AturUang

5 Tips Aman Sebelum Nonton Konser di Luar Negeri

5 Tips Aman Sebelum Nonton Konser di Luar Negeri

MOMSMONEY.ID – Singapura sering menjadi tuan rumah untuk konser berskala internasional. Sederet musisi dan artis ternama seperti Coldplay da OneRepublic pernah konser di negeri tetangga tersebut, bahkan Ed Sheeren dan Taylor akan menggelar konser di Singapura.

Tak heran, banyak masyarakat Indonesia rela terbang ke luar negeri seperti Singapuran untuk bisa menonton konser musisi kesayangannya. Buktinya, pada saat tanggal pertunjukan tersebut harga tiket pesawat dan akomodasi di negara tetangga Indonesia tersebut pun sudah melambung tinggi.

Nah, sebelum nonton konser di luar negeri, ada beberapa hal yang perlu, apalagi untuk concert goers’ yang baru pertama kali. Chief Distribution Officer Allianz Utama Indonesia, Mariani Solihah mau memberikan tips untuk menjadikan pengalaman nonton konser di luar negeri.

Baca Juga: Perbanyak Kalatase, Ini 6 Cara Ampuh Mencegah Uban Muncul di Usia Muda

Yuk simak di bawah ini :

1. Anggaran perjalanan

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah menentukan anggaran perjalanan secara keseluruhan. Ini mencakup biaya tiket pesawat, akomodasi, transportasi lokal, makanan, dan pengeluaran lainnya.

Pertimbangkan juga fluktuasi mata uang dan perbedaan harga di negara yang akan kamu kunjungi. Buat daftar rinci semua biaya yang mungkin akan dikeluarkan dan tetapkan anggaran yang realistis.

2. Tiket konser/event

Pastikan sudah membeli atau memiliki tiket konser atau tiket event. Pantau terus informasi penjualan tiket di website atau media sosial resmi. Apabila mau nonton konser, pastikan juga telah memilih area tempat duduk sesuai budget dan preferensi menikmati konser tersebut.

3. Tempat penginapan yang dekat lokasi konser

Setelah urusan pertiketan beres, langsung pesan tempat penginapan terdekat dari venue atau lokasi yang mudah dijangkau dengan transportasi umum. Lokasi penginapan yang dekat dengan tempat acara yang ingin dituju bisa memangkas ongkos transportasi, dimana kita ketahui bahwa biaya transport di negara seperti Singapura lebih mahal.

Terlebih lagi, biasanya acara musik selesai mendekati tengah malam dimana pilihan transportasi semakin sedikit. Jadi, jika lokasi penginapan masih tergolong walking distance, hal ini akan sangat menghemat pengeluaran selama trip.

Baca Juga: Ini lo Kesalahan yang Bikin Rumah Banyak Laba-Laba

4. Pastikan paspor masih aktif

Selanjutnya, periksa persyaratan paspor, juga visa jika dibutuhkan, dan dokumen perjalanan untuk negara yang akan dikunjungi.

Untuk negara di ASEAN seperti Singapura memang tidak diperlukan visa, namun beberapa negara memerlukan visa sebelum masuk, sedangkan negara lain memberikan visa on arrival.

Sempatkan waktu untuk memeriksa persyaratan ini dan memprosesnya sesuai dengan jangka waktu yang diperlukan. Jika negara tujuan membutuhkan visa, biasanya melibatkan biaya tambahan, jadi pastikan untuk menganggarkan dana.

5. Asuransi perjalanan

Satu yang paling penting, yaitu untuk memiliki asuransi perjalanan yang mencakup perlindungan terhadap penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, perlindungan bagasi/barang hingga kecelakaan. Memliki proteksi pada saat melakukan perjalanan dapat menjaga keseruan yang didapatkan dari menonton konser, sehingga tidak menjadi keribetan saat terjadinya risiko.

Mariani mengatakan, asuransi perjalanan, dengan segala perlindungan yang ditawarkan bisa dimiliki dengan cukup terjangkau. Bahkan bisa jadi lebih murah dari anggaran satu kali makan di Singapura.

Ia ambil contoh, premi untuk asuransi perjalanan individual pada produk Allianz TravelPro untuk durasi perjalanan 1-4 hari dimulai dari Rp 94.000,-. Sedangkan, biaya sekali makan pada fast food chain di Singapura berkisar antara S$ 9-10, yang jika dikonversikan ke dalam rupiah Rp 105.000-117.000.

Lebih lanjut, Asuransi perjalanan Allianz TravelPro ini dapat memberikan beragam manfaat perlindungan secara optimal, mulai dari pembatalan dan perubahan perjalanan, keterlambatan keberangkatan dan bagasi, 24-hour emergency assistance, perlindungan kerusakan maupun kehilangan bagasi, pengobatan di luar negeri dengan limit yang sangat memadai hingga santunan kecelakaan diri dan cacat tetap.

Selain manfaat yang disediakan, sebagai brand yang memiliki reputasi worldwide, asuransi perjalanan dari Allianz Utama Indonesia ini diterima di jaringan rumah sakit internasional yang ada di seluruh dunia dan juga memberikan fasilitas cashless untuk rawat inap kepada nasabah, guna memberikan kemudahan dan kenyamanan pada saat melakukan perjalanan ke luar negeri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News