Bugar

Hati-Hati, Beginilah Gejala Ginjal Bocor yang Tak Banyak Diketahui

Hati-Hati, Beginilah Gejala Ginjal Bocor yang Tak Banyak Diketahui

MOMSMONEY.ID - Banyak dari kita mungkin tidak menyadari gejala ginjal bocor sehingga kondisi tersebut berkembang menjadi lebih serius.

Ginjal bocor adalah kondisi di mana ginjal melepaskan terlalu banyak protein ke dalam urin, sebuah keadaan medis yang dikenal sebagai proteinuria.

Mengutip dari Halodoc, proteinuria atau albuminuria berarti urin mengandung protein lebih dari batas normal karena kerusakan pada glomeruli, yaitu pembuluh darah kecil di ginjal yang berfungsi menyaring darah.

Meskipun keberadaan protein dalam urin bisa menjadi indikasi kerusakan ginjal, manusia normalnya mengeluarkan protein dalam urin sekitar 5-10 mg per hari.

Namun, jika jumlahnya mencapai 30-300 mg atau lebih setiap hari, ini bisa menunjukkan adanya masalah pada ginjal, termasuk kondisi yang disebut ginjal bocor.

Baca Juga: 4 Cara Alami Membersihkan Ginjal yang Efektif, Tertarik Coba?

Lantas, apa saja gejala ginjal bocor sebenarnya? Melansir dari laman Klik Dokter, inilah beberapa gejalanya:

1. Urin Berbusa

Perhatikan apakah urin Anda berbusa setelah buang air kecil. Jika iya, ini bisa menunjukkan adanya protein dalam urin—kondisi yang disebut proteinuria. Kondisi ini bisa menjadi tanda awal dari disfungsi ginjal.

2. Darah dalam Urin

Urin berwarna merah atau kemerahan bisa menandakan adanya sel darah yang bocor ke dalam urin, yang sering kali merupakan indikasi dari kerusakan fungsi ginjal.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Inilah 8 Kebiasaan Penyebab Kulit Cepat Tua

3. Pembengkakan (Edema)

Penurunan kadar protein albumin dalam darah karena protein terbuang lewat urin dapat menyebabkan pembengkakan di tangan, kaki, perut, mata, dan wajah.

4. Rentan Terhadap Infeksi

Kekurangan protein mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, sehingga tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit infeksi.

Baca Juga: Daftar Makanan untuk Menurunkan Gula Darah, Ada 17 Pilihan

5. Otot Kram dan Tulang Rapuh

Kekurangan protein dapat menyebabkan otot sering kram dan tulang menjadi rapuh karena kurangnya nutrisi penting untuk menjaga kekuatannya.

6. Kadar Kreatinin dan Ureum Meningkat

Peningkatan kreatinin dan ureum dalam darah adalah tanda umum dari kerusakan ginjal, yang juga bisa menyebabkan gejala seperti lelah berlebihan dan urin berwarna gelap.

Baca Juga: 10 Penyebab Gula Darah Naik yang Sering Tak Disadari, Cek di Sini!

7. Nafsu Makan Menurun

Akumulasi racun dalam tubuh karena ginjal tidak mampu menyaring dengan baik bisa menyebabkan penurunan nafsu makan.

8. Mual dan Muntah

Kenaikan ureum dalam darah karena kerusakan ginjal dapat menyebabkan mual dan muntah.

Baca Juga: Berikut Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, yuk Coba

9. Sesak Napas

Penumpukan cairan dalam tubuh karena ginjal gagal mengeluarkannya bisa menyebabkan sesak napas.

10. Gangguan Elektrolit

Kerusakan ginjal dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh, terutama kalium, yang bisa menyebabkan kelemahan tubuh, kelelahan, mual, dan muntah.

Baca Juga: Layak Dicoba! Ini 6 Minuman untuk Menurunkan Gula Darah yang Ampuh

Demikianlah ulasan lengkap terkait gejala ginjal bocor yang perlu Anda ketahui. Jika Anda merasakan gejala di atas, jangan ragu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News