Keluarga

Apakah Mengeringkan Rambut Pakai Hair Dryer Bagus Bagi Kesehatan?

Apakah Mengeringkan Rambut Pakai Hair Dryer Bagus Bagi Kesehatan?

MOMSMONEY.ID - Benarkah mengeringkan rambut secara alami lebih sehat dibandingkan menggunakan hair dryer? Benarkan menggunakan hair dryer tidak bagus bagi kesehatan rambut? 

Melansir Woman and Home, sebenarnya yang perlu diperhatikan adalah panas yang dihasilkan untuk mengeringkan rambut. Yap, anas menyebabkan kerusakan pada rambut. Jadi sebenarnya mempelajari cara mengeringkan rambut tanpa pengering adalah kunci utama untuk rambut yang lebih sehat, benar?

Baca Juga: Edukasi Kesehatan Rambut Bagi Para Penata Rambut

Ilmuwan Dr Tim Moore menjelaskan saat rambut basah, serat rambut akan membengkak dan jadi lebih lemah. Paparan air yang terlalu lama berarti akan memperbesar kemungkinan merusak rambuk karena saat ini rambut dalam keadaan lemah. 

Lalu apakah mengeringkan rambut menggunakan hair dryer bagus bagi kesehatan? Tim Moore dan  Konsultan Kulit Kepala (Trichologist) Susie Hammond setuju bahwa mengeringkan rambut dengan hati-hati menggunakan hair dryer lebih baik dari pada membiarkan rambut mengering sendiri karena kondisi rambut yang rapuh saat basah. 

Hammond menjelaskan Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghindari kerusakan rambut. Hal paling utama yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan semprotan pelindung panas rambut sebelum menggunakan hair dryer. Selain itu, gunakan sisir berventilasi untuk membiarkan panas mudah mengalir. 

Baca Juga: Panduan Cara Mengetahui Kontak yang Sering Dihubungi di WhatsApp

Begini langkah mengeringkan rambut dengan hair dryer

  • Gunakan handuk untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu. Caranya dengan memencet rambut dengan handuk, jangan menggosoknya. 
  • Semprotkan rambut basah dengan produk pelindung panas rambut. Produk ini akan melindungi kutikula, mencegah retakan vertukal dalam kutikula yang menyebabkan ujung rambut bercabang. 
  • Gunakan hairdryer dengan panas paling rendah. Suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada rambut basah. 
  • Saat rambut sudah terasa hangat, Anda bisa menggunakan hair dryer untuk menata gaya rambut yang Anda inginkan. 

Nah setelah memahami langkah yang tepat, kini Moms tahu bahawa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut pun tidak boleh dengan suhu panas tinggi. Tentu ini akan menjawab pertanyaan Moms apakah mengeringkan rambut menggunakan hair dryer bagus bagi kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News