Santai

8 Tren Tanaman Hias Indoor Tahun 2024 yang Fantastis, Wajib Ada di Rumah

8 Tren Tanaman Hias Indoor Tahun 2024 yang Fantastis, Wajib Ada di Rumah

MOMSMONEY.ID - Tren tanaman hias berubah setiap tahun. Pada tahun 2024 terdapat tren tanaman hias indoor yang fantastis. Apa saja tren tanaman hias indoor tahun 2024?

Tanaman hias indoor tahun 2024 berikut ini dapat Anda jadikan sebagai tanaman di dalam rumah untuk menambah dekorasi. 

Ada beragam jenis tren tanaman hias indoor tahun 2024 sebagai koleksi yang wajib ada di rumah. 

Baca Juga: Hobi Menanam Tanaman Hias Indoor? Yuk Simak 6 Kebiasaan Wajib Dilakukan

Bersumber dari Balcony Garden Web, berikut 8 tren tanaman hias indoor tahun 2024: 

1. Pilih tanaman merambat, tanaman pemanjat, dan tanaman trailing

Tanaman hias indoor ini menawarkan pendekatan yang lebih langsung untuk menghadirkan penghijauan ke dalam apartemen kompak. Tanaman yang tertinggal secara efisien menggunakan ruang vertikal dan menjuntai dengan indah.

2. Pikirkan tekstur, warna, dan variasi

Tahun ini semuanya tentang tekstur, warna-warna cerah, dan dedaunan beraneka ragam. Pilih tanaman yang memiliki palet warna paling banyak.

Tahun 2024 adalah tentang personalisasi dan ekspresi, yang membutuhkan tanaman yang memiliki tekstur dan warna. Dengan pola uniknya, spesimen warna-warni ini akan menawarkan dekorasi rumah yang instagramable.

3. Pilih tanaman hias ramah hewan 

caladium bicolor

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Indoor yang Aman untuk Kucing Peliharaan di Rumah

Bagaimana jika Anda memiliki tanaman bagus untuk menghiasi rumah Anda, tetapi anak anjing Anda yang lucu atau kucing Anda yang penasaran tidak bisa mendekatinya?

Anda membutuhkan yang ramah hewan peliharaan untuk menikmati yang terbaik.

Semakin banyak generasi milenial dan Gen Z yang menjadikan hewan peliharaan sebagai bagian dari keluarga mereka, dan hal serupa terjadi pada tahun 2024.

Menambahkan tanaman ini akan menciptakan lingkungan yang aman bagi hewan peliharaan sekaligus menambah suasana alami dan damai di dalam ruangan.

4. Gunakan spesimen dengan perawatan rendah

Tahun 2024 adalah tentang tanaman dengan perawatan rendah yang menyebarkan keindahan jika diabaikan. Mengapa membiarkan tanaman yang tidak berbahaya mengambil alih jadwal sibuk Anda?

Gaya hidup pemilik rumah modern yang sibuk memberi mereka sedikit waktu untuk merawat spesimen dalam ruangan. 

Tanaman dengan pemeliharaan rendah menawarkan keindahan dan kualitas udara yang lebih baik tanpa komitmen waktu terhadap varietas dengan pemeliharaan tinggi.

5. Pohon palem

Pohon palem memiliki nuansa santai dan rimbun yang membuat ruangan Anda terlihat besar tanpa susah payah. Ada banyak pohon palem yang bagus untuk dipilih.

Pohon palem populer karena kemampuannya menciptakan kesan tropis dengan daunnya yang subur dan tingginya yang tinggi. Mereka juga selaras dengan desain biofilik, di mana unsur-unsur alam dimasukkan ke dalam suasana dalam ruangan modern.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Indoor Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah

6. Berkebun ramah lingkungan

Singkirkan semua yang berbahan plastik dan gunakan yang alami. Lebih baik lagi, berkreasilah dengan toples bekas, cangkir teh, atau bahkan gantungan macrame untuk menanam tanaman Anda.

Praktik berkelanjutan, seperti penggunaan bahan daur ulang untuk perkebunan dan metode pengendalian hama organik, akan membantu kita menurunkan jejak karbon, sekaligus berkontribusi terhadap isu-isu seperti perubahan iklim dan polusi plastik.

7. Maksimalkan penataan

Minimalisme telah menjadi tren sejak lama dan mendominasi desain interior. Tema tahun 2024 pastinya maksimalisme untuk menciptakan ruang dalam ruangan yang lebih berani dan ekspresif dengan menggunakan beragam campuran tanaman, pekebun, dan penataan!

8. Tanam lebih banyak

Penanaman pendamping akan membantu Anda meniru lingkungan alami sehingga berbagai tanaman dapat tumbuh bersama.

Dengan mengelompokkan varietas dengan kebutuhan air dan cahaya yang serupa, Anda dapat menciptakan iklim mini yang indah dengan pendekatan berlapis untuk mendapatkan titik fokus yang sangat baik.

Menanam berbagai jenis dan varietas tanaman membantu kita menciptakan ekosistem mikro di rumah, yang juga bermanfaat bagi kesehatan tanaman. Ini mempromosikan pendekatan yang lebih alami dalam mendesain dengan tanaman sambil memenuhi kebutuhannya.

Jadi, itulah beberapa tren tanaman hias indoor tahun 2024 yang dapat Anda jadikan referensi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News