Keluarga

Rambut Jadi Subur, Ini 4 Hair Oil Alami untuk Merawat Kesehatan Rambut

Rambut Jadi Subur, Ini 4 Hair Oil Alami untuk Merawat Kesehatan Rambut

MOMSMONEY.ID - 4 hair oil alami untuk merawat kesehatan rambut yang bisa Anda coba. Cari tahu di sini.

Ada banyak produk perawatan rambut yang bisa membantu menjaga kesehatan rambut selain sampo dan kondisioner. Salah satunya adalah hair oil.

Hair oil khususnya yang terbuat dari bahan alami mengandung beragam nutrisi penting seperti asam lemak, vitamin A, dan vitamin E yang membantu meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Hair oil tertentu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan kulit kepala penyebab rambut rontok.

Penelitian menunjukkan bahwa daftar hair oil yang akan MomsMoney bagikan kali ini terbukti bagus untuk rambut, khususnya untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhannya.

Selengkapnya, berikut 4 hair oil alami untuk merawat kesehatan rambut sebagaimana dilansir dari laman Insider.

Baca Juga: Kurang Baik untuk Payudara, Ini 9 Efek Negatif Memakai Bra saat Tidur bagi Kesehatan

1. Coconut oil

Hair oil alami untuk merawat kesehatan rambut yang pertama adalah coconut oil atau minyak kelapa.

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2020 menemukan bahwa coconut oil mampu menembus helai rambut serta membentuk lapisan pelindung untuk membantu mencegah kerusakan rambut akibat panas, cat rambut, dan faktor lainnya.

Studi lain pada tahun 2021 menunjukkan bahwa coconut oil dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala dengan mengurangi keberadaan bakteri jahat yang terkait dengan infeksi jamur. Juga, meningkatkan keberadaan bakteri baik yang mendukung kesehatan kulit kepala.

Dibandingkan jenis minyak lainnya, coconut oil mampu menyerap jauh lebih baik ke dalam kulit kepala. Adapun hal ini bisa memperbesar potensi manfaatnya.

2. Tea tree oil

Hair oil alami untuk merawat kesehatan rambut yang kedua adalah tea tree oil atau minyak pohon teh.

Tea tree oil memiliki sifat antimikroba dan antifungal, sehingga dapat melawan bakteri dan jamur berbahaya. Itulah mengapa tea tree oil menjadi pilihan yang sangat baik untuk membantu mengobati dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik sendiri merupakan suatu kondisi kulit kepala umum yang ditandai dengan ketombe, gatal, dan bercak bersisik di kulit kepala.

Tea tree oil juga dikenal karena sifat anti-inflamasinya yang mampu membantu mengatasi peradangan.

Perlu Anda tahu bahwa peradangan berperan dalam banyak kondisi kulit kepala seperti psoriasis dan dermatitis atopik. Sering kali, peradangan juga bisa memperburuk gejala. Misal, pada penderita cicatricial alopecia atau scarring alopecia, peradangan dapat menghancurkan folikel sehingga menyebabkan rambut tidak bisa tumbuh kembali.

Baca Juga: Ini 4 Hal yang Perlu Anda Lakukan di Rumah Sebelum Musim Hujan

3. Rosemary oil

Hair oil alami untuk merawat kesehatan rambut yang ketiga adalah rosemary oil.

Seperti tea tree oil, rosemary oil juga dapat membunuh jamur dan bakteri berbahaya yang menghambat pertumbuhan rambut.

Faktanya, beberapa bukti menunjukkan bahwa rosemary oil sama efektifnya dengan minoxidil – bahan aktif yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.

Kemungkinan, ini karena rosemary oil mampu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, seperti halnya minoxidil.

4. Castor oil

Hair oil alami untuk merawat kesehatan rambut yang keempat adalah castor oil atau minyak jarak.

Saat ini, memang belum banyak penelitian ilmiah yang mendukung manfaat castor oil untuk rambut. Sebagian besar bukti manfaatnya masih bersifat anekdot.

Meskipun demikian, para ahli percaya bahwa castor oil dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Alasannya yaitu karena castor oil kaya akan antioksidan, asam lemak omega-6, dan vitamin E.

Selain itu, castor oil juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antifungal. Plus, castor oil memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

Itulah 4 hair oil alami untuk merawat kesehatan rambut yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News