Keluarga

5 Jenis Air yang Paling Aman untuk Diminum Menurut Penelitian

5 Jenis Air yang Paling Aman untuk Diminum Menurut Penelitian

MOMSMONEY.ID - Setiap hari, makhluk hidup mengonsumsi air untuk diminum. Namun, apakah jenis air yang kita konsumsi benar-benar aman untuk diminum?

Tubuh manusia membutuhkan paling tidak 60% air supaya bisa berfungsi baik.

Meski pada umumnya air membuat tubuh terhidrasi, namun ada beberapa jenis air yang memberi dampak berbeda untuk tubuh, entah karena pH yang berbeda, ataupun kandungannya.

Momsmoney telah merangkum sederet jenis air yang paling aman untuk diminum berdasarkan penelitian. 

Baca Juga: Konsumsi Rutin, Ini 5 Minuman Detoks yang Bikin Lemak Perut Hancur

Spring water

Berdasarkan penelitian, spring water merupakan jenis air yang paling aman sekaligus menyehatkan untuk diminum. Air ini mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, natrium, dan kalium.

Spring water berasal dari mata air di sumber bawah tanah. Jenis air ini paling murni karena organik tanpa pengolahan apapun, menurut laman Klean Kanteen.

Karena termasuk air murni, maka pH air ini di tingkat basa alami, yakni lebih dari 7. Spring water memiliki beragam manfaat baik, sehingga ideal diminum oleh para atlet karena memberi efek hidrasi ekstra. Tidak ada efek samping berbahaya jika meminum jenis air murni ini.

Jenis air yang aman diminum

Baca Juga: 6 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Matahari Terbenam, Kok Bisa?

Tap water

Tap water atau air keran yang dapat diminum merupakan salah satu jenis air murni yang telah melewati berbagai metode pemurnian, sehingga aman diminum karena sudah menyaring bakteri, virus, patogen, dan kontaminan potensial yang berbahaya, dikutip dari Medicine Net.

Meski telah melewati proses pemurnian, namun air ini tidak mengandung nutrisi, sebab telah terbasmi bersamaan dengan pemurnian bakteri dan lainnya.

Namun, tak semua air keran bisa diminum. Jika air keran tidak melewati penyaringan patogen, maka Anda akan mengalami sakit perut, diare, hingga demam. Jangka panjangnya bisa menyebabkan kanker.

Baca Juga: Teh Herbal-Matcha, Ini Jumlah Kafein dalam Berbagai Jenis Teh

Air alkali

Memiliki pH lebih dari 8, air alkali termasuk salah satu jenis air yang paling aman diminum menurut penelitian. Air alkali berkhasiat melawan radikal bebas dalam tubuh yang sebabkan peradangan.

Selain itu, air alkali dapat meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh. Mengandung kalsium, bikarbonat, dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Kelemahan air alkali adalah dapat mengubah kadar asam lambung yang bisa menurunkan tingkat pH alami tubuh.

Konsumsi air alkali yang berlebihan dapat menyebabkan alkalosis metabolik yang menyebabkan mual dan muntah, dilansir dari Fakaza News.

Baca Juga: Mampu Hilangkan Dahaga, Coba 7 Minuman Terbaik Pengganti Cairan Tubuh Ini

Jenis air yang aman diminum

Air Reverse Osmosis

Reverse Osmosis (air RO) merupakan salah satu metode penyaringan untuk memurnikan air minum, sehingga membuatnya jadi salah satu jenis air paling aman diminum karena telah menghilangkan kontaminan berbahaya, semacam timbal & arsenik.

RO efektif mengolah air minum sehingga banyak digunakan di banyak unik pengolahan air rumah.

Baca Juga: Green Tea vs Matcha, Sama atau Berbeda?

Air mineral

Seperti namanya, air mineral berasal dari mata air mineral bawah tanah yang dilindung.

Menurut Badan Pengawas Obat & Makanan AS (FDA), produk tersebut harus mengandung setidaknya 250 bagian per juta pelarut mineral & tidak ada mineral tambahan yang dapat ditambahkan.

Air mineral kaya akan mineral, termasuk magnesium, sulfat, bikarbonat, dan kalsium.

Itulah sederet jenis air yang paling aman diminum menurut berbagai penelitian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News