Keluarga

5 Negara dengan Air Minum Terbersih di Dunia, Bisa Minum dari Keran Langsung

5 Negara dengan Air Minum Terbersih di Dunia, Bisa Minum dari Keran Langsung

MOMSMONEY.ID - Negara-negara ini punya sumber air minum terbersih di dunia. Bahkan airnya bisa diminum langsung dari keran tanpa takut sakit perut.

Sumber air minum ini tak pernah tersentuh polusi maupun zat membahayakan, serta telah melalui filterasi yang cukup banyak. Mari kita intip negara mana sajakah yang memiliki air minum terbersih di dunia.

Baca Juga: 5 Jenis Air yang Paling Aman untuk Diminum Menurut Penelitian

Finlandia

Finlandia adalah negara terbaik di dunia dalam hal kualitas air minum, terutama dari keran langsung. Tak cuma aman, air ini lezat dan tak ada zat maupun organisme berbahaya yang mengganggu kesehatan.

Bahkan, mengutip dari Culligan, air keran Finlandia justru lebih bersih, aman, dan enak dibandingkan banyak air kemasan lainnya.

Islandia

Punya curah hujan yang tinggi, Islandia punya air tanah dalam jumlah besar & berkualitas sangat baik.

Baca Juga: 7 Jenis Buah yang Tak Boleh Disimpan dalam Lemari Es, Bikin Nilai Gizinya Hilang

Air di Islandia bebas dari klorin, kalsium, dan nitrat. Air ini telah disaring melalui bantuan vulkanik selama beberapa dekade yang membuatnya aman dikonsumsi.

Persentase 95% dari seluruh air di Islandia yaitu berasal dari mata air dalam tanah. Itu artinya, air ini tidak bersentuhan dengan polutan. Tak heran, banyak negara yang membeli air kemasan dari Islandia.

Greenland

Jenis air yang aman diminum

Baca Juga: 6 Makanan yang Mengandung Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk

Greenland terkenal karena air minumnya yang terjangkau dan bersih. Para penghuni Greenland menggunkaan es dari lapisan es ke dalam minuman mereka. Kementrian Greenland pun memastikan air bersih yang ada di sana aman dan mencukupi kebutuhan warganya.

Greenland sangat ketat mengelola air es ini. Air keran, sungai, hingga danaunya pun aman diminum di seluruh wilayah sana. Bahkan banyak yang mempromosikan bebatuan es Greenland sebagai barang mewah, mengutip The Barkey.

Belanda

Kualitas air minum di Belanda sangat bagus. Air minum tersebut diperoleh dari air tanah & air permukaan, dimana 58% berasal dari air tanah, 41% bersumber dari danau dan sungai, serta 1% lainnya berasal dari air bukit pasir alami.

Belanda adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak mengolah air minum mereka dengan klorin. Hal ini karena air mereka mengalami beberapa tahap pemurnian sebelum mencapai keran, termasuk penyaringan pasir, filter UV, dan penyaringan melalui membran khusus.

Baca Juga: Tingkatkan Kadar O2 ke Otak, Inilah 5 Jenis Makanan yang Kaya Akan Oksigen

Swedia

minum air

Baca Juga: Perbedaan Daging Merah vs Daging Putih, Mana yang Kandungan Nutrisinya Lebih Tinggi?

Swedia merupakan salah satu negara dengan air minum terbersih yang memiliki kualitas tinggi yang telah melewati banyak lapisan filtrasi, termasuk saluran majemuk & alami.

Salah satu alasan mendasar mengapa air di Swedia begitu bersih adalah karena tidak adanya kontaminasi di negara tersebut.

Udara bersih membantu mencegah kontaminasi sehingga mengaburkan aliran sungai, menghasilkan air jernih di keran warga.

Sebagai bukti betapa bersihnya air di Swedia, Organisasi Internasional untuk Standardisasi memberikan Swedia Sertifikasi Kualitas pada tahun 2017. Kualitas airnya dinilai sempurna, tidak ada organisme mikroskopis, terutama di perkotaan.

Itu dia kelima negara dengan air minum terbersih di dunia. Sudahkah Anda mencoba air minum dari negara-negara di atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News