Santai

5 Manfaat Rutin Konsumsi Multivitamin, Salah Satunya Bisa Terhindar Pikun

5 Manfaat Rutin Konsumsi Multivitamin, Salah Satunya Bisa Terhindar Pikun

MOMSMONEY.ID - Berikut ini beragam manfaat konsumsi multivitamin secara rutin untuk kesehatan.

Makan makanan bernutrisi tentu wajib menjadi perhatian utama untuk menambah kesehatan tubuh.

Bagi yang merasa kurang mengonsumsi makanan bernutrisi, multivitamin biasanya jadi pilihan untuk ditambahkan dalam diet.

Multivitamin banyak mengandung beragam jenis vitamin baik untuk melengkapi nutrisi harian yang belum tercukupi.

Bukan hanya bagus untuk menambah nutrisi baik, ada juga beragam manfaat rutin mengonsumsi multivitamin untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Penuh Manfaat, Intip 5 Khasiat Daging Kambing yang Jarang Diketahui Ini

Meningkatkan imunitas

Jenis vitamin yang bagus untuk meningkatkan imun adalah vitamin C, D, dan juga zat besi. Kekurangan nutrisi tersebut bisa membuat tubuh kesulitan untuk melawan sakit penyakit.

Sebab vitamin C dan zat besi kaya akan anti oksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas penyebab peradangan dan penyakit.

Sedangkan vitamin D bagus untuk melancarkan fungsi usus yang sama pentingnya seperti vitamin C dan zat besi. Kandungan lengkap tersebut banyak menjadi bahan utama dalam multivitamin yang bisa dibeli secara bebas.

Memperbaiki tingkat energi

Untuk meningkatkan energi dengan cara lebih sehat, cobalah mengonsumsi multivitamin secara rutin. Meski tidak bisa memberikan efek perbaikan energi yang instan, namun perlahan tingkat energi bisa diperbaiki dengan rutin minum multivitamin diikuti gaya hidup sehat.

Mengutip laman Very Well Fit, vitamin dan mineral tertentu, seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, magnesium, dan seng, berperan dalam metabolisme energi, sintesis DNA, transportasi oksigen, dan fungsi saraf yang penting untuk kesehatan dan fungsi otak dan otot.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Susu Kambing yang Perlu Diketahui, Sudah Pernah Coba?

Mempertajam ingatan

Seiring bertambahnya umur, asupan nutrisi seperti vitamin dan mineral perlu ditingkatkan guna mempertahankan ingatan ketika tua. 

Menurut National Institute on Aging, pikun, fokus yang buruk, dan kesulitan belajar adalah tanda-tanda khas penuaan. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa multivitamin dapat membantu mengatasi masalah itu dengan mempertajam fungsi otak.

Kehamilan lebih sehat

Guna meningkatkan kesehatan selama masa hamil, penting untuk mengonsumsi multivitamin sedari dini sebelum masa kehamilan dimulai.

Vitamin prenatal adalah multivitamin yang diformulasikan khusus untuk mendukung kebutuhan nutrisi ibu hamil dan perkembangan sel, jaringan, dan organ bayi. Selama kehamilan, asupan folat, zat besi, kolin, vitamin D, dan yodium perlu ditingkatkan secara signifikan.

Tidak mudah cemas

Kenyataan masa kini yang harus dihadapi adalah masalah kesehatan mental semakin meningkat. Meski begitu, ada banyak penelitian yang dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Salah satunya, menurut Eating Well, adalah penelitian baru tentang bagaimana nutrisi dapat mempengaruhi tantangan psikologis secara positif.

Sebuah studi tahun 2021 terhadap 30 orang dengan kecemasan, yang diterbitkan di Frontiers in Psychiatry, menemukan bahwa vitamin D dosis tinggi secara efektif memperbaiki gejala kecemasan.

Multivitamin juga wajib dikonsumsi dengan dosis tepat dan tidak berlebih untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News