Bugar

Perhatikan! Ini 5 Gejala Asam Urat pada Kaki yang Penting untuk Dikenali

Perhatikan! Ini 5 Gejala Asam Urat pada Kaki yang Penting untuk Dikenali

MOMSMONEY.ID - Asam urat adalah salah satu bentuk arthritis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah menjadi terlalu tinggi, sehingga menyebabkan kristal urat terbentuk dan menumpuk di sendi. Sendi pada kaki sering menjadi area yang paling terpengaruh, khususnya jempol kaki. Seperti apa gejala asam urat pada kaki?

Berikut ini adalah beberapa gejala asam urat pada kaki yang penting untuk Anda kenali:

1. Nyeri Sendi yang Intens

Gejala paling umum dari asam urat adalah nyeri yang sangat hebat pada sendi yang terkena, sering kali terjadi di jempol kaki, telapak kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Mengutip dari Alodokter, nyeri ini bisa terasa sangat tajam, berdenyut, rasa seperti terbakar, dan bahkan gerakan kecil sekalipun bisa menjadi sangat menyakitkan. Kondisi ini dapat mengganggu kemampuan berjalan dan beraktivitas.

Baca Juga: Berikut Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, yuk Coba

2. Pembengkakan di Sekitar Sendi

Sendi yang terkena asam urat seringkali terlihat bengkak. Pembengkakan ini terjadi karena peradangan akibat iritasi dari kristal asam urat yang menumpuk di dalam sendi.

3. Kekakuan Sendi

Nyeri yang hebat dan pembengkakan dapat menyebabkan sendi menjadi sangat kaku, sehingga membatasi rentang gerak dan membuat sulit untuk bergerak. Kekakuan ini biasanya lebih terasa pada pagi hari atau setelah periode istirahat yang panjang.

Baca Juga: Buah Beku dan Buah Segar, Mana yang Lebih Sehat?

4. Perubahan pada Kulit Sekitar Sendi

Kulit di sekitar sendi yang terkena sering mengalami perubahan, seperti menjadi kemerahan atau keunguan, dan terasa hangat ketika disentuh.

5. Muncul Benjolan atau Tofi

Dalam kasus kronis, penumpukan kristal asam urat yang berkelanjutan bisa menyebabkan pembentukan tofi—benjolan keras yang bisa muncul di sekitar sendi.

Melansir dari Good Doctor, tofi sering muncul di tempat-tempat seperti atas jari kaki, belakang tumit, depan lutut, punggung jari dan pergelangan tangan, sekitar siku, dan bahkan di telinga.

Meskipun tofi biasanya tidak menyakitkan, benjolan bisa menjadi nyeri jika terjadi peradangan.

Baca Juga: Inilah Pertolongan Pertama Angin Duduk yang Penting Anda Ketahui

Demikianlah ulasan dari gejala asam urat pada kaki yang perlu Anda kenali. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Indonesia Eases Local Content Requirement for Solar Power Plants to 20%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News