Santai

5 Tanaman Hias Indoor Populer yang Bisa Menarik Hama dan Serangga ke Rumah

5 Tanaman Hias Indoor Populer yang Bisa Menarik Hama dan Serangga ke Rumah

MOMSMONEY.ID - Tanaman hias indoor atau tanaman dalam ruangan memiliki keunikan sendiri. Akan tetapi, tanaman hias indoor bisa menarik hama dan serangga ke dalam rumah. 

Ya, berikut ini terdapat lima tanaman hias indoor populer yang bisa menarik hama dan serangga ke rumah. 

Dari sukulen hingga tanaman ular, tanaman dalam ruangan menghadirkan elemen alami ke bagian mana pun di rumah Anda dan tampak cantik di tempat mana pun.

Sayangnya, tanaman juga memiliki peluang bagi hama untuk memakannya.

Baca Juga: 8 Tren Tanaman Hias Indoor Tahun 2024 yang Fantastis, Wajib Ada di Rumah

Mengutip The Spruce, berikut ini tanaman hias indoor populer yang bisa menarik hama dan serangga :

1. Lidah Buaya 

Tanaman ini disukai oleh semua orang karena sifatnya yang mendinginkan dan menyembuhkan serta toleransinya terhadap apa pun. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan tidak membutuhkan banyak perhatian.

Namun, tanaman ini menarik serangga, khususnya lalat jamur, terutama jika Anda menyiramnya terlalu banyak. Untuk tanaman aloe vera kesayangan Anda, biarkan tanah tetap kering dan bebas lalat.

2. Sayuran 

Tidak mengherankan, sayuran dalam ruangan, terutama tomat dan bawang, dapat menarik hama ke tanaman dan rumah Anda.

Khususnya, kutu daun, serangga sisik, dan lalat putih sangat tertarik pada taman dalam ruangan Anda dan populasinya dapat tumbuh dengan cepat.

Sebaiknya terus pantau sayuran Anda dan cuci dengan tangan untuk membunuh serangga apa pun.

Interior rumah dengan tanaman hias

Baca Juga: Tanaman Hias Indoor Mudah Dirawat Bisa Bantu Menjaga Kebersihan Udara di Rumah

3. Pakis

Pakis tumbuh subur dalam kelembapan tinggi dan membutuhkan lebih banyak air daripada tanaman dalam ruangan pada umumnya.

Penyiraman yang berlebihan tentu saja dapat menarik tamu yang tidak diinginkan seperti sisik, kutu putih, dan tungau laba-laba. 

Untuk membasmi serangga apa pun pada pakis Anda, semprot tanaman Anda dengan air hangat dan singkirkan hama dengan hati-hati. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kami sarankan untuk memantau tanaman dalam ruangan Anda seminggu sekali.

4. Peony 

Peony terkenal karena menarik semut yang pasti tidak Anda inginkan di rumah Anda, terutama di dapur. 

Untuk membasmi serangga kecil yang mengganggu ini, pegang tangkai secara terbalik dan goyangkan perlahan untuk mengeluarkan semut dari bunga. Anda juga dapat mencuci bunga peony dengan tangan untuk membasmi semut yang membandel.

5. Tanaman Sukulen 

Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air dan dapat tumbuh tanpa sinar matahari langsung. Selain itu, tanaman ini memberikan sentuhan hangat dan mengundang ke setiap ruang kecil di rumah Anda.

Baca Juga: 12 Buah Bisa Ditanam di Dalam Rumah, Jadi Tanaman Hias Indoor

Namun, beberapa tanaman sukulen, seperti tanaman yang menghasilkan getah manis, tentu akan menarik serangga seperti kutu putih dan semut.

Tanda paling umum hama menyerang tanaman sukulen Anda adalah jika Anda melihat lubang di salah satu daun atau tangkai.

Akar yang terlalu padat atau berubah warna juga merupakan tanda tanaman sukulen manis Anda diserbu. Untuk hama pada tanaman sukulen, kami sarankan untuk menyemprot serangga dengan campuran alkohol dan air.

Ini akan langsung membunuh serangga. Kiat lainnya adalah menjaga tanaman sukulen Anda sekering mungkin. Serangga menyukai air, jadi semakin kering tanah semakin baik.

Jadi itulah beberapa tanaman hias indoor populer yang bisa menarik hama dan serangga. 

Selanjutnya: Ini 5 Varian Serum Hanasui untuk Mencerahkan Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News