Santai

12 Buah Bisa Ditanam di Dalam Rumah, Jadi Tanaman Hias Indoor

12 Buah Bisa Ditanam di Dalam Rumah, Jadi Tanaman Hias Indoor

MOMSMONEY.ID - Beberapa tanaman hias indoor dapat ditanam di dalam rumah. Namun, tahukah Anda terdapat buah bisa ditanam di dalam rumah?

Ya, ada beberapa buah bisa ditanam di dalam rumah. Bagi Anda yang tidak memiliki lahan cukup di luar rumah dapat menanam buah ini.

Bibit buah berikut ini bisa ditanam di dalam rumah sehingga menjadi seperti tanaman hias indoor. 

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Indoor yang Aman untuk Kucing Peliharaan di Rumah

Mengutip Balcony Garden Web, berikut buah bisa ditanam di dalam rumah:

1. Lemon

Kultivar jeruk yang dingin dan kuat ini berasal dari Tiongkok dan merupakan persilangan antara jeruk sitrun dan hibrida mandarin. 

Dengan kulit tipis dan harum, buah bulat berwarna kuning tua lebih manis dan tidak terlalu asam dibandingkan lemon lainnya dan sering diberi label sebagai varietas wadah terbaik karena perawakannya yang pendek.

Jeruk padat dengan hasil tinggi ini tumbuh dengan baik dalam wadah di cuaca sedang dan hangat, dengan sinar matahari yang cukup, tanah yang lembab dan memiliki drainase yang baik, serta pemupukan yang teratur.

2. Jeruk Calamondin

Buah jeruk asli Tiongkok lainnya, buah jeruk yang mudah dirawat ini merupakan persilangan antara jeruk mandarin dan kumquat. 

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Indoor Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah

Namun buah padat ini tidak semuanya manis. Bersandar pada rasa asam yang membuat wajah terasa asam, jeruk calamondin digunakan dalam selai jeruk, selai, dan bahan penyedap rasa jeruk.

Untuk menanam jeruk ini di rumah Anda, pilihlah pot berukuran standar dengan tanah yang memiliki drainase yang baik, dan simpan di ruang berjemur atau teras untuk menanam buah-buahan harum ini.

3. Alpukat

Alpukat

Makanan super ini tumbuh dengan baik di dalam ruangan, bahkan tanpa kondisi yang tepat! Alpukat dapat diperbanyak dari bijinya, namun jika ingin hasil yang cepat, pilihlah tanaman yang sehat dari pembibitan.

Jendela yang menghadap ke selatan dan media tanam yang memiliki drainase yang baik adalah suatu keharusan! Dan ingatlah untuk menanamnya dalam wadah yang ukurannya satu atau dua kali lebih besar dari bola akar untuk menghindari penyiraman yang berlebihan.

4. Pisang Kerdil

Ya, Anda bisa menanam pisang di dalam ruangan! Dengan tangkai yang relatif pendek, varietas ini mudah dikelola di dalam ruangan. 

Tanaman ini mungkin akan berbuah jika ditempatkan dalam wadah yang cukup besar dan terkena sinar matahari langsung, namun jika tidak, tanaman ini dapat langsung memberikan perubahan tropis pada rumah Anda. 

5. Aprikot

Pohon aprikot menghasilkan bunga mekar berwarna merah muda dan putih di musim semi dan dihiasi dengan buah berwarna merah muda cerah sekitar setengah tahun kemudian. 'Moorpark' dan 'Goldcot' adalah varietas yang sangat baik untuk wadah. 

Tempatkan pot di tempat yang menerima cahaya langsung selama enam hingga delapan jam dan air secara konsisten, seperti balkon atau ambang jendela yang terkena sinar matahari. 

Meskipun Anda tidak memberinya sinar matahari, ia akan terus tumbuh tetapi mungkin tidak menghasilkan buah. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang menanam aprikot dalam pot. 

Baca Juga: 15 Tanaman Hias Indoor untuk Rumah Minimalis, Tidak Perlu Banyak Ruang

6. Murbei

Meskipun merupakan varietas kerdil, tanaman ini tumbuh dengan cepat seperti kultivar murbei lainnya tetapi mudah dikelola dan dapat diperkecil hingga 6 kaki dalam pot dengan pemangkasan teratur. 

Pilih tempat yang cerah di dekat ambang jendela Anda, dan berikan ruang yang cukup bagi daunnya yang besar untuk berkembang demi pertumbuhan terbaik.

7. Stroberi

Tanaman stroberi terlihat sama ajaibnya dengan buahnya! Dengan perawatan yang tepat, tanaman kecil ini dapat dibujuk untuk menghasilkan buah yang manis dan berair, bergelantungan di keranjang, atau muncul dari kotak jendela dari jendela kamar Anda. 

8. Nanas

Lain kali Anda membeli nanas, buang bagian atasnya dan masukkan ke dalam air untuk menumbuhkan akar baru. Dan voila! Anda sekarang siap untuk memanen kembali buah eksotis ini dari dalam rumah Anda. 

Nanas Anda membutuhkan setidaknya 6 jam sinar matahari langsung, banyak air, dan campuran pot yang kaya dan memiliki drainase yang baik.

Baca Juga: 8 Tren Tanaman Hias Indoor Tahun 2024 yang Fantastis, Wajib Ada di Rumah

9. Goji Berry

“Buah super” Asia yang kaya vitamin ini tumbuh dengan baik di dalam ruangan dengan banyak sinar matahari dan drainase yang baik. Semak tahan kekeringan ini menghasilkan buah merah menyala berbentuk lada yang manis sekitar 2-3 tahun setelah tanam. 

Namun, ia tidak suka menjadi terlalu basah! Tempatkan mereka di ruangan dengan jendela besar atau balkon.

10. Kumquat

Sesuai Feng shui, yang terbaik adalah menempatkannya di pintu masuk rumah Anda, asalkan mendapat cukup cahaya. Agar tanaman lebat dan kokoh, potong ujungnya saat masih muda.

Baca Juga: Tanaman Hias Indoor Mudah Dirawat Bisa Bantu Menjaga Kebersihan Udara di Rumah

11. Pohon Kopi

Yang ini untuk para pecinta kafein sejati! Dengan daun hijau mengkilap, bunga mekar seperti melati, dan kumpulan buah beri merah, tanaman kopi merupakan tambahan yang indah di dalam ruangan. Tanaman ini menikmati sinar matahari yang tersebar, kehangatan yang konsisten, kelembapan, dan air untuk tumbuh subur.

12. Pohon Zaitun

Dengan sinar matahari yang cukup, pohon zaitun dalam ruangan Anda akan memberi Anda dedaunan berwarna sage yang menakjubkan dan mudah dirawat. 

Buah-buahnya yang berharga mungkin muncul secara bertahap, tetapi sungguh, mulailah menanam dan mencintai pohon zaitun karena bentuknya yang sempurna!

Itulah beberapa buah bisa ditanam di dalam rumah. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News