Keluarga

5 Kesalahan Memakai Hair Oil yang Bisa Merusak Rambut, Nomor 2 Sering Terjadi!

5 Kesalahan Memakai Hair Oil yang Bisa Merusak Rambut, Nomor 2 Sering Terjadi!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 kesalahan memakai hair oil yang bisa merusak rambut.

Hair oil menjadi salah satu produk perawatan rambut yang layak untuk dipertimbangkan terutama jika rambut Anda kering.

Kendati bermanfaat, namun hair oil bisa menimbulkan masalah baru pada rambut jika Anda menggunakannya dengan cara yang salah.

Wajib Anda hindari atau perbaiki, berikut 5 kesalahan memakai hair oil yang bisa merusak rambut sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Bau Badan yang Harus Anda Tahu

1. Langsung menyisir rambut setelah mengaplikasikan hair oil

Kesalahan memakai hair oil yang bisa merusak rambut pertama yaitu langsung menyisir rambut setelah mengaplikasikan hair oil.

Sebagai praktik rutin, wajar jika Anda gemas untuk segera menyisir rambut setelah mengaplikasikan hair oil guna menghilangkan kusut. Faktanya, langsung menyisir rambut setelah mengaplikasikan hair oil merupakan kesalahan umum yang harus Anda hindari.

Setelah dipijat dengan hair oil, kulit kepala akan menjadi rileks dan rambut cenderung rapuh. Nah, jika Anda bersikeras untuk segera menyisir rambut setelah mengaplikasikan hair oil, itu dapat menyebabkan rambut patah dan rontok. Apabila Anda terpaksa menyisir rambut, pastikan untuk memulainya dari ujung lalu gerakkan ke arah atas secara perlahan.

2. Menggunakan hair oil terlalu banyak

Kesalahan memakai hair oil yang bisa merusak rambut kedua yaitu menggunakan hair oil terlalu banyak.

Sekali pun rambut dan kulit kepala Anda benar-benar kering, tetap hindari mengoleskan hair oil secara berlebihan.

Jika Anda menggunakan hair oil terlalu banyak, Anda pun cenderung memerlukan lebih banyak sampo untuk membersihkannya. Padahal, penggunaan sampo yang berlebihan dapat menghilangkan minyak pelindung alami rambut, sehingga membuat rambut semakin kering dan lebih rentan terhadap kerusakan.

3. Mengaplikasikan hair oil pada rambut yang basah

Kesalahan memakai hair oil yang bisa merusak rambut ketiga yaitu mengaplikasikan hair oil pada rambut yang basah.

Apakah Anda sering mengaplikasikan hair oil pada rambut yang masih basah? Jika iya, maka hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga.

Saat rambut Anda basah, folikel rambut akan menjadi sangat lembut. Akibatnya, gerakan sekecil apapun bisa menyebabkan rambut rontok. Guna menghindari kerontokan, biarkan rambut Anda kering terlebih dahulu sebelum mengoleskan hair oil.

Baca Juga: Berat Badan Naik? Bisa Jadi Kurang Serat! Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Serat

4. Mendiamkan hair oil menempel pada rambut semalaman

Kesalahan memakai hair oil yang bisa merusak rambut keempat yaitu mendiamkan hair oil menempel pada rambut semalaman.

Kebiasaan mendiamkan hair oil menempel pada rambut semalaman harus Anda hentikan, karena dapat menyebabkan rambut berminyak dan lengket. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membuat kotoran pada bantal dan tempat tidur berpindah dan menumpuk di rambut Anda.

Jika dibiarkan, kotoran akan bercampur dengan minyak alami kulit kepala dan menyebabkan masalah. Untuk menghindarinya, selalu ingat untuk tidak membiarkan hair oil menempel pada rambut terlalu lama ya Moms.

5. Mengikat rambut terlalu kencang

Kesalahan memakai hair oil yang bisa merusak rambut kelima yaitu mengikat rambut terlalu kencang.

Seperti dijelaskan sebelumnya, folikel rambut cenderung rentan dan rapuh setelah diberi hair oil karena kulit kepala dalam keadaan rileks.

Apabila Anda mengikat rambut terlalu kencang dengan sanggul atau kepang setelah mengoleskan hair oil, itu dapat melemahkan akar rambut dan menyebabkan rambut rontok. Sebaiknya, ikat rambut dengan gaya kuncir kuda yang rendah dan longgar jika Anda perlu melakukannya.

Demikian 5 kesalahan memakai hair oil yang bisa merusak rambut. Jangan diulangi lagi ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News