas, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News