Keluarga

7 Jenis Buah yang Tak Boleh Disimpan dalam Lemari Es, Bikin Nilai Gizinya Hilang

7 Jenis Buah yang Tak Boleh Disimpan dalam Lemari Es, Bikin Nilai Gizinya Hilang

MOMSMONEY.ID - Banyak yang beranggapan bahwa buah yang disimpan dalam lemari es akan lebih segar dan awet tahan lama. Namun kenyataannya, ini tak sepenuhnya benar.

Buah yang disimpan dalam lemari es ternyata rata-rata menunjukkan hal yang sebaliknya. Buah-buahan tersebut cenderung menghasilkan rasa yang lebih hambar, tekstur yang keras, menghilangkan nilai gizi, dan memperlambat proses pematangan buah.

Lantas, buah apa saja yang tak boleh disimpan dalam lemari es? Coba simak beberapa jenis buah tersebut, yuk!

Baca Juga: 5 Tips Plating Makanan Super Cantik ala Restoran, Bikin Hidangan Terasa Lebih Enak

Pisang

Pisang

Pisang tak boleh disimpan dalam lemari es. Jika dipaksakan masuk ke dalam lemari es, maka kulitnya akan mulai berubah warna berubah menjadi kehitaman. Selain itu, pisang yang didinginkan juga tidak akan cepat matang

Oleh karenanya, disarankan menyimpan pisang hanya dalam suhu ruang supaya kesegaran & rasanya lebih optimal.

Baca Juga: 7 Tips Hemat Belanja Awal Bulan Jelang Lebaran untuk Keluarga, Anti Boros

Semangka

Siapa yang sering mendinginkan semangka dalam lemari es supaya tak cepat lembek? Ternyata cara ini tak sepenuhnya dibenarkan para ahli gizi.

Mengutip dari Times of India, buah semangka yang disimpan dalam lemari es akan menyebabkan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya menjadi berkurang. Selain itu, nilai gizi lainnya pun akan ikut berkurang.

Leci

Leci

Baca Juga: 5 Tips Bikin Sarapan Super Cepat untuk Keluarga, Moms yang Sibuk Wajib Tiru

Di cuaca yang panas seperti saat ini, buah leci kerap jadi pilihan banyak orang untuk dikonsumsi. Supaya awet lama, terkadang buah ini disimpan dalam lemari es dengan tujuan menjaga kesegaran & masa simpannya.

Sayangnya, buah leci mudah rusak. Jika buah ini disimpan dalam lemari es, maka hanya kulitnya saja yang akan berubah menjadi segar, sementara bagian daging leci bisa rusak.

Metode terbaik adalah menyimpannya di dalam air supaya tetap segar dalam jangka waktu yang lama.

Tomat

Tomat tidak boleh didinginkan dalam lemari es, sebab bisa mengubah rasanya, mengurangi warnanya, serta membuat teksturnya menjadi kering & tak berlendir, dikutip dari Turn to 23.

Tomat harus disimpan di tempat yang sejuk & kering supata cepat matang & tetap menjaga kesegarannya.

Baca Juga: 6 Kesalahan Saat Masak Sayuran Hijau, Bikin Warnanya Pucat dan Nutrisi Jadi Hilang

Nanas

Jus nanas

Nanas adalah tipe buah tropis yang akan tumbuh subur di cuaca panas. Sementara itu, nanas tidak akan matang/subur dengan baik jika didiamkan dalam cuaca dingin.

Pada suhu ruangan, nanas akan matang dan mengeluarkan aroma manis yang menandakan bahwa buah ini siap disantap

Mangga

Buah mangga

Jangan salah, ternyata mangga yang disimpan di lemari es dapat menyebabkan perlambatan proses kematanagn & memengaruhi rasa serta teksturnya, lho!

Mengutip dari Fakaza, pendinginan ini menimbulkan adanya kerusakan berupa bintik hitam, atau bahkan pematangan yang tidak merata.

Cara terbaik menyimpan buah mangga adalah pada suhu kamar supaya matang sempurna dengan rasa yang manis.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Bikin Talenan Cepat Rusak dan Banyak Kuman

Alpukat

Buah alpukat juga sebaiknya tak boleh disimpan dalam lemari es, sebab membuat daging buah ini jadi mengeras. Rasa alpukat dalam lemari es pun cenderung sedikit lebih hambar dari yang seharusnya.

Itu dia aneka buah yang tak boleh disimpan dalam lemari es. Ternyata buah-buahan di atas, rata-rata merupakan buah tropis yang memang lebih tumbuh subur & awet tahan lama jika disimpan di suhu ruang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News