Bugar

Moms, Ini Bahan Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui

Moms, Ini Bahan Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui

MOMSMONEY.ID - Menjadi seorang ibu menyusui membawa banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk rutinitas perawatan kulit. Selama masa menyusui, penting untuk memilih bahan skincare yang aman untuk ibu menyusui.

Menyadur dari Klik Dokter, berikut ini adalah beberapa bahan skincare yang aman untuk ibu menyusui:

1. Vitamin C

Produk kecantikan yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan untuk ibu menyusui yang ingin mengatasi masalah hiperpigmentasi dan bekas luka.

Vitamin C sebagai antioksidan dapat melindungi sel kulit dari kerusakan dan memainkan peran penting dalam produksi kolagen yang esensial untuk elastisitas dan meratakan warna kulit.

Baca Juga: Hati-Hati, Beginilah Gejala Ginjal Bocor yang Tak Banyak Diketahui

2. Bakuchiol

Bakuchiol, yang terkenal sebagai alternatif retinol yang aman, memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan mengurangi tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari.

Studi telah menunjukkan bahwa bakuchiol juga efektif dalam mengurangi garis halus, kerutan, dan meningkatkan elastisitas kulit.

3. Niacinamide

Niacinamide, yang merupakan bentuk vitamin B3, dianggap aman untuk ibu menyusui dan efektif dalam mengatasi masalah jerawat serta rosacea. Bahan ini juga membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Baca Juga: Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Minum Susu?

4. Probiotik

Probiotik yang dikenal baik untuk kesehatan usus ternyata juga memiliki manfaat bagi kulit. Ditemukan dalam produk seperti pembersih dan pelembap, probiotik dapat membantu mengatasi masalah jerawat, kulit kering, rosacea, dan eksim. Produk skincare dengan probiotik aman untuk ibu menyusui.

5. Pelembap dengan Glycerin atau Shea Butter

Mempertahankan kelembapan kulit sangat penting, terutama selama menyusui. Pelembap yang mengandung glycerin atau shea butter sangat dianjurkan karena keduanya terbukti aman dan efektif. Untuk kebutuhan yang spesifik, konsultasi dengan dokter kulit disarankan.

Baca Juga: Perhatikan! Ini 5 Gejala Asam Urat pada Kaki yang Penting untuk Dikenali

6. Asam Azelaic

Asam azelaic adalah alternatif aman lain untuk pengobatan jerawat selama masa menyusui. Bahan ini menawarkan efektivitas yang setara dengan retinoid dalam mengobati dan mencegah jerawat.

Meskipun tidak memiliki efek anti-penuaan yang sama dengan retinol, asam azelaic bisa sangat membantu dalam perawatan kulit.

Nah, itulah beberapa bahan skincare yang aman untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News