BisnisYuk

Sambil Menyelam Minum Air, Nonton Konser Sambil Jualan Merchandise Yuk

Sambil Menyelam Minum Air, Nonton Konser Sambil Jualan Merchandise Yuk

MOMSMONEY.ID - Nonton konser masuk ke dalam kebutuhan tersier, coba yuk mendapat penghasilan dan jualan merchandise saat konser. 

Budi Raharjo, perencana keuangan Oneshildt mengatakan seseorang bisa dikatakan wajar mengeluarkan uang demi bisa menonton konser yang merupakan pengeluaran tersier adalah ketika dia sudah dapat menutupi pengeluaran kebutuhan dasarnya dan pengeluaran untuk konser tersebut

"Artinya, tidak mengganggu kemampuan untuk menabung/investasi dan mengganggu rencana-rencana keuangan yang lebih prioritas. Dan yang lebih penting adalah tidak perlu harus memaksakan diri," kata Budi. 

Baca Juga: Cara Nonton Konser Hemat di Luar Negeri ala Airasia Superapp

Nah, sebenarnya di balik menonton konser yang terkesan bersifat konsumtif, ada hal yang bisa dimanfaatkan oleh seseorang untuk bisa mendapatkan cuan dari menonton konser. 

Salah satunya adalah menjual barang-barang merchandise dari idola yang mereka tonton tersebut. 

Budi bilang beberapa merchandise memang tersedia secara terbatas, barang-barang koleksi itu sering kali diburu oleh penggemar dan bernilai tinggi.

"Adalah langkah cerdas memanfaatkan peluang minat koleksi dari penggemar sekaligus mendapatkan barang-barang koleksi untuk kemudian digunakan sebagai penghasilan tambahan," kata Budi. 

Namun, harus disadari bahwa barang-barang koleksi tadi tetap memiliki nilai apabila ada banyak orang yang mengidam-idamkan. Tetap perlu, antisipasi apabila trennya sudah mulai menurun dan barang sudah menjadi kurang diminati.

Selanjutnya: Ekonom: Ekosistem Kendaraan Listrik Masih Kurang Terbangun, Meski Insentif Ditebar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News